Contoh Talent Management dan Pengembangan SDM di Bank Danamon

Danamon merupakan salah satu bank swasta ternama di Indonesia, program talent management di bank Danamon adalah panutan dari berbagai industri perbankan di Indonesia. Bank Danamon sendiri berdiri pada tahun 1956.

Awalnya bank ini bernama bank kopra namun pada tahun 1976 namanya berubah menjadi bank Danamon yang mempunyai arti bank dana moneter.

Bank ini merupakan bank penuh dengan orang-orang luar biasanya di dalamnya.

Tidak heran jika beberapa orang yang keluar dari Bank Danamon kemudian masuk ke perusahaan baru, orang tersebut mendapatkan posisi yang baik di perusahaan barunya. Namun Bank ini pernah menutup diri saat terjadi kerusuhan pada masa pergantian orde baru ke era reformasi.

Alasan pekerja Danamon berkualitas

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Bank Danamon kemudian kembali setelah Indonesia berada di kondisi yang aman. Mengapa bank ini masih dapat bertahan sampai sekarang di pasar industri perbankan yang makin menjamur di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan bank ini selalu aktif memenuhi keinginan kondisi pasar perbankan.

Banyak sekali anak perusahaan bank Danamon yang bisa kita ketahui contohnya seperti perusahaan Adira adalah anak perusahaan bank Danamon. Ada beberapa penyebab mengapa karyawan Danamon mempunyai kualitas yang bagus. Berikut adalah ulasannya:

1. Pekerja keras
Beberapa orang yang bekerja di dunia perbankan tentu mengerti perbedaan antara pekerja bank Danamon dengan bank yang lainnya. Para pekerja bank Danamon mempunyai target pekerjaan lebih tinggi dari target pekerjaan bank lainnya. Tekanan bekerja di bank Danamon sangatlah tinggi.

Hal tersebut memang sengaja di berikan karena agar para pekerja bank Danamon mulai dididik saat awal masuk bank Danamon. Hal tersebut adalah program talent management yang diterapkan oleh departemen HR.

Keputusan program tersebut langsung diberikan para karyawan baru karena memang agar karyawan tersebut terbiasa dengan pekerjaan yang berat. Pada kenyataannya banyak sekali karyawan baru yang tidak betah dengan metode tersebut, namun ada beberapa orang yang bertahan.

Orang-orang yang mampu bertahan inilah yang mempunyai kualifikasi pantas bekerja di Danamon.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Strategi ini cukup sukses untuk memilih karyawan yang mempunyai bakat yang bagus. Pekerja danamon sendiri tidak membatasi jenjang pendidikan, bila orang tersebut mempunyai kemampuan mengapa tidak masuk ke Danamon. Banyak sekali para pimpinan-pimpinan Danamon yang dulunya bekerja di level paling rendah seperti OB kemudian dinaikkan pangkatnya secara bertahap dan melihat hasil dari pekerjaannya.

2. Konsisten
Para pekerja Danamon mempunyai tata tertib yang bagus sekali. Peraturan 100% harus dipatuhi jika tidak karyawan tersebut langsung akan mendapatkan sanksi yang tegas dari pimpinan.

Bank Danamon merupakan perusahaan yang bergerak di sektor keuangan para pemimpin membuat peraturan yang sangat tertib ini agar para pekerjanya terbiasa bekerja dengan disiplin.

3. Gaji tinggi
Reward harus diberikan kepada karyawan yang sudah bekerja dengan baik. Bank Danamon memberikan gaji cukup tinggi minimal melebihi UMR di wilayah tersebut. Selain gaji pokok tersebut para pekerja juga bisa mendapatkan bonus bila memenuhi target kerja tertentu. Hal tersebut membuat para pekerja menjadi semangat saat bekerja.

4. Tunjangan hari tua
Para pekerja Danamon tidak perlu khawatir dengan jaminan di hari tua. Di bank Danamon menyiapkan dana pensiun dengan jumlah yang banyak bagi para pekerja Danamon yang sudah tidak produktif. Selain itu banyak fasilitas yang akan diberikan contohnya seperti mobil dan rumah akan diberikan kepada para pensiunan Danamon tentu dengan ketentuan tertentu. Jadi para pekerja Danamon dapat total bekerja di bank ini.

Manfaat dari talenta management bank Danamon dari dini

Melihat berbagai alasan di atas mengapa para pekerja Danamon mempunyai kualitas bagus. Dapat disimpulkan karena sejak awal program dini tersebutlah yang membentuk para pekerja yang berkualitas, saat pertama kali bekerja di Danamon. Program ini sekarang banyak ditiru oleh industri perbankan lainnya. Hal ini memang sudah dirancang oleh para pemikir HR pusat bank Danamon ,saat bank Danamon menghilang pada kerusuhan pada masa reformasi tersebut. Manfaatnya saat bank Danamon kembali bertarung di pasar perbankan Indonesia. Mereka siap dengan senjata program-program talent management di Bank Danamon tersebut tentu dengan strategi-strategi lainnya.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!