Kiat menjadi Instruktur Pelatihan atau Trainer Manajemen yang Profesional

Dalam sebuah dunia kerja, dibutuhkan seseorang yang bisa menjadi trainer sehingga bisa menyalurkan ilmu dan pengetahuan yang didapatkannya ke orang lain. Banyaknya trainer yang ada di luaran sana terkadang belum bisa memberikan hasil training secara maksimal apalagi untuk beberapa materi yang cukup sulit dan vital.

Jika Anda ingin menjadi seorang trainer maka tentu saja Anda harus belajar bagaimana caranya menjadi seorang pelatih yang tidak hanya pandai dalam teori tapi juga harus mampu menerapkannya dan juga membagi nya ke semua peserta training yang saat itu pasti menyimak dan membutuhkan ilmu yang akan Anda bagikan.

Banyak yang mengatakan untuk menjadi seorang trainer yang baik adalah hanya perlu berlatih bicara di depan orang banyak, namun nyatanya tidak hanya sebatas itu saja. Masih banyak hal yang perlu Anda ketahui dan pelajari selain hanya sebatas kemampuan berbicara.

Beberapa hal yang harus Anda miliki agar Anda bisa menjadi seorang trainer yang baik adalah:

• kemampuan untuk menganalisa dan mengetahui apa saja kebutuhan para peserta training Anda yang adalah juga klien yang akan menggunakan jasa Anda. Ketidak tepatan materi yang Anda bawakan tentu saja akan sangat mengecewakan karena itu tandanya tidak tepat guna. Untuk tahu materi apa yang tepat untuk para peserta training yang ikut acar Anda maka Anda memang perlu tahu mengenai kebudayaan dan latar belakang perusahaan atau peserta training Anda.

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

• seorang trainer juga harus memiliki keahlian di bidang materi yang menjadi professional nya misalkan Anda ingin menjadi trainer komunikasi maka Anda jelas harus sangat mahir dan berpengalaman dalam hal komunikasi. Begitu juga jika Anda akan membawakan materi ekonomi dan laporan keuangan maka jelas Anda harus tahu materi ekonomi dan teori yang ada serta perkembangan teori yang paling update saat ini.

Seorang trainer harus lah menjadi seseorang yang paling pintar dan tahu akan semua hal yang sekiranya akan di tanyakan oleh para peserta training. Tidak ada salahnya Anda terus belajar dan mengambil kursus bidang tertentu yang ingin Anda kuasai sehingga setiap kali Anda berhadapan dengan banyak peserta dari berbagai macam latar belakang Anda bisa mengatasi hal-hal yang mungkin sedikit ajaib.

• keahlian selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang trainer handal untuk menjadi trainer yang berkualitas adalah memiliki personal branding. Ini adalah hal yang sangat penting karena personal branding akan menjadi ciri khas yang Anda miliki dan akan selalu diingat oleh banyak orang.

Personal branding juga akan menjadi nilai jual yang Anda miliki sehingga para peserta juga tidak akan semerta-merta melecehkan atau menganggap apa yang Anda sampaikan sebagai sesuatu yang tidak berguna atau tidak menarik.

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun personal branding adalah dengan mencari orang-orang berkualitas yang sudah memiliki personal branding yang kuat dan berkualitas sehingga Anda bisa secara tidak langsung belajar dari mereka.

• Kemudian keahlian selanjutnya adalah sebagai seorang trainer Anda harus memiliki kemampuan dalam berbicara atau public speaking. Jelas Anda akan menjadi satu-satunya orang yang berbicara paling banyak sepanjang training di selenggarakan karena Anda adalah tokoh utama nya. Masukkan gaya-gaya yang bisa membuat para peserta tertarik sehingga selama training berlangsung tidak akan bosan dan jenuh jika Anda terlalu kaku.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

• Anda juga harus mampu mengemas training dengan sangat baik dan menarik. Materi training yang baik adalah yang bisa dikemas secara menarik dengan bahasa yang sederhana namun tetap semua point inti bisa masuk ke dalam nya. Jika materi yang disampaikan Anda buat dengan bahasa yang rumit dan berbelit-belit maka jelas saja semua peserta tidak akan tertarik untuk menyimak. Tidak ada salah nya Anda untuk melengkapi dengan gambar-gambar yang menarik.

• Seorang trainer juga adalah seorang marketing yang harus mampu memasarkan dirinya sendiri dan juga memasarkan training yang akan Anda bawakan dalam setiap acara. Anda bisa menjual training yang Anda bawakan dengan banyak cara salah satunya melalui proposal yang selalu Anda berikan kepada calon klien Anda. Buat lah training Anda ke dalam kemasan yang terbaik sehingga klien sudah akan jatuh hati sejak pertama kali bertemu. Belajar dengan seseorang yang sudah menjadi trainer terlebih dahulu pasti akan menjadi salah satu cara yang baik untuk Anda memperkaya diri dengan bekal-bekal ilmu yang baru.

• Keahlian selanjutnya yang harus Anda miliki juga sebagai seorang trainer adalah keahlian untuk memiliki cara pandang dan cara pikir yang kreatif dan memiliki inovasi yang mampu membuat orang lain tahu dengan cara pandang Anda baik. Semakin banyak Anda belajar baik melalui media online, melalui orang lain, melalui media tulis Anda pasti akan semakin tahu bagaimana cara memiliki dan merubah pandangan dan pikiran yang sempit menjadi lebih luas dan lebih modern.

Sebagai seorang trainer yang berkualitas Anda jangan pernah merasa bosan atau malas untuk belajar. Terus perkaya diri Anda dengan ilmu-ilmu karena yang nama nya belajar tidak pernah ada batasan dan masa akhir.

Setiap saat Anda bisa belajar melalui orang lain dengan pengalaman yang mereka miliki. Perkaya diri Anda dengan semakin sering berhadapan dengan banyak orang karena disanalah Anda secara otomatis akan belajar bertambah banyak dan jelas Anda akan semakin percaya diri.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!