Cara Menyampaikan Materi Pelatihan secara Bagus

Melihat seorang motivator rasanya terlihat begitu piawai dalam memberikan motivasi kepada orang lain. Mendengar seorang motivator berbicara walaupun tidak terlalu panjang, apa yang disampaikan sudah mampu masuk jiwa orang yang mendengarnya.

Rasanya begitu mudah mengatakan sebauh motivasi namun jika Anda mencobanya juga tidak senyaman motivator tersebut dalam berbicara. Semua tentu perlu proses dengan banyak-banyak menimba ilmu dan belajar dari keberhasilan orang lain. Seorang motivator juga perlu belajar menjalain komunikasi hingga pada saatnya orang tersebut berhasil menjadi motivator handal.

Jika Anda sedang berusaha untuk tampil sebagai pembicara maka usahakan para peserta yang mendengar Anda tidak akan bosan. Sampaikanlah setiap materi pelatihan dengan santai namun mudah dipahami. Penting untuk tidak terlalu banyak memberikan basa-basi. Kemudian ketahuilah cara berikut ini agar materi pelatihan yang Anda sampaikan dapat dimengerti oleh para peserta pelatihan.

Cara-cara Tepat Dalam Menyampaikan Materi Pelatihan

Masuk Dalam Bagian Peserta Pelatihan
Jadilah pelatih yang mampu masuk dalam bagian peserta pelatihan. Bukan berarti Anda ikut duduk sebagai peserta pelatihan. Melainkan Anda harus menjadi pelatih yang dapat menyatu dengan para peserta pelatihan. Sebelum Anda memberikan materi pelatihan maka ketahui terlebih dahulu siapa saja yang menjadi peserta pelatihan Anda nanti.

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Apakah sebaya dengan usia Anda, lebih di atas Anda, ataukah di bawah Anda. Guna materi pelatihan yang Anda sampaikan dapat benar-benar dipahami oleh mereka. Dengan begitu maka para peserta pelatihan akan merasa pemberi materi memberikan materi dengan santai dan tidak terkesan memberatkan isi dari materi pelatihan.

Seperti contoh jika Anda memberikan pelatihan kepada mahasiswa maka jadilah seolah-olah Anda masih seorang mahasiswa yang berbagi cerita dengan teman-teman mahasiswa melalui materi pelatihan.

Menguasai Materi Pelatihan
Anda perlu menguasai materi pelatihan sebelum berbicara di depan para peserta pelatihan. Banyak-banyaklah membaca dan mencari materi yang berkaitan dengan materi yang akan Anda sampaikan. Apabila Anda bermaksud untuk memberika pelatihan motivasi maka kuasai materi mengenai motivasi.

Apabila di dalam materi nanti Anda bermaksud untuk memberikan promosi mengenai usaha Anda maka jadikanlah sebagai bahan materi pelatihan Anda.

Seperti contoh jika Anda memang fokus sebagai motivator maka di dalam materi nanti Anda memberika penjelasan mengenai apa saja keberhasilan Anda ketika menjadi seorang motivator. Begitu juga apa saja keberhasilan yang diperoleh oleh peserta yang telah Anda latih selama ini. Sehingga nantinya para peserta pelatihan akan yakin dengan setiap isi materi yang Anda sampaikan.

Menghadirkan Pembicara Profesional
Sebuah materi pelatihan akan semakin dipahami oleh peserta ketika ada contoh nyata di depan mereka. Untuk itu mengapa Anda akan selalu melihat beberapa tokoh penting ketika menghadiri pelatihan. Itulah tujuan pelatih dalam memberikan materi pelatihan. Sehingga para peserta merasa bahwa materi pelatihan yang mereka terima akan membawa keberhasilan dan kesuksesan seperti para pembicara yang telah Anda datangkan.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Memberikan Sedikit Permainan Dalam Materi Pelatihan
Tentu tidak menutup kemungkinan bahwa pelatih maupun peserta dlaam pelatihan akan sampai pada titik jenuh dan kaku. Untuk mengatasinya maka perlu memberikan materi berupa permainan sederhana dalam pelatihan Anda. Usahakan permainan yang Anda berikan dapat menyati dengan materi pelatihan tersebut.

Bangun Komunikasi Bersama
Sebaiknya Anda tidak menjadi pembicara tunggal dalam menyampaikan materi pelatihan. Ajaklah para peserta pelatihan untuk menyampaikan pendapat ataupun pertanyaan yang ingin disampaikan selama pelatihan. Ketika Anda menernagkan sebuah materi maka ajaklah mereka untuk berdiskusi langsung bersama Anda. Dan membuka kesempatan tanya jawab itu juga diperlukan dalam membangun komunikasi bersama saat pelatihan berlangsung.

Walaupun banyak persiapan yang harus Anda lakukan sebagai pelatih. Dengan beberapa cara dalam menyampaikan materi pelatihan di atas akan membuat lebih mudah dalam menyusun materi. Sehingga harapannya adalah Anda tidak akan merasa bingung ketika sudah berdiri di antara peserta pelatihan.

Dengan menguasai materi pelatihan maka Anda akan lancar dalam menyampaikan setiap ulasan materi yang terkait dengan tema pelatihan yang diselenggarakan. Jadi, sampaikan materi pelatihan dengan lugas, santai, dan masuk dalam jiwa para peserta tanpa banyak menampilkan isi yang tidak berbobot alias basa-basi.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!