Fungsi Penting dalam Ilmu Manajemen SDM

Sejak dahulu, sumber daya manusia sudah menjadi masalah terbesar negara ini. Indonesia dikenal dengan sumber daya alamnya yang kaya namun sumber daya manusianya yang terbilang tidak terlalu tinggi.

Akan tetapi, masalah SDM sebenarnya dapat diatasi asalkan ada manajemen yang baik dan tertata yang bisa menempatkan sumber daya manusia pada golongan dan jabatan yang tepat. Jadi pada intinya, manajemennya lah yang perlu diperbaiki dan ditata kembali agar dapat menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk memajukan bangsa Indonesia.

Masalahnya adalah semakin perkembangnya teknologi seiring dengan perubahan zaman, tantangan masa depan manajemen SDM menjadi semakin berat. Akan ada banyak hal lagi yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi masa depan sehingga negara Indonesia bisa bersaing dengan negara-negara lainnya.

Manajemen SDM, Pengertian dan Penyelenggaranya
Jadi, apakah sebenarnya manajemen SDM itu? Manajemen SDM sendiri merupakan suatu badan, wadah maupun organisasi yang mengatur dan menata pemanfaatan sumber daya manusia, bisa berupa karyawan, sehingga kapasitas sumber daya manusia yang ada dapat dimanfaatkan dan digunakan sebaik-baiknya.

Jadi, dalam manajemen ini terdapat beberapa perencanaan, analisis dan pengembangan produktivitas menyangkut sumber daya yang ada.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Dengan adanya manjemen SDM yang baik, tentunya sumber daya yang ada dapat dimaksimalkan dengan sebaik-baiknya. Lalu siapakah sebenarnya yang harus menyelenggarakan manajemen SDM tersebut? Pelaksananya tidak lain adalah manusia itu sendiri. Pihak-pihak yang memiliki wewenang dan jabatan lebih, misalnya manajer perusahaan, adalah pihak yang bertanggung jawab mengatur dan menata sumber daya yang ada pada karyawannya. Jadi, pelaksana manajemen SDM tergantung pada badan atau organisasi dimana manajemen tersebut akan dilaksanakan.

Tujuannya tetap sama, yaitu memaksimalkan sumber daya manusia yang ada pada karyawan atau pegawainya. Jadi, yang perlu dilakukan adalah kesadaran akan tanggung jawab dari setiap pelaksana agar manajemen SDM dapat terlaksana dengan baik. Agar terciptanya tanggung jawab yang demikian, pendidikan yang baik mengenai manajemen SDM juga sangat diperlukan agar masing-masing individu memiliki kesadaran akan tanggung jawab tersebut nantinya dalam masyarakat.

Tantangan-Tantangan Manajemen SDM di Masa Mendatang
Seiring dengan perubahan zaman, maka standar sumber daya manusia pun berubah. Terlebih lagi dengan teknologi yang semakin hari semakin berkembang, tuntutan akan sumber daya manusia yang berkualitas semakin banyak. Jadi, tugas manajemen SDM pun menjadi semakin berat.

Suatu negara tidak bisa berkembang dengan adanya sumber daya manusia yang sama tanpa adanya perkembangan sedangkan dunia di sekitarnya telah banyak berubah. Jika sumber daya manusia tidak berkembang, maka negara pun tidak bisa berkembang. Dengan kata lain, negara tersebut tidak akan maju ke depan.

Oleh karena itu, sumber daya manusia harus selalu ditingkatkan untuk memenuhi standar yang ditetapkan oleh perkembangan zaman. Tantangan-tantangan pada sumber daya manusia pun menjadi semakin berat dan banyak. Tantangan SDM yang akan dihadapi di masa mendatang terbagi menjadi dua, yaitu tantangan eksternal dan tantangan internal. Tantangan eksternal merupakan tantangan-tantangan SDM yang datang dari arah luar meliputi perkembangan dan pertumbuhan teknologi, perekonomian, dan sosial yang berada di luar organisasi.

Jadi, ada banyak hal di luar organisasi manajemen SDM yang mungkin standarnya tidak memenuhi sumber daya manusia yang ada di dalam organisasi tersebut. Sedikit banyak pertumbuhan dan perkembangan tersebut pasti berpengaruh terhadap organisasi manajemen SDM itu sendiri. Contohnya dalam bidang ekonomi, perubahan-perubahannya menyangkut berubahnya tingkat suku bunga yang mempengaruhi perekonomian suatu organisasi. Hal ini tentu berpengaruh karena perekonomian di Indonesia mendapat pengaruh dari perekonomian secara global, dimana naiknya suku bunga tentunya dapat menjadi sebuah tantangan baru.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Dalam bidang sosial dapat diambil contohnya dari pergeseran nilai sosial yang ada dalam masyarakat, yaitu berubahnya persepsi dan cara pandang masyarakat seiring dengan perkembangan zaman.

Misalnya sekarang ini wanita tidak lagi dipandang rendah karena adanya persamaan derajat mengingat banyak sekali wanita saat ini yang belajar hingga ke jenjang pendidikan yang tinggi bahkan mendapatkan jabatan tinggi dalam suatu organisasi. Selain itu, ada juga faktor internal yang berpengaruh terhadap tantangan-tantangan SDM di masa mendatang. Tantangan dalam sumber daya manusia bisa juga datang dari dalam organisasi itu sendiri.

Adanya masalah-masalah dalam efinsiensi, produktifitas dan efektifitas dalam suatu organisasi dapat memicu beberapa tantangan-tantangan yang ada dalam sumber daya manusia. beberapa tantangan tersebut menyangkut perencanaan dalam mencapai tujuan organsiasi, perencanaan anggaran, kalkulasi produksi dan penjualan yang teratur dan menciptakan inovasi baru.

Masalah internal biasanya muncul karena pengaruh dari masalah eksternal. Hal ini karena dalam suatu organisasi, barang atau jasa yang diproduksi selalu mengikuti dengan perkembangan arus yang ada dalam masyarakat. Perubahan dan perkembangan zaman tentunya akan sangat berpengaruh pada minat dan permintaan yang ada dalam masyarakat. Dampak dari hal ini pun akan berpengaruh pada proses produksi.

Jadi, untuk menghadapi tantangan-tantangan yang ada pada sumber daya manusia, keahlian dan ketrampilan yang dimiliki dari tiap pegawai harus selalu ditingkatkan dan dikembangkan. Dengan demikian, sumber daya manusia yang ada dapat mengikuti perkembangan zaman dengan segala perubahannya agar suatu organisasi atau badan dapat terus berjalan. Untuk itu, peranan pelaksana sangatlah besar.

Pelaksana manajemen SDM harus lebih menyadari tanggung jawab dalam mengembangkan ketrampilan dan keahlian pegawai. Sumber daya manusia yang ada pada suatu badan atau organisasi tentu sangat berpengaruh dalam perkembangan organisasi itu sendiri. Jika manajemen SDM tidak dapat berjalan dengan semestinya, pada akhirnya organisasi akan mengalami banyak kerugian.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!