Cara Mengukur Efektivitas Pelatihan SDM dan Pelatihan Karyawan

Sebuah pelatihan untuk para SDM atau karyawan baru yang ada di sebuah perusahaan tentunya tidak akan maksimal apabila mereka tak mampu untuk mengaplikasikan waktu pelatihan yang terbaik untuk dilakukan.

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan agar proses pelatihan tersebut bisa berjalan dengan baik tanpa adanya masalah yang signifikan sama sekali. Salah satunya adalah dengan mengetahui bagaimana cara untuk mengukur efisiensi dari sebuah latihan tersebut.

Pertama, hal yang harus anda lakukan sebagai manajer persoalia adalah dengan memikirkan mengenai konsep latihan apa yang pas untuk diberikan kepada SDM yang baru tersebut.

Sebagai SDM yang baru yang mungkin masih awam dengan situasi dan kondisi yang ada di perusahaan, tentunya sangat penting bagi mereka untuk mempelajari mengenai pengetahuan yang basic terlebih dahulu mengena perusahaan mereka.

Dengan melakukan hal tersebut maka sudah pasti mereka akan mengetahui perusahaan tersebut melakukan aktivitas apa setiap harinya dan juga bergerak di bidang apa.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Kedua, pengukuran juga bisa anda lakukan dengan cara melihat level dari para SDM itu sendiri. Jika mereka adalah karyawan dengan level buruh maka ajarkanlah kepada mereka mengenai tata cara menjadi buruh yang baik dan benar.

Mereka juga harus mengetahui bahwa sesuatu yang mereka lakukan tersebut juga sudah pasti akan memberikan banyak manfaat bagi semua orang.

Mereka juga harus mampu untuk bekerja sama dengan karyawan buruh lainnya karena tentunya setiap buruh memiliki tugas dan tanggung jawabnya mashing-masing dalam sebuah perusahaan.

Selanjutnya untuk level yang lebih keatas misalnya karyawan administrasi kantor maupun manajer maka latihannya bisa disesuaikan dengan level mereka. Salah satunya adalah dengan menyediakan pelatihan yang mana melatih mereka untuk mengetahui bagaimana cara yang terbaik untuk bisa melakukan pekerjaan administrasi kantoran tersebut dengan lebih cepat dan mudah.

Hal tersebut tentu saja akan membuat efisiensi dan juga efektifitas dari training itu sendiri bisa membuahkan hasil yang maksimal dan karyawan dalam waktu kurang dari 1 bulan atau secepatnya 1 minggu saja akan bisa mendapatkan bayangan mengenai apa saja hal yang bisa mereka lakukan untuk menjadi SDM yang berkualitas bagi perusahaan mereka tersebut.

Ketiga, dalam hal efisiensi latihan maka sudah pasti hal tersebut bisa diukur dari berapa lama durasi dari latihan tersebut. Tidak mungkin tentunya perusahaan memberikan pelatihan dalam waktu satu hari full atau 8 jam kerja untuk melakukannya.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Oleh karena itu, biasanya dalam training tersebut hanya disediakan waktu 4 jam untuk melakukan training atau paling lama adalah 5 jam. Sisanya bisa dilanjutkan dengan mengerjakan pekerjaan yang bisa disesuaikan dengan divisi yang ada masing-masing.

Adanya pelatihan yang tepat dan terbaik tersebut tentunya juga akan mampu menunjang aktivitas perusahaan yang sinergis dan juga menguntungkan satu sama lain.

Perusahaan juga pastinya tak akan mampu untukmelakukan pekerjaanya dengan baik apabila SDM yang mereka miliki bahkan masih belum tau apa yang harus dilakukan. Dengan adanya pelatihan yang memiliki durasi yang signifikan tersebut maka sudah pasti banyak manfaat yang nantinya akan bisa mereka dapatkan. Dalam hal ini karyawan juga pastinya membutuhkan sebuah pelatihan yang tepat agar nantinya mereka bisa menjadi sosok karyawan yang handal dan bisa diandalkan.

Dalam hal ini tentu saja manfaat yang akan bisa didapatkan oleh perusahaan nantinya akan bisa semakin besar.

Yang terakhir, pengukuran juga bisa dilakukan dengan cara melihat bagaimana SDM tersebut usai mereka menjalani training. Sangat penting bagi manajer personalia untuk memberikan tes kepada SDM tersebut usai training agar nantinya bisa diketahui apakah mereka mempelajari apa yang barusan diterangkan atau tidak. Selanjutnya, hasil dari tes tersebut bisa diserahkan kepada manajer atau kepala regu masing-masing karyawan.

Nantinya, merekalah yang akan menentukan apakah karyawna tersebut akan masih pantas untuk menjabat di perusahaan tersebut atau tidak. Sudah pasti dengan adanya hal tersebut maka pelatihan yang dilakukan terhadap SDM akan benar-benar memiliki manfaat yang sangat luar biasa nantinya. Inilah yang tentu saja memberikan dampak positif bagi perusahaan dan kinerja yang dimilikinya.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!