Jobdes dan Tugas Pokok Staf Remunerasi atau Staf Comben

Remunerasi merupakan sebuah istilah yang mengacu pada bentuk penghargaan yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada para karyawannya, yang umumnya diberikan dalam bentuk uang. Secara umum remunerasi juga kerap dikaitkan dengan pemberian upah atau gaji, walaupun sebenarnya remunerasi memiliki cakupan yang lebih luas.

Ada juga yang mengkaitkan renumerasi dengan kompensasi yang pada dasarnya merupakan imbalan yang diberikan kepada para karyawan atas jasa atau tenaga yang mereka berikan sesuai dengan posisi mereka masing-masing. Bila dikaitkan dengan kompensasi, maka bentuk kompensasi itu sendiri ada dua macam yaitu kompensasi dalam bentuk fisik dan non fisik. Bentuk fisik yang dimaksud disini lebih mengacu pada bentuk uang.

Ada beberapa bentuk kompensasi dalam bentuk fisik yang umum diterima oleh para karyawan mulai dari gaji, honor, bonus yang diberikan sewaktu-waktu, komisi, insentif, tambahan uang makan, uang transportasi ataupun THR.

Selain bentuk fisik yang umumnya berupa uang atau bisa juga dalam bentuk barang, bentuk kompensasi lainnya yang umum diterima oleh para karyawan adalah bentuk kompensasi non fisik. Sesuai dengan namanya, kompensasi ini bisa dirasakan oleh para karyawan namun mereka tidak bisa melihat wujudnya secara fisik. Beberapa contoh kompensasi non fisik yang dimaksud disini adalah rasa nyaman dalam lingkungan kerja, kepastian perlindungan berupa Jamsostek atau BPJS, adanya jenjang karir, serta lingkungan kerja yang produktif.

Di dalam sebuah perusahaan, terutama perusahaan besar, pastinya memiliki staff khusus yang mengurusi bagian renumerasi, khususnya renumerasi dalam bentuk fisik.

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Seorang staff remunerasi pastinya akan bekerja dengan segala aspek yang berkaitan dengan pemberian bonus, komisi ataupun kompensasi terhadap para karyawannya.

Secara rinci, deskripsi pekerjaan yang harus dilakukan oleh staff remunerasi adalah:

• Melakukan persiapan dan perencanaan budget dalam hal pemberian renumerasi, dimana hal ini mencakup dalam hal monitoring, melakukan penyesuaian budget dan juga memberikan laporan kepada atasan.

• Mendesain dan juga mengembangkan kebijakan renumerasi yang sesuai dengan peraturan pemerintah dan juga sesuai dengan kondisi perusahaan itu sendiri.

• Melakukan perencanaan dan juga koordinasi dalam hal pemberian berbagai bentuk renumerasi kepada para karyawan. Hal ini dilakukan bersama dengan staff renumerasi yang lainnya, serta bersama dengan pihak atasan.

• Mendesain dan mengembangkan beberapa skema untuk setiap jenis renumerasi, dimana skema yang ada akan dilaksanakan sesuai dengan kondisi dan kenyataan kerja yang sebenarnya.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

• Melakukan analisa terhadap berbagai komponen yang ada dalam sebuah bentuk renumerasi serta mengenali faktor-faktor yang bisa mempengaruhinya, baik faktor internal maupun faktor eksternal. Dengan begini, para staff bisa mengembangkan beberapa skema untuk setiap jenis renumerasi yang ada.
• Seorang staf bisa mewakili sang atasan ataupun perusahaan dalam berbagai konferensi

• Turut serta membantu dalam upaya kerja sama dengan konsultan remunerasi yang berasal dari luar perusahaan

• Memberikan usulan untuk bisa mengatasi permasalahan yang muncul misalnya saja masalah perbedaan dalam pemberian renumerasi

• Melakukan penelitian dan juga analisa dalam berbagai hal yang melibatkan pemberian kompensasi.

• Bersama dengan staff yang lain melakukan analisa mengenai kebutuhan renumerasi yang disesuaikan dengan performa kerja sang karyawan. Selain itu, terdapat juga kemungkinan bahwa seorang staf akan turut terlibat dalam melakukan penyesuaian terhadap struktur gaji para karyawan.

Staff remunerasi pada umumnya akan bertanggung jawab dan memberikan laporan kepada atasan mereka di bidang Sumber Daya Manusia atau SDM.

Sebuah perusahaan pada umumnya mematok persyaratan khusus bagi mereka yang ingin masuk dan bekerja sebagai staff remunerasi. Pada umumnya salah satu persyaratan yang dipasang adalah mengenai latar belakang pendidikan. Mereka yang memiliki latar belakang dalam hal sumber daya manusia atau administrasi bisnis adalah mereka yang memiliki kesempatan lebih besar untuk bisa masuk dan menjadi staff remunerasi.

Selain latar belakang pendidikan, ada juga beberapa persyaratan lain yang perlu dipenuhi oleh para calon karyawan, yang menyangkut skill atau kemampuan. Seorang staff renumerasi dituntut untuk memiliki beberapa skill termasuk diantaranya:

• Kemampuan dalam melakukan analisis terhadap situasi dan keadaan perusahaan. Kemampuan ini sangat diperlukan mengingat salah satu jenis pekerjaan yang harus dilakukan oleh mereka yang bekerja di posisi ini adalah melakukan analisa agar bisa membuat rencana remunerasi yang tepat

• Kemampuan dalam mengoperasikan komputer terutama MS Word dan MS Excel. Para staff biasanya akan mengoperasikan komputer baik untuk membuat laporan ataupun untuk menyusun rencana renumerasi itu sendiri.

• Mampu untuk bekerja di bawah tekanan dan tenggat waktu yang ketat. Ada kalanya beberapa kasus membutuhkan penanganan secepat mungkin dan para staff diharapkan bisa bekerja untuk memenuhi tuntutan tersebut

• Memiliki kemampuan komunikasi yang dibutuhkan untuk menyampaikan hasil analisa serta laporan-laporan lainnya

• Mampu bekerja dalam kelompok namun juga dituntut untuk mampu melakukan pekerjaan secara independen sesuai dengan beban kerja yang diatur oleh sang atasan.

• Memahami hukum ketenagakerjaan yang juga mengatur mengenai masalah renumerasi. Para staff juga perlu memperkaya pengetahuan mereka mengenai aspek peraturan ini, karena sering terjadi perubahan yang harus segera diadaptasi dan diaplikasikan dalam perusahaan.

• Up to date dengan tekhnologi terbaru. Di masa modern seperti saat ini, segala sesuatunya dikerjakan dengan menggunakan teknologi terutama komputer. Para staff diharapkan melek teknologi serta mampu memanfaatkan teknologi yang ada untuk memperlancar proses pekerjaan mereka. Tidak hanya itu, saat ini juga terdapat banyak program komputer atau software yang bisa dipergunakan untuk membantu dalam proses penghitungan renumerasi yang bisa dimanfaatkan oleh para staff di bidang ini.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.