Fungsi SDM dan Strategi Pengembangan SDM di Unilever Indonesia

PT Unilever indonesia atau sering disingkat ULI adalah salah satu cabang dari perusahaan gabungan antara inggris belanda yang melakukan proses produksi berbagai kebutuhan sehari-hari masyarakat. PT uniliver adalah cabang perusahaan yang sudah menjadi salah satu perusahaan terbesar dan berpotensi di Indonesia.

Kemegahan perusahaan inilah yang membuat banyak orang ingin sekali bergabung dengan perusahaan besar ini. Mereka membayangkan betapa kesejahteraan dijanjikan oleh PT Uniliver kepada para pekerjanya.

Hal itu dikarenakan PT Uniliver memang tidak main-main dalam memilih pekerja yang akan berkarir di perisahaannya dengan menggunakan sistem manajemen SDM yang tepat.

Manajemen SDM
Manajamen sumber daya manusia (SDM) adalah suatu cara yang dilakukan untuk mengatur peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien sehingga dapat bersama-sama mencapai target tujuan perusahaan, karyawan dan konsumen. Manajemen SDM sengaja dibentuk untuk mengingatkan nilai tenaga kerja dalam sebuah perusahaan yang merupakan manusia. Bukan hanya sekedar mesin yang hanya bertugas melakukan segala tugas untuk perusahaan. Tetapi di sini, tenaga kerja memiliki hak-hak yang diterima dan dinikmati. Manajemen SDM di sini secara langsung akan mempengaruhi setiap sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan itu sendiri.

Sumber daya manusia sendiri dibagi menjadi dua macam berdasarkan fakta kemampuan manusia dalam berfikir dan berinteraksi dengan lingkungan. Sumber daya manusia yang pertama yaitu sumber daya fisik.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Hal ini erat kaitannya dengan kemampuan manusia mengolah energi yang dimiliki untuk melakukan suatu pekerjaan.

Fungsi SDM atau fungsi Sumber daya manusia yaitu sumber daya mental. Sebenarnya, sumber daya yang kedua inilah yang sedikit memgang peranan penting dalam sumber daya manusia di perusahaan. Kemampuan manusia dalam berfikir, menciptakan sebuah inovasi sangat memberikan sumbangsih besar dalam kemajuan perusahaan.

Pengembangan Fungsi Manajamen SDM PT Uniliver
PT uniliver adalah perusahaan yang terkenal dengan manajemen SDM nya yang mumpuni. Bagaimana tidak, PT uniliver sangat mempertimbangkan setiap sumber daya manusia yang akan berkarir bergabung bersama PT uniliver.

Di sini terbukti dengan setiap tahunnya PT uniliver sengaja merekrut orang-orang terbaik dari berbagai perguruan tinggi terbaik.

Tak hanya merekrut orang-orang terbaik dari berbagai perguruan tinggi terbaik, PT uniliver juga memiliki program manajemen SDM sendiri yang disebut dengan program latihan kerja atau LATKER. Program latihan kerja PT Uniliver sengaja dibentuk untuk meminimalisir tidak meratanya sumber daya manusia dalam perusahaan.

Setelah PT uniliver berhasil merekrut beberapa orang yang akan berkarir bersama Uniliver, orang-orang tersebut akan diberikan program latihan kerja. Program latihan kerja yang dibentuk PT uniliver dibagi dalam 2 kegiatan.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Kegiatan pertama adalah kegiatan menempatkan calon tenaga kerja pada tempat kerja yang sebenarnya. Di tempat tersebut, calon tenaga kerja akan dilatih cara bekerja yang benar langsung pada target tetapi dengan didampingi pembimbing yang sudah sangat kompeten. Kegiatan kedua yaitu ceramah seperti perkuliahan mengenai seluk beluk berkarir di PT Uniliver.

Seleksi tenaga kerja untuk mencari sumber daya terbaik yang dilakukan PT Uniliver ini terbukti membuat perusahaan mampu menilai secara keseluruhan mana tenaga kerja yang kompeten dan berpotensi. Keberhasilan program latihan kerja ini juga dinilai dari bagaimana pembimbing menilai kemampuan adaptasi calon tenaga kerja dalam mengikuti budaya bekerja di PT Uniliver.

Pada intinya, teknik manajemen SDM PT Uniliver terbagi menjadi tiga hal yaitu:
– Pengadaan yaitu proses rekrutmen dan orientasi seperti program latihan kerja yang telah dijelaskan diatas.
– Penggunaan yaitu proses sinkronisasi antara kemampuan sumberdaya manusia dengan tugas apa yang akan menjadi tanggung jawabnya.
– Pemeliharaan yaitu bagaimana PT Uniliver menciptakan lingkungan kerja yang nyaman sehingga karyawan juga dapat merasa puas bekerja bersama PT Uniliver.

Keberhasil PT Uniliver dalam menomor satukan manajemen SDM terbukti dari berhasilnya PT Uniliver meraih penghargaan dari Jepang untuk pelaksana Pruduktive Total Maintenance dan berhasl terpilih sebagai salah satu dari 20 perusahaan terbaik di Dunia.

Kepedulian PT Uniliver terhadap sumber daya manusia yang berkarir bersama di perusahaan Uniliver diatas dapat diberi suatu apresiasi sendiri. maka dari itu, semakin banyak pulalah orang-orang terbaik yang ingin berkarir di PT Uniliver.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!