Kiat Ampuh untuk Mempertahankan Loyalitas Karyawan atau Employee Retention

Apakah Anda ingin tahu mengenai cara mempertahankan loyalitas karyawan? Dalam menjalani profesi sebagai seorang pengusaha banyak sekali perjuangan dan peluh yang di rasakan. Semua usaha yang dijalani akan dimulai dari bawah hingga menuju tangga kesuksesan.

Dalam memulai usaha memang bukan hal yang mudah namun segalanya dimulai dari mengerti mengenai bagaimana bersikap baik dan juga mempertahankan agar karyawan yang bekerja kepada kita tetap loyal dalam pengembangan usaha.

Dalam pengembangan usaha yang dirintis hingga tangga kesuksesan tak dapat dipungkiri ada bantuan orang lain yang membantu untuk bersama-sam meraih penghidupan yang layak yaitu karyawan.

angan lupa untuk memperlakukan dengan baik semua karyawan agar mereka loyal pada produk kita dan perusahaan demi mncapai kesuksesan bersama. Ada beberapa cara terbaik yang dapat kita lakukan demi mempertahankan loyalitas karyawan kepada perusahaan milik kita. Semua cara yang terbaik yang harus dilakukan akan dijabarkan semua untuk Anda.

Adapun cara mempertahankan loyalitas karyawan pada perusahaan yaitu:

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

1. Training
Pemberian trainging pada semua karyawan pada awal pembukaan dan dilanjukan pada setiap sebulan sekali untuk semua karyawan baru. Dengan pembekalan terhadap cara kerja akan membuat karyawan mengerti akan apa daja yang harus dilakukan untuk menyelesaikan semua pekerjaannya.

Pekerjaan yang dimulai alangkah lebih baik jika melakukan pengenalan terhadap pekerjaan yang di jalani. Jika ada produk baru atau pun aturan dan mekanisme perusahaan yang baru hendaknya melakukan training agar semua karyawan tidak bingung terhadap aturan yang berlaku.

2. Sikap
Bersikap baik kepada semua karyawan dan jangan sampai menyakiti hatinya. Lakukan komunikasi yang baik antara pemiliki, atasan dan karyawan. Dengan melakukan komunikasi yang baik dan saling menghormati maka kerjasama yang terjalin akan semakin erat hubungannya.

3. Gaji
Apabila Anda sebagai pemilik perusahaan hendaknya mengutamankan gaji yang diberikan kepada karyawan. Semua karyawan yang bekerja motivasi utama melakukan pekerjaan tersebut adalah untuk mendapatkan gaji.

Pemberian gaji pun harus diperhatikan apabila karyawan ingin loyal terhadap perusahaan. Berikan gaji tiap bulan dengan tangga yang pasti dan tepat waktu akan lebih baik di lakukan karena karyawan sangat memperhatikan hal ini.

Apabila pada saat pemberian jatuh pada hari libur maka sebaiknya jangan memundurkan hak karyawan namun majukan saja misalnya satu hari. Karyawan akan merasa senang dan bersyukur sehingga sikap terhadap produk yang dijual dan perusahaan pun semakin baik. Hindari penundaan gaji, bonus atau pun tunjangan yang diberikan kepada karyawan.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

4. Penghargaan
Ada baiknya jika Anda memiliki karyawan yang berprestasi, loyal atau berhasil menjual produk perusahaan melebihi target berikan penghargaan. Penghargaan yang diberikan kepada karyawan sangat bernilai maknanya. Hal ini juga akan memicu semangat karyawan lainnya yang belum menunjukkan prestasinya untuk semakin termotivasi untuk loyal kepada perusahaan.

5. Pemberian cuti dan libur
Jangan pernah menunda terhadap pemberian libur hingga cuti. Terlebih jika ada karyawan yang mengaku sedang sakit dan ada surat keterangan kedokter. Semua ini adalah hak karyawan yang harus di berikan karena bagaimana pun mereka manusia yang harus di pekerjakan dengan layak.

6. Membangun hubungan
Ada baiknya jika semuanya di lakukan dengan membangun hubungan antara karyawan dan pemilik perusahaan. Jangan sampai terjadi kesenjangan dan juga jarak yang ada. Ada baiknya selalu berkomunikasi dengan baik dan mengakrabkan diri karena rejeki dari Tuhan akan selalu datang mengalir jika hubungan antara manusia berjalan dengan baik.

Semua yang ada harus di jalani dengan ikhlas mari bangkit dan segera menyongsong kesuksesan. Hal yang harus selalu di ingat bahwa Anda sebagai pemimpin atau pemilik tanpa adanya karyawan akan sangat mustahil dapat membawa perusahaan kekesuksesan.

Namun karyawan tanpa pemilik atau pemimpin perusahaan pun tak dapat berjalan dengan baik karena tak ada yang mengarahkan kearah sana. Sehingga dapat di katakan bahwa semuanya adalah simbiosis mutualisme atau pun saling menguntungkan.

Apabila cara mempertahankan loyalitas karyawan akan tercipta dengan baik jika di dasari rasa saling percaya dalam memajukan perusahaan kearah yang lebih baik dalam kesuksesan.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!