Cara Mencari dan Merekrut Karyawan Bagian IT dan Programmer

Cara mencari dan merekrut karyawan bagian IT dan programmer memang merupakan suatu hal yang cukup sulit karena pengetahuan dan ketrampilan mereka yang langka dan sangat dibutuhkan.

Dengan teknologi yang semakin canggih tentu saja hampir dari semua hal dilakukan dan diselesaikan dengan teknologi tersebut. Terlebih lagi internet, internet memang sangat penting, hal tersebut karena internet sangat dibutuhkan untuk menjalankan dan menyelesaikan pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi.

Hampir dari semua perusahaan membutuhkan karyawan yang mampu untuk menyelesaikan pkerjaan pada bidang IT dan juga program. Hal tersebut karena seorang programmer nantinya bertugas untuk membuat suatu program dengan menggunakan teknologi. Tidak semua orang memiliki kemampuan di bidang IT dan programming.

Oleh karena itu sebuah perusahaan jika ingin mendapatkan karywan yag berpengalaman dan professional di bidang IT dan juga programming tentu saja harus memperhatikan beberapa hal dan menguji kemampuan dari calon karyawan itu sendiri.

Karyawan yang bekerja di bidang IT dan programming memang ikut menentukan keberhasilan dari suatu perusahaan itu sendiri, terlebih lagi jika perusahaan tersebut bergerak di bidang IT.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Biasanya perusahaan sering kali membutuhkan calon karyawan yang memiliki keterampilan dalam bidang IT dan programming serta sebagian besar memilih calon karyawan yang mana minimal lulusan S1 di bidang IT dan programming. Selain itu juga dibutuhkan beberapa hal yang perlu diperhatikan selain soal pndidikan, oleh karena itu kali ini kita akan membahasnya.

Cara Mencari Karyawan Di Bidang IT Dan Programmer
Pada dasarnya teknologi memang sangat dibutuhkan di dalam suatu perusahaan, hampir dari semua perusahaan menggunakan teknologi untuk bekerja baik di bagian produksi, administrasi dan juga bagian IT serta programming itu sendiri.

Suatu perusahaan juga tidak bisa asal di dalam merekrut karyawan terlebih lagi di bidang IT itu sendiri. Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa cara mencari dan merekrut karyawan bagian IT dan programmer:

1. Untuk yang pertama adalah memperhatikan pendidikan terakhir yang dimiliki oleh pelamar kerja / calon karyawan tersebut. Jika memungkinkan, pilih pelamar kerja yang memiliki pendidikan terakhir sarjana di bidang IT dan juga programming.

Hal tersebut karena paling tidak calon karyawan tersebut memiliki pengetahuan dan juga keterampilan jika dibandingkan dengan yang bukan lulusan IT serta programming. Sehingga sudah memiliki pengalaman di bidangnya dan perusahaan tidak harus mulai dari nol untuk memberikan pengarahan serta calon karyawan yang mana lulusan di bidangnya tentu saja nantinya akan lebih mudah untuk memahaminya.

2. Kemudian yang kedua adalah pada saat tes wawancara, lakukan komunikasi yang mudah dipahami dan juga seputar pekerjaan di bidang IT dan programming itu sendiri. Tanyakan beberapa pertanyaan seperti pengetahuan tentang IT dan programming, kemudian juga berapa lama belajar mengenai bidang tersebut serta tanyakan mengenai sampai seberapa kemampuan dari calon karyawan itu sendiri. Selain itu tes seperti tes tertulis, tes psikologi dan yang lainnya juga sangat perlu untuk dilakukan agar bisa mengerti karakter dari calon karyawan itu sendiri. Dan yang tidak kalah penting adalah kejujuran dari calon karyawan itu sendiri.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

3. Dan yang terakhir adalah berikan beberapa kriteria untuk para pelamar kerja tersebut, pada saat memasang iklan lowongan pekerjaan, berikan beberapa kriteria sehingga nantinya para pelamar kerja akan lebih mengerti apa saja yang harus dipersiapkan.

Memajukan Perusahaan
Pada dasarnya selain beberapa hal di atas, masih ada banyak hal lagi yang bisa diperhatikan di dalam mencari karyawan di bidang IT dan programming.

Perusahaan memang harus selalu teliti di dalam mencari dan juga menerima pelamar kerja untuk bekerja di perusahaan, agar nantinya bisa memberikan dampak yang positif untuk perusahaan itu sendiri. Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut dan juga tepat di dalam mendapatkan karyawan, nantinya perusahaan akan semakin maju dan berkembang.

Karena memang mencari karyawan di bidang tersebut cukup sulit karena tidak semua orang ahli di bidang IT dan programming. Oleh karena itu jika memang perusahaan ingin mendapatkan karyawan yang tepat, tentu saja harus memperhatikan cara mencari dan merekrut karyawan bagian IT dan programmer.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!