Membongkar Strategi Pengelolaan SDM di Perusahaan Multinasional

Pengelolaan SDM di perusahaan multinasional adalah hal yang penting diperhatikan untuk dapat terus bertahan di dunia perekonomian ini.

Tidak hanya memperhatikan aspek lingkungan luar saja, tetapi perusahaan juga harus diperkuat dari dalam. Era ini merupakan era globalisasi dimana segala macam pertukaran informasi dari negara satu ke negara yang lain menjadi lebih mudah.

Begitu pula dalam hal usaha, karena globalisasi, maka jarak yang jauh tak lagi berarti jika dihadapkan oleh kebutuhan untuk bertahan di tengah persaingan pasar yang terus berkembang.

Jika suatu perusahaan tidak melakukan perubahan sama sekali, maka hal tersebut bisa menyebabkan ketertinggalan dengan perusahaan-perusahaan lain. Oleh karena itu dengan niat memperluas pangsa pasar maka akhirnya diperluaslah jangkauan hingga ke luar negeri oleh perusahaan-perusahaan multinasional ini.

Pada dasarnya proses pengelolaan ini terdiri dari 3 bagian penting, yaitu menarik, mengembangkan juga mempertahankan SDM yang ada di dalam perusahaan, hal tersebut diharapkan mampu membuat perusahaan menjadi semakin maju dan memimpin di antara perusahaan yang lain.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Untuk sukses, jangan selalu puas dengan berjalan di tempat, cobalah berjalan ke tempat lain sehingga bisa mendapatkan tambahan keuntungan lainnya.

Keuntungan tidak selalu dilihat dalam bentuk uang, keuntungan tersebut bisa berupa tambahan pengetahuan atau tambahan koneksi dan rekan kerja. Dunia ini terlalu luas untuk tidak dijelajahi, oleh karena mengembangkan perusahaan multinasional ke negara lain akan menjadikan perusahaan menjadi lebih bermutu karena mau mencoba mengembangkan diri.

Proses Pengelolaan SDM
Proses pengolahan SDM di perusahaan multinasional yang baik dilakukan dalam lingkup lokal maupun internasional, saat Anda mengelola perusahaan tentunya Anda juga bertanggungjawab terhadap kesejahteraan karyawan Anda di perusahaan multinasional. Anda tidak bisa mengharapkan hasil yang maksimal begitu saja, jika kesejahteraan karyawan Anda tidak Anda perhatikan.

Sebagai atasan, untuk menjadi peduli adalah tugas Anda. Semua orang pasti senang diperhatikan, jadi pastinya jika mendapatkan perhatian dari atasan pastilah akan menyenangkan karyawan Anda. Jika karyawan Anda merasa senang, maka pekerjaannya pasti akan lebih maksimal bukan?

Itulah salah satu kunci untuk mengembangkan perusahaan yang maju, bangun dan perkuat dari dalam terlebih dahulu sebelum memperhatikan pangsa pasar. Human resource management slides and presentations.

Pengelolaan SDM di perusahaan multinasional ini merupakan masalah yang sangat kompleks, Anda memerlukan memperkerjakan orang lain lagi untuk membantu Anda mengendalikan kualitas SDM perusahaan Anda sehingga semuanya bisa Anda kendalikan dalam satu waktu baik itu dalam perusahaan lokal maupun internasional.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Dalam satu waktu, Anda harus memikirkan masalah peraturan pekerja yang akan member keuntungan bagi perusahaan dan juga karyawan, kemudian masalah upah, asuransi kerja, dan masalah budaya tempat perusahaan berada yang akhirnya juga akan menentukan budaya organisasi dalam perusahaan.

Dalam mengelola SDM tersebut pertama Anda harus menarik karyawan, artinya berilah fasilitas yang baik yang menguntungkan kedua belah pihak, kesejahteraan karyawan akan memberikan kesejahteraan pada perusahaan secara keseluruhan, jadi tidak perlu ragu untuk memberikan penghargaan yang sesuai untuk karyawan Anda. Penghargaan tidak hanya dalam bentuk uang, tetapi juga perhatian kepada para karyawan.

Anda harus mengenal dengan baik karyawan Anda, meskipun tidak mungkin untuk mengingat semua nama karyawan, tetapi setidaknya jika Anda bertemu dengan mereka, jangan merasa malas untuk menyapa, karena jika tidak ada mereka pastinya perusahaan Anda tidak akan berjalan.

Sehingga sebagai atasan, Anda harus buang jauh-jauh keangkuhan Anda untuk merangkul karyawan Anda sehingga karyawan tertarik pada Anda. Kemudian, yang kedua adalah mengembangkan, ada baiknya sebelum memperkerjakan seseorang, Anda berikan pelatihan agar pekerjaan karyawan nanti berkualitas seperti standar perusahaan. Begitu juga saat mereka sudah menjadi karyawan Anda, sesekali berilah sebuah pelatihan untuk mengembangkan kembali kemampuan mereka, sehingga perusahaan semakin berkualitas dari waktu ke waktu.

Setelah itu yang terakhir, Anda perlu mempertahankan para karyawan Anda, apalagi jika karyawan Anda tersebut merupakan karyawan yang berkualitas dan banyak memberikan keuntungan, pertahankanlah mereka dan pada tahap ini kembali lagi pada poin satu yang menyebutkan untuk selalu menarik karyawan agar karyawan selalu merasa sejahtera bekerja dengan perusahaan Anda.

Budaya Organisasi Dalam Perusahaan
Budaya merupakan suatu karya yang diciptakan oleh manusia dan menentukan perilaku manusia dalam bermasyarakat. Budaya tersebut dianut oleh sekelompok orang tertentu yang memiliki tujuan yang sama. Budaya juga terdapat dalam suatu organisasi di perusahaan, budaya membantu masyarakat perusahaan tersebut untuk hidup bersama dalam naungan perusahaan dengan hubungan yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Perusahaan mendapatkan untung dari hasil karya karyawannya dan karyawannya mendapatkan penghargaan yang setimpal atas kerja kerasnya mengembangkan perusahaan.

Budaya organisasi ini memiliki beberapa karakteristik yang penting dalam perusahaan, pertama, inovasi, hal ini akan membuat perusahaan selalui terbaharui dengan ide baru yang menyegarkan perusahaan, berani berinovasi artinya perusahaan juga berani mengambil resiko.

Oleh karena itu sebelum melakukan inovasi, maka Anda benar-benar harus memperhitungkan segala macam hal sehingga resiko tersebut bisa diminimalisir atau bahkan dihindari. Kemudian karakteristik yang kedua adalah selalu memperhatikan hingga ke detail, dalam hal apapun dalam pekerjaan dan pergerakan perusahaan Anda harus selalu detail untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin.

Ketiga, fokuslah pada hasil dan manusia yang mewujudkannya, seperti yang telah disebutkan bahwa selain hasil yang ingin dicapai, Anda jangan lupa pada para karyawan yang mewujudkan semua itu terjadi. Begitulah proses dan cara kerja pengelolaan SDM di perusahaan multinasional.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!