Kiat Ampuh untuk Meningkatkan Loyalitas Karyawan dan Menurunkan Turn Over

Karyawan yang loyal terbukti bisa membawa perusahaan ke titik puncak kesuksesan. Sebuah survei juga menemukan kalau sepertiga dari profit perusahaan didatangkan dari para karyawan yang memiliki loyalitas tinggi.

Survei ini juga sekaligus menunjukkan kalau lebih dari 60 persen karyawan dalam sebuah perusahaan tidak termasuk karyawan loyal. Sehingga bisa saja kinerjanya tidak optimal.

Bahkan mereka juga sedang mencari pekerjaan di tempat lainnya. Tujuannya adalah segera pindah dari perusahaan tersebut untuk mendapatkan pekerjaan dan pendapatan yang lebih baik. Tentunya bagi pemilik perusahaan tidak ingin memiliki pegawai yang tidak loyal.

Karena meskipun sudah mendapatkan bayaran sesuai kesepakatan pada awal rekrutmen, mereka hanya akan bekerja setengah hati. Sehingga hasil kerja dari mereka terbilang tidak memuaskan. Bila jumlah karyawan ini sangat banyak dan berada begitu lama dalam sebuah perusahaan, maka akan sangat membebani perusahaan.

Setiap pimpinan perusahaan memang seharusnya bisa membangun keadaan yang kondusif dalam menjaga dan mempertahankan para karyawan terbaiknya yang memiliki loyalitas tinggi. Termasuk menekan jumlah karyawan dengan loyalitas rendah. Pimpinan perusahaan juga harus senantiasa memberikan penghargaan pada setiap prestasi yang dicapai seorang karyawan. Selain itu juga harus mampu memberikan semangat atau motivasi, agar para karyawan semakin betah dan meningkatkan loyalitasnya.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Sangat disarankan untuk setiap perusahaan untuk melibatkan karyawan dalam setiap usaha perbaikan di segala sektor organisasi perusahaan. Perusahaan harus memberikan ruang bagi karyawan untuk memberikan ide dan inisiatif untuk pengembangan perusahaan.

Selalu tingkatkan loyalitas karyawan dan para pimpinan perusahaan akan melihat betapa sangat signifikan unsur ini berperan bagi kemajuan perusahaan.

Bagi Anda pemimpin perusahaan atau duduk sebagai top manajemen sangat penting untuk menerapkan beberapa Strategi Mempertahankan Loyalitas Karyawan berikut ini.

Menjadikan perusahaan tempat favorit bagi karyawan
Setiap karyawan harus kerasan bekerja pada sebuah perusahaan. Sehingga produktivitas dan loyalitasnya terus meningkat. Sehingga mereka akan berjuang sekuat tenaga guna memberikan hasil kerja terbaik bagi perusahaan.

Siapkan segala fasilitas pendukung dan pastikan para karyawan merasa puas berada di perusahaan tersebut. Kegiatan sosial juga sebaiknya dilakukan secara berkala, sehingga para karyawan bisa terlibat langsung dalam sejumlah kegiatan sosial. Aktivitas ini bisa berupa layanan masyarakat, kegiatan amal dan sebagainya yang menjadi wadah aktualisasi karyawan pada lingkungan di sekitarnya.

Menciptakan ruangan untuk partisipasi karyawan
Keterlibatan karyawan pada perusahaan tempatnya bekerja akan sangat menunjang peningkatan produktifitas kerjanya. Sehingga kondisi ini akan sangat membantu perusahaan dalam meningkatkan produktifitasnya. Dengan begitu perusahaan akan semakin berkembang dan maju.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Perusahaan juga harus memberikan fasilitas guna peningkatan partisipasi karyawan dalam sebuah organisasi atau juga meningkatkan kemampuannya melalui pelatihan atau training tertentu yang mendukung kinerjanya.

Membuat kotak saran
Sebuah perusahaan tentunya harus selalu menampung dan memberikan ruang diskusi kepada semua karyawannya. Pengelolaan atau kebijakan perusahaan bisa saja mengalami kondisi yang tidak sesuai bagi karyawan secara umum. Sehingga perlu adanya perbaikan yang lebih baik. Perusahaan yang baik seharusnya membuatkan atau membuka kotak saran yang diperuntukkan bagi seluruh karyawannya.

Sehingga segala macam keluhan, pertanyaan dan sebagainya bisa disampaikan dan tentunya mendapatkan respon yang baik dari perusahaan. Sehingga perusahaan bisa mengontrol operasional perusahaan, sekaligus bisa meningkatkan performa dan kompetensi seluruh karyawan.

Melakukan aktivitas team building
Rasa kebersamaan dalam sebuah tim akan berimbas positif pada suasana kerja yang kondusif dan juga meningkatkan produktifitas setiap karyawan. Aktivitas untuk menyatukan para karyawan ini tidak melulu dengan menggelar kegiatan outbound atau outing semata.

Tapi juga bisa seperti aktivitas kemasyarakatan atau sosial. Kegiatan sosial ini bisa berupa pasar murah, kunjungan ke panti asuhan, donor darah dan sebagainya. Dengan beragam kegiatan positif ini, maka akan semakin kuat dalam membangun kekompakan tim.

Penerapan program berkelanjutan
Upaya pemberdayaan SDM dan peningkatan loyalitas tidak bisa hanya dilakukan sekali saja. Tapi harus dijadikan kebiasaan yang dilaksanakan secara berkelanjutan. Sehingga dengan seiring waktu bisa meningkatkan pla pikir maju, integritas, disiplin dan loyalitas pada setiap karyawan. Bila semua telah tercapai, mereka benar-benar menjadi aset yang sangat berharga. Sehingga sebuah perusahaan harus menjaganya dengan baik.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!