Jobdes dan Tugas Pokok Staf Remunerasi atau Staf Comben

Remunerasi merupakan sebuah istilah yang mengacu pada bentuk penghargaan yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada para karyawannya, yang umumnya diberikan dalam bentuk uang. Secara umum remunerasi juga kerap dikaitkan dengan pemberian upah atau gaji, walaupun sebenarnya remunerasi memiliki cakupan yang lebih luas.

Ada juga yang mengkaitkan renumerasi dengan kompensasi yang pada dasarnya merupakan imbalan yang diberikan kepada para karyawan atas jasa atau tenaga yang mereka berikan sesuai dengan posisi mereka masing-masing. Bila dikaitkan dengan kompensasi, maka bentuk kompensasi itu sendiri ada dua macam yaitu kompensasi dalam bentuk fisik dan non fisik. Bentuk fisik yang dimaksud disini lebih mengacu pada bentuk uang.

Ada beberapa bentuk kompensasi dalam bentuk fisik yang umum diterima oleh para karyawan mulai dari gaji, honor, bonus yang diberikan sewaktu-waktu, komisi, insentif, tambahan uang makan, uang transportasi ataupun THR.

Selain bentuk fisik yang umumnya berupa uang atau bisa juga dalam bentuk barang, bentuk kompensasi lainnya yang umum diterima oleh para karyawan adalah bentuk kompensasi non fisik. Sesuai dengan namanya, kompensasi ini bisa dirasakan oleh para karyawan namun mereka tidak bisa melihat wujudnya secara fisik. Beberapa contoh kompensasi non fisik yang dimaksud disini adalah rasa nyaman dalam lingkungan kerja, kepastian perlindungan berupa Jamsostek atau BPJS, adanya jenjang karir, serta lingkungan kerja yang produktif.

Di dalam sebuah perusahaan, terutama perusahaan besar, pastinya memiliki staff khusus yang mengurusi bagian renumerasi, khususnya renumerasi dalam bentuk fisik.