Cara Mencari dan Mendapatkan Sales Manager yang Hebat

Cara mencari dan merekrut karyawan bagian sales dan sales manager sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan karena untuk mencari karyawan bagian tersebut merupakan suatu hal yang cukup sulit karena dituntut untuk bisa menghasilkan pendapatan untuk perusahaan.

Seorang sales dan juga sales manager memang mengambil bagian yang sangat penting di dalam suatu perusahaan, karena dengan adanya mereka tentu saja perusahaan bisa mendapatkan penghasilan dan keuntungan sehingga perusahaan bisa maju dan berkembang serta menggaji para karyawan yang lainnya.

Namun untuk bisa mendapatkan karyawan yang mampu dalam bidang penjualan sendiri memang cukup sulit karena beberapa faktor. Oleh karena itu jika perusahaan ingin mendapatkan karyawan yang professional dalam bidang sales / penjualan, perusahaan perlu memperhatikan beberapa hal agar nantinya bisa mendapatkan karyawan yang benar – benar professional di bidang penjualan tersebut.

Pada dasarnya bisnis sendiri merupakan jual beli suatu produk maupun jasa yang mana membutuhkan seorang sales untuk menawarkan produk atau jasanya tersebut.

Dan memang di dalam mencari karyawan sales dan sales manager perlu untuk mengujinya agar nantinya perusahaan bisa mengetahui sampai di mana kemampuan dan juga pengetahuannya. Oleh karena itu pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana caranya untuk sebuah perusahaan bisa mendapatkan karyawan yang kompeten dan professional di bidang sales dan sales manager.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Tips Merekrut Karyawan Di Bidang Sales Dan Sales Manager
Pada dasarnya di dalam suatu perusahaan, kemampuan di dalam bidang masing – masing memang sangat diperlukan karena dengan karyawan yang memiliki kemampuan dalam bidang masing – masing tentu saja akan menghasilkan secara lebih maksimal. Begitupun juga dengan karyawan dalam bidang sales dan sales manager.

Suatu perusahaan sendiri memang tidak bisa asal di dalam mencari karyawan untuk mengisi posisi sales dan sales manager, karena harus mempertimbangkan beberapa hal terlebih dahulu.

Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa cara mencari dan merekrut karyawan bagian sales dan sales manager:

1. Untuk mengisi posisi sales sendiri biasanya pendidikan tingkat SMA / SMK sudah cukup memiliki kemampuan, namun biasanya untuk posisi sales menager dibutuhkan pendidikan minimal D3 atau S1, oleh karena itu memperhatikan pendidikan terakhir juga sangat perlu dan juga penting di dalam merekrut karyawan di bidang sales tersebut.

Dan yang tidak kalah penting adalah calon karyawan tersebut setidaknya memiliki pengetahuan di bidang penjualan.

2. Kemudian yang kedua adalah pengalaman dari calon karyawan tersebut harus diuji dengan cara menerapkan sistem tes baik itu tes tertulis, tes wawancara dan juga tes psikologi. Karena dengan menjalankan beberapa rangkaian tes tersebut nantinya akan bisa diketahui sapai di mana pengalaman dan pengetahuan dari calon karyawan itu sendiri.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Selain itu kejujuran dari calon karyawan sangat perlu untuk diperhatikan karena kejujuran merupakan suatu hal yang sangat penting di dalam suatu pekerjaan. Untuk tes wawancara sendiri bisa diberikan pertanyaan mengenai seputar penjualan untuk sales dan untuk sales manager sendiri juga diberikan pertanyaan sesuai dengan posisinya.

3. Selain itu mencoba untuk mengetes kemampuan penjualan dari calon karyawan juga sangat penting, dan perusahaan bisa memberikan beberapa kriteria di dalam iklan lowongan pekerjaan.

Dengan demikian nantinya para calon pelamar akan lebih menyesuaikan dengan kriteria yang sudah ditentukan. Dan untuk posisi sales manager sendiri bisa disesuaikan kriterianya, dalam artian kriteria calon karyawan dinaikan tingkatannya karena sales manager nantinya memiliki anak buah sehingga harus memiliki sifat kepemimpinan.

Dapat Memajukan Perusahaan
Selain itu masih banyak lagi yang bisa diperhatikan di dalam mencari karyawan yang memiliki kemampuan di bidang sales dan sales manager. Sales dan salaes manager sendiri memiliki kriteria sendiri sehingga perusahaan juga harus menyesuaikan dan memperhatikan secara teliti karena sales sendiri sangat berpengaruh dalam majunya perusahaan.

Jika perusahaan tersebut tepat di dalam memilih karyawan tentu saja nantinya akan bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dan juga akan dapat memajukan perusahaan itu sendiri.

Meskipun di dalam mencari karyawan di bidang sales dan sales manager cukup sulit, namun jika memperhatikan beberapa hal tersebut nantinya akan sangat membantu. Jadi untuk bisa mendapatkan kualitas dan hasil yang maksimal, perusahaan perlu memperhatikan beberapa cara mencari dan merekrut karyawan bagian sales dan sales manager.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!