Apakah Maksud dari Manpower Planning itu dan Bagaimana Cara Menyusunnya?

Cara menyusun manpower planning sebetulnya mudah dipelajari. Manpower planning atau perencanaan tenaga kerja merupakan suatu proses mengidentifkasi, mengevaluasi, dan juga merencanakan pemenuhan kebutuhan SDM yang akan menempati jabatan tertentu dalam perusahaan sesuai dengan standar kebutuhan yang sudahditetapkan sebelumnya.

Jadi pada intinya fungsi dari penyusunan manpower planning ini yaitu untuk mendapat tenaga kerja ahli yang kompeten untuk mengisi jabatan yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan.

Manpower planning juga meliputi sejumlah proses penting seperti perencanaan, perhitungan, dan pengukuran total jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan untuk masa yang akan datang.

Langkah ini pun merupakan langkah penting untuk menciptakan jumlah tenaga kerja ideal, sehingga di masa yang akan datang tidak terjadi kekurangan atau bahkan kelebihan tenaga kerja.

Sayangnya tidak sedikit yang masih beranggapan bahwa manpower planning merupakan sebuah proses administrasi saja.

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Padahal jika dikaji lebih lanjut, ada banyak manfaat yang bakal perusahaan Anda peroleh dengan penyusunan manpower planning yang tepat. Lalu bagaimana cara penyusunan manpower planning yang baik? Berikut ini diberikan beberapa caranya:

Melakukan Analisa Kondisi SDM yang Siap Tersedia
Melakukan analisa kondisi Sumber Daya Manusia yang siap tersedia sangat diperlukan. Tahapan ini bisa Anda lakukan dengan cara mengecek langsung jumlah, jenis kelamin, umur, skill, pengalaman kerja, dan info lain yang dibutuhkan.

Lakukan pula prediksi mengenai apa yang mungkin teradi dalam kurun waktu 2, 4, sampai 10 tahun yang akan datang. Tahapan ini pun menjadi tahapan penting pertama dalam cara menyusun manpower planning.

• Melakukan Analisa Kebutuhan SDM Masa Mendatang
Cara selanjutnya yaitu melakukan analisa kebutuhan akan Sumber Daya Manusia untuk masa mendatang.

Hal ini juga berkaitan dengan rencana bisnis berserta dampaknya pada kebutuhan tenaga kerja yang didasarkan pada acuan daya seperti prediksi proses produksi, penjualan, penggunaan mesin atau teknologi baru, rencana perubahan jabatan karyawan, efisiensi, dan faktor produktivitas.

Dalam proses ini mungkin juga diperlukan prediksi akan perubahan yang terjadi pada PP (peraturan pemerintah) terkait jamsostek, asuransi, usia pensiun tenaga kerja, K3, dan lain-lain.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Cara menyusun manpower planning di atas dapat Anda jadikan blueprint untuk perusahaan dalam rangka mengatur SDM yang dimiliki. Hal ini terkait pemenuhan kebutuhan dan juga pengembangan bagi perusahaan Anda. Lantas apa manfaat yang bisa diperoleh perusahaan dengan menyusun manpower planning secara baik?

Manfaat Penyusunan Manpower Planning
Sebelumnya sudah disebutkan bahwa dengan penyusunan manpower planning yang tepat akan ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh. Berikut ini beberapa manfaat dari perencanaan tenaga kerja yang baik:

• Perusahaan hanya diisi oleh tenaga kerja ahli dan tenaga kerja yang tepat. Istilah ini pun sering dituliskan sebagai slogan “The right man on the right place”. Namun dalam perkembangannya saat ini tenaga kerja yang ahli juga harus bisa mendapat posisi jabatan yang tepat dengan waktu yang tepat pula atau “right man at the right job and right time”.

• Perusahaan terhindari dari masalah kekosongan jabatan yang mungkin berlangsung dalam waktu lama.

• Perusahaan memiliki SDM yang terlibat aktif dalam 4 fungsi utama manajemen baik fungsi perencanaan, fungsi pengorganisasian, fungsi pengarahan, dan juga fungsi pengawasan.

• Dapat meningkatkan tingkat produktivitas karena berhasil meminimalisir pemborosan penggunaan biaya, tenaga, dan waktu.

• Pelaksanaan kegiatan perusahan lebih terjamin efektif dan efisien.

• Terciptanya hubungan kerja yang harmonis antara tenaga kerja berkat adanya komposisi Sumber Daya Manusia yang tepat.

Demikian penjelasan mengenai cara menyusun manpower planning dan manfaatnya bagi perusahaan. Sebagai sebuah perusahaan besar yang mempekerjakan banyak tenaga kerja sudah semestinya memiliki kemampuan khusus dalam mengatur berbagai keperluan terutama mengenai Sumber Daya Manusia yang dimiliki.

Proses penyusunan manpower planning pun harus dilakukan dengan teliti karena jika terjadi kesalahan dapat memicu sejumlah permasalahan dalam perusahaan. Sumber Ddaya Manusia yang dimiliki juga menjadi salah satu faktor penentu sukses tidaknya kegiatan bisnis yang dijalankan perusahaan. Semoga ulasan kali ini dapat memberi wawasan bermanfaat bagi Anda. Sekian.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!