Berapa Gaji Manajer SDM dan HRD Manager di Indonesia?

Gaji manajer SDM tentu saja berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain. Sementara itu, perusahaan kelas menengah dengan yang besar tentu saja nominal gaji yang diberikan kepada jajaran manajernya berbeda.

Namun demikian, tidak ada salahnya jika Anda mengetahui terkait nominal gaji yang akan diterima oleh seorang manajer SDM tiap bulannya. Tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa bagian SDM tidak begitu menguntungkan di sebuah perusahaan.

Oleh karena itu, lini SDM biasanya dibangun setelah sebuah perusahaan lebih maju dan berkembang.

Sementara untuk perusahaan yang baru saja berdiri atau masih kecil, fungsi SDM biasanya dipegang langsung oleh sang direktur atau pemilik perusahaan.

Berbeda dengan perusahaan besar yang sangat membutuhkan kinerja dan fungsi dari lini SDM. Mereka membangunnya untuk mendapatkan SDM-SDM yang berkualitas dan mampu bekerja dengan optimal untuk kemajuan perusahaan.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Kriteria pemberian gaji manajer SDM
Saat perusahaan memberikan gaji kepada karyawannya, tentu saja harus sesuai kriteria yang ditetapkan dan menjadi aturan dari perusahaan yang bersangkutan. Gaji dari tingkat karyawan terendah, seperti cleaning service hingga tingkat tertinggi, seperti manajer harus diberikan sesuai kelayakan, dedikasi, fungsi, dan loyalitasnya di sebuah perusahaan.

Beberapa kriteria yang dimaksud, antara lain sebagai berikut.
Pertama, fungsi dari jabatannya. Tiap karyawan di sebuah perusahaan pasti memiliki posisi dan fungsi yang berbeda-beda.

Oleh karena itu, gaji yang diterimanya juga berbeda-beda. Tidak mungkin seorang karyawan dengan fungsi staf memiliki gaji yang sama besar dengan seorang manajer. Tentu saja ada perbedaan yang silihat dari fungsi jabatan dan kinerjanya.

Kedua, loyalitasnya. Seorang yang sudah belasan bahkan puluhan tahun bekerja di sebuah perusahaan pasti gajinya lebih besar daripada karyawan yang baru saja masuk untuk direkrut, meskipun posisi keduanya sama. Namun, mencari seorang karyawan dengan loyalitas tinggi seperti itu saat ini mungkin sulit. Apalagi karyawan yang berkualitas sekaligus memiliki loyalitas yang tinggi.

Begitu juga seorang manajer SDM pasti memiliki loyalitas yang tinggi hingga bisa mendapatkan posisi seperti itu di sebuah perusahaan. Gaji yang diterimanya juga tidak sedikit karena posisi dan jabatannya memang seorang manajer di sebuah perusahaan.

Ketiga, prestasinya. Tidak sedikit perusahaan yang mempromosikan dan mengangkat seorang karyawan untuk menjabat menjadi manajer karena prestasinya yang luar biasa. Karena preatsinya tersebut, perusahaan menjadi lebih besar dan berkembang.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Keuntungan yang didapat oleh perusahaan juga bertambah banyak. Oleh perusahaan, karyawan yang diangkat menjadi manajer tersebut akan mendapat gaji yang cukup tinggi, yaitu di atas rata-rata upah minimum kota/kabupaten (UMK). Selain itu, ebrbagai fasilitas untuk menunjang pekerjaan juga dipersiapkan untuk sang manajer baru, seperti kendaraan, alat komunikasi, dan lain sebagainya.

Gaji manajer SDM yang relatif
Gaji manajer SDM di perusahaan multinasional rata-rata adalah sekitar Rp 35 – 45 juta per bulan. Pasalnya, perusahaan tersebut sudah bertaraf internasional dan diakui dunia. Posisi menjadi manajer mungkin didapatkan dalam waktu yang lama, yaitu bisa belasan atau puluhan tahun. Dengan begitu, loyalitasnya memang tidak bisa diragukan lagi.

Sementara itu, gaji manajer SDM di perusahaan nasional yang relatif besar seperti bank atau perusahaan nasional yang bonafid adalah sekitar Rp 25 – 35 juta per bulan.

Untuk gaji Manajer SDM di perusahaan lokal yang skalanya lebih kecil (menengah) adalah sekitar Rp 10 juta – 15 juta per bulan.

Namun di sejumlah perusahaan yang lebih kecil, gaji manajer SDM hanya sekitar Rp 8 – 12 juta per bulan saja.

Dengan sedikit gambar seperti yang ditulis di atas, Anda akan semakin paham dengan sistem penggajian beserta besarnya gaji seorang manajer SDM yang diterimanya tiap bulan. Kesimpulannya, besar kecilnya gaji yang diterima tergantung dari kondisi finansial atau keuangan perusahaan yang bersangkutan.

Jika perusahaan besar dengan omset besar maka tidak menutup kemungkinan gaji yang dibandrol untuk seorang manajer bisa belasan hingan puluhan juta rupiah.

Namun jika perusahaan hanya beromset kecil, tentu saja gaji yang diterima manajernya hanya lebih banyak sedikit dari besaran UMK yang ditetapkan pemerintah. Anda sekarang dapat membandingkannya dengan gaji atau upah yang diterima tiap bulannya. Itulah sedikit informasi mengenai gaji manajer SDM.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!