Instrumen Seleksi Karyawan yang Bagus dan Akurat dalam Mengukur Potensi SDM

Instrumen seleksi karyawan yang efektif merupakan bagian dari perusahaan yang mana berperan sangat penting di dalam menentukan nasib dari sebuah perusahaan.

Mengapa demikian? Hal tersebut karena jika nantinya mendapatkan karyawan yang memiliki potensi besar tentu saja akan dapat memajukan perusahaan tersebut.

Tugas dari bagian seleksi karyawan sendiri adalah untuk menentukan calon karyawan mana yang memenuhi kualifikasi dari perusahaan.

Karyawan sendiri juga merupakan asset dari suatu perusahaan, hal tersebut karena dengan adanya karyawan tentu saja nantinya perusahaan akan dapat beroperasi dengan baik dalam memproduksi produk atau jasa yang ditawarkan.

Selain itu karyawan juga merupakan salah satu investasi yang harus dijaga dan dipilih dengan baik sehingga nantinya bisa memberikan dampak yang positif untuk perusahaan tersebut. Dengan penyeleksian karyawan dan juga pengelolaan karyawan nantinya perusahaan akan memperoleh karyawan yang memiliki potensi dan kemampuan yang tinggi.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Di dalam suatu perusahaan sendiri memang terdapat bagian tertentu yang mengurusi masalah penyeleksian karyawan secara efektif, dan kita akan membahasnya pada kesempatan kali ini.

Untuk bisa mengisi suatu posisi di perusahaan sendiri tentu saja membutuhkan beberapa persyaratan yang harus dipenuhi karena perusahaan tentu saja menerapkan beberapa kriteria dan syarat yang harus dipenuhi oleh para pelamar kerja, selain itu juga menerapkan prosedur rekrutment yang memang cukup ketat, hal tersebut tentu saja untuk kebaikan dari perusahaan itu sendiri. Lalu bagaimana cara menyeleksi karyawan secara efektif?

Instrument Seleksi Karyawan
Pada dasarnya untuk menyeleksi karyawan secara efektif sendiri dibutuhkan beberapa hal yang perlu untuk dipenuhi. Karena karyawan merupakan investasi yang sangat penting dan juga dan asset dari suatu perusahaan, maka pemilihan karyawan juga harus memperhatikan banyak hal mulai dari yang sederhana hingga yang detail.

Selain itu beberapa bagian yang ikut berperan di dalam penyeleksian karyawan sendiri juga perlu untuk memperhatikan beberapa hal sebelum menerima calon karyawan tersebut.

Oleh karena itu berikut ini adalah beberapa instrument seleksi karyawan yang efektif yang mana ikut berperan penting di dalam proses rekrutmen calon karyawan:

1. Supervisor
Supervisor sendiri merupakan salah satu bagian dari perusahaan yang mana menangani para karyawan yang sesuai dengan bidangnya, mulai dari produksi, pekerjaan sampai dengan proses rekrutment dari bidangnya sendiri. Supervisor ini juga memiliki tanggung jawab yang besar karena harus mengawasi setiap kinerja dari para bawahannya dan juga biasanya di dalam suatu perusahaan memiliki tugan untuk mengetes para pelamar kerja dalam tahap pertama yang mana kemudian dilanjutkan ke tahap berikutnya.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

2. Human Resource Department
HRD merupakan salah satu bagian yang memang menangani penerimaan dan penyeleksian karyawan atau sering kali juga disebut dengan bagian personalia. Selain menangani penerimaan dan penyeleksian karyawan juga menangani masalah karyawan – karyawan yang memang sudah bekerja di perusahaan tersebut. HRD memang sangat berperan penting di dalam ssuatu perusahaan untuk pengadaan karyawan dan sangat efektif.

3. Manager
Selain HRD yang berperan di dalam penyeleksian dan penerimaan karyawan, manager juga terkadang mengambil peranan untuk menyeleksi calon karyawan. Karena manager sendiri juga memiliki kuasa untuk menentukan calon karyawan mana yang bisa diterima oleh perusahaan.

Menentukan Nasib Perusahaan
Jadi itulah beberapa bagian dari perusahaan yang menangani proses rekrutment dari calon karyawan mulai dari penerimaan dokumen sampai dengan penerimaan karyawan tersebut dan bahkan sampai dengan karyawan tersebut bekerja di perusahaan.

Beberapa bagian dari perusahaan tersebut memang menjadi bagian yang ikut serta di dalam menentukan nasib dari perusahaan karena jika pemilihan karyawan salah maka nantinya perusahaan bisa saja mengalami kerugian.

Dan jika tepat di dalam memilih karyawan tentu saja nantinya perusahaan akan maju dan berkembang dengan baik. Tanpa adanya instrument dari perusahaan tersebut tentu saja nantinya perusahaan tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Oleh karena itu setiap bagian tersebut harus memiliki kemampuan untuk bisa membaca karakter dari orang lain dan juga kemampuan dalam menyeleksi calon karyawan. Karena untuk hal yang pertama kali dilihat dari seorang penyeleksi karyawan adalah fisik, attitude dan juga kemampuan. Jadi perusahaan tersebut akan bisa lebih maju dan berkembang jika memiliki instrument seleksi karyawan yang efektif.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!