Cara Menyusun Kebijakan Promosi Pegawai atau Karyawan

Setiap karyawan di perusahaan tertentu, tentunya selalu berusaha meningkatkan kemampuan dan prestasinya. Sehingga di bisa mendapatkan jenjang karir yang bagus sesuai idamannya.

Kemampuan yang handal dan menunjang perkembangan perusahaan, tentunya akan membuat seseorang mudah mendapatkan promosi jabatan yang lebih tinggi dari posisi sebelumnya. Promosi jabatan juga diberikan perusahaan dalam rangka memberikan penghargaan atas prestasi tertentu. Sebenarnya apa saja jenis promosi jabatan dan syarat yang mendasari dalam kebijakan promosi karyawan?

Jenis promosi jabatan sangat beragam karena bisa bersifat sementara atau memang diperuntukkan untuk jangka waktu yang lebih panjang. Apa saja sejumlah jenis promosi jabatan yang biasanya dijumpai?

– Promosi jabatan sementara atau temporary promotion. Promosi jabatan ini harus segera dilaksanakan, karena danya posisi jabatan tertentu yang memang sedang kosong. Tapi harus ada orang yang segera mengisi posisi tersebut demi stabilitas perusahaan.

– Promosi jabatan tetap atau permanent promotion. Dikarenakan seorang karyawan dianggap memiliki kinerja yang bagus dengan segudang prestasi membanggakan dan berpengaruh pada kemajuan perusahaan, maka promosi jabatan tetap bisa diberikan. Seiring dengan jabatan yang semakin tinggi, maka wewenang, tanggung jawab, fasilitas dan gajinya akan ikut meningkat.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

– Promosi jabatan kecil atau small promotion. Seorang karyawan memang harus memiliki kemampuan dan kualifikasi tertentu saat akan mendapatkan promosi jabatan. Sehingga setelah mengembang tugas tersebut perusahaan semakin menjadi maju. Promosi kecil akan diberikan dengan memindahkan posisi karyawan dari yang mudah ke yang tugasnya semakin sulit. Promosi ini tidak mengubah tanggung jawab, wewenang dan kenaikan gaji.

– Promosi kering atau dry promotion. Promosi ini dilakukan dengan menaikkan jabatan seorang karyawan, sehingga mengalami peningkatan tanggung jawab, wewenang dan pangkatnya. Tapi kenaikan jabatan ini tidak dibarengi dengan kenaikan gaji yang harus didapatkannya.

Beragam jenis promosi jabatan ini memberikan gambaran, bahwasanya kenaikan jabatan terkadang tidak serta merta menjadikan seseorang semakin bertambah wewenang, tugas, tanggung jawab dan juga kenaikan gajinya. Karenanya sangat penting mengetahui ketentuan ini saat mendapatkan promosi jabatan. Sehingga tidak terjadi salah paham antara perusahaan dan karyawan yang mendapatkan promosi jabatan tertentu.

Berbagai syarat promosi jabatan
Perusahaan biasanya memiliki syarat atau kriteria khusus dalam memberikan promosi jabatan kepada para karyawannya. Setiap karyawan seharusnya mengenai akan segala syarat promosi tersebut Sehingga terjalin saling keterbukaan. Dengan begitu semua karyawan memiliki hak yang sama untuk mengejar promosi jabatan tersebut. Apa saja syarat umum yang biasanya diterapkan pada sebuah perusahaan?

– Jujur. Jujur adalah modal utama seorang karyawan dalam menjalankan segala tugas yang dibebankan kepadanya. Sehingga dia juga tidak menyalahgunakan jabatan yang diperolehnya. Sifat jujur akan selalu memandu karyawan untuk selalu bertindak benar, sesuai dengan ketentuan perusahaan.

– Disiplin. Setiap karyawan harus memiliki sifat disiplin, sehingga bisa menjalankan segala tugasnya dengan baik, termasuk mematuhi segala kebijakan atau peraturan perusahaan.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

– Mampu menjalin kerjasama dengan karyawan lainnya. Setiap karyawan harus mampu untuk menjalin kerjasama yang baik sesama karyawan secara vertikal dan juga horizontal. Sehingga sasaran perusahaan bisa tercapai dengan baik, karena tercipta suasana kerja yang harmonis.

– Memiliki prestasi kerja yang baik. Setiap karyawan seharus memiliki pemacu untuk selalu memberikan prestasi terbaiknya untuk perusahaan yang menaunginya. Sehingga dengan kinerja yang bagus ini, perusahaan akan lebih memperhatikan karyawan tersebut dan akhirnya mendapatkan promosi jabatan tertentu.

– Kacakapan dalam menjalankan tugas. Seluruh karyawan dituntut harus bisa bekerja dengan cakap sesuai dengan bidangnya. Sehingga setiap karyawan bisa bekerja secara mandiri, tanpa tergantung dengan karyawan lain. Meskipun mereka tetap dituntut untuk bisa bekerjasama dengan seluruh karyawan lainnya.

Dengan mengetahui beragam jenis promosi jabatan dan beragam syarat yang harus dipenuhi seorang karyawan agar bisa memperoleh kenaikan jabatan, maka setiap karyawan memiliki panduan jelas mengenai kebijakan ini. Setiap karyawan tentunya ingin merasakan promosi jabatan di perusahaan yang menaunginya. Kerja keras dari setiap karyawan sangat menentukan apakah mereka bisa mendapatkan promosi jabatan tersebut atau tetap tertinggal dengan rekan kerja lainnya.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!