Kiat menjadi Pembicara Bisnis dan Pelatih Bisnis yang Hebat

Menjadi seorang pembicara dalam sebuah seminar adalah sebuah kesempatan yang tidak semua orang bisa mendapatkannya.

Jenis seminar itu sendiri juga sangatlah beragam dan mencakup berbagai jenis topik yang berbeda mulai dari dari seminar pengembangan diri, seminar property dan juga seminar bisnis.

Jenis seminar yang terakhir disebutkan adalah sebuah seminar yang sedang marak diselenggarakan beberapa waktu belakangan ini dan beberapa nama pembicara telah menjadi nama yang cukup dikenal.

Mereka yang ingin menjadi pembicara sebuah seminar, khususnya seminar bisnis yang hebat tentunya harus memiliki dasar yang kuat.

Ada beberapa cara
yang bisa ditempuh oleh para pembicara ini agar bisa menjadi jauh lebih baik, lebih hebat dan tentunya lebih dikenal dalam dunia seminar, yaitu:

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

1. Memiliki pengetahuan yang dalam mengenai topik yang disampaikan
Seorang pembicara harus memiliki pengetahuan yang dalam mengenai apa yang mereka bicarakan dalam sebuah seminar. Tidak ada hal yang akan membuat para pendengar menjadi bosan selain kurang dalamnya pengetahuan yang dimiliki oleh sang pembicara. Sang pembicara bisa mengatasi hal ini dengan cara terus dan terus menerus belajar.

Sampaikan materi yang jelas dan mudah diaplikasikan oleh para pendengar dan bila perlu buatlah panduan tentang bagaimana cara untuk bisa mengaplikasikan hal tersebut.

2. Jadilah pembicara yang benar-benar tulus
Setiap orang dibekali kemampuan secara tidak sadar untuk bisa mengetahui apakah orang yang berbicara di depan mereka benar-benar tulus ataukah tidak.

Hal ini menjadi sangat penting bagi seorang pembicara agar mereka bisa menarik perhatian para pendengar. Seorang pembicara dalam sebuah seminar, terlepas dari topik yang mereka bicarakan harus bisa memberikan kesan ini dengan berbagai cara mulai dari berbicara dalam nada percakapan sehari-hari dan juga berbicara dengan penuh gairah atau penuh semangat.

Pembicara yang sukses pada umumnya bukan hanya memiliki pengetahuan yang dalam mengenai topik yang mereka bicarakan, namun mereka juga terlibat secara emosional didalamnya, dimana topik tersebut adalah hal yang sangat mereka sukai.

3. Pergunakan humor dalam berbagai kesempatan
Pembicara yang sukses adalah pembicara yang mampu membuat para pendengar merasa tertarik untuk mengikuti seminar hingga selesai. Mempergunakan humor dengan cara menceritakan suatu hal yang lucu adalah hal sederhana yang bisa dilakukan oleh setiap pembicara.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

4. Selalu up to date dengan perkembangan bisnis terbaru
Seorang pembicara bisnis tidak hanya harus mengusai materi yang disampaikan, namun juga memiliki pengetahuan mengenai kondisi dan situasi terbaru yang mempengaruhi materi tersebut. Ingatlah bahwa materi yang lebih mudah diaplikasikan dan yang sesuai dengan perkembangan jaman yang ada akan jauh lebih menarik perhatian, serta akan lebih mudah diterima oleh para pendengar.

5. Berikan waktu untuk berinteraksi dengan para pendengar
Terlepas dari jelasnya materi yang disampaikan, seorang pembicara tetap harus memberikan waktu kepada para peserta seminar untuk bertanya. Selain itu, berinteraksilah dengan pihak-pihak lain yang juga terlibat dalam seminar misalnya saja pihak penyelenggara seminar.

Hal ini akan memberikan kesan yang jauh lebih profesional namun tetap menyenangkan, yang akan menimbulkan kesan yang lebih mendalam.

Seorang pembicara seminar bisnis haruslah memahami bahwa aspek pengetahuan bukanlah satu-satunya kunci untuk menjadi seorang pembicara yang hebat. Berbagai aspek lain ternyata sangat diperlukan untuk membuat mereka menjadi seorang yang dikenal ahli dalam bidangnya dan juga mampu untuk menyampaikan semua pengetahuan tersebut di depan orang banyak.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!