Pelatihan Performance Appraisal yang Bagus dan Terpercaya

Materi pelatihan performance appraisal tentunya sangat diperlukan, hal ini penting sekali dilakukan agar kinerja seseorang dapat lebih baik lagi. Karena ketika kinerja seseorang buruk tentu saja hal itu sedikit banyak mempengaruhi kinerja perusahaan. Ketika kinerja seseorang baik, tentunya hal itu sedikit banyak mempengaruhi kinerja perusahaan tersebut.

Apa itu performance appraisal. Performance Appraisal atau penilaian kinerja adalah sebuah sistem managemen formal yang akan menyediakan evaluasi kualitas untuk kinerja individu dalam sebuah organisasi. Sistem penilaian tersebut biasanya disusun oleh para atasan para karyawan tersebut. Prosedur seperti ini biasanya memerlukan bantuan para atasan untuk mengisi formulir menilaian standar yang akan mengevaluasi para pekerja yang kemudian hal tersebut akan dibahas bersama karyawan tersebut.

Biasanya penilaian seperti ini hanya dilakukan sekalisetahun oleh bagian HRD namun pada dasarnya pelaksanaan penilaian seperti ini harusnya dilakukan beberapa kalidalam setahun, agar kinerja para karyawan dapat lebih terpantau dengan baik.

Hal-hal yang harus dilakukan dalam performance appraisal

Pada dasarnya setiap perusahaan harus melakukan penilaian kinerja dalam 4 macam fase ;

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

1. Perencanaan kinerja
Setiap awal tahun para manager dan juga para karyawan akan berkumpul untuk membahas kinerja tahunan. Bahasannya adalah bagaimana pencapaian selama 12 bulan kedepan, dan bagaimana menjalankan setiap pekerjaan dengan baik, dan disana juga dibahas bagaimana perkembangan individu selama 1 tahun kebelakang.

2. Pelaksanaan kinerja
Pada pertengahan tahun para atasan akan mengevaluasi kinerja para bawahan atau para pekeja. Bagaimana hasil pekerjaan mereka selama beberapa waktu ini. Berhasil atau tidaknya tentunya akan ada reward atau koreksi dari para atasan.

3. Penilaian kinerja
Disini beberapa manager akan melakukan penilaian terhadap para karyawannya. Para manager akan mengisi berbagai macam formulir dan juga dokumen untuk menilai kinerja dari setiap karyawan atau bawahannya. Biasanya dalam fase ini para manajer akan memberikan rekomendasi perubahan perhadap para karyawan berdasarkan kualitas kerja karyawan tersebut. Penilaian seperti ini biasanya akan dipelajari dan juga disetujui oleh beberapa atasan dari berbagai atasan lainnya.

4. Review kinerja
Pada tahap ini manager dan juga bawahan akan mengadakan pertemuan yang akan membahas kinerja setiap bawahan selama 12 bulan terakhir, dan juga akan membahas pertemuan berikutnya untuk membahas perencanaan kinerja 12 bulan berikutnya. Disini manager biasanya akan memberikan reward pada beberapa karyawan yang dinilai mempunyai performa kerja yang baik.

Pemberian materi pelatihan performance appraisal

Tujuan diadakanya pelatihan seperti ini adalah untuk memberikan materi pelatihan performance appraisal yang baik. Materi seperti ini dibuat agar tercapainya kemitraan yang baik antara para atasan dan juga bawahan, dan juga dapat meningkatkan kualitas kerja para bawahan.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Materi pelatihan yang akan diberikan biasanya berupa :

1. Informasi awal tentang performance appraisal
Disini akan diberitahukan informasi awal tentang apa itu performance appraisal dan juga tujuan, kemitraan dan hambatan dalam performance appraisal. Pembahasan seperti ini penting untuk dilakukan agar para peserta dapat lebih memahami apa itu performance appraisal dengan baik.

2. Bagaimana mengembangkan performance management system
Disini akan dibahas mengenai tahapan-tahapan untuk pengembangan dalam performance management system. Hal ini tentu saja harus diberikan agar orang-orang yang memberikan penilaian mengetahui dengan baik, bagaimana menyusun sebuah performance management system dengan baik.

3. Kegiatan-kegiatan dalam menyusun performance management system
Disini akan dibahas tentang bagaimana cara menyusun berbagai macam kegiatan dalam performance management system, hal seperti ini perlu dilakukan agar tidak terjadi kesalahan dalam menyusun performance management. Tentunya akan sangat tidak baik, jika terjadi kesalahan dalam menysusun performance tersebut.

4. Membahas masalah-masalah yang ada dalam performance appraisal
Disini akan dibahas mengenai berbagai macam masalah yang ada dalam performance appraisal dan juga bagaimana mengatasinya. Kesalahan-kesalahan dalam performance apparaisal dan juga bagaimana cara untuk meningkatkan keakuratan dalam proses pembuatan performance appraisal.

Siapa saja peserta pelatihan Performance appraisal
Pelatihan seperti ini ada baiknya jika diikuti oleh para manajer sumber daya manusia dan juga staf departemen sumber daya manusia. Departemen-departemen ini memang saling terkait satu dengan lainnya, mereka adalah departemen yang ada kaitannya dengan para pekerja secara langsung.

Pelatihan seperti ini tentunya penting untuk dilakukan, dengan dilakukannya pelatihan seperti ini, maka proses penilaian yang akan dilakukan setiap perusahaan akan semakin baik. Dengan adanya materi pelatihan performance appraisal diharapkan agar para peserta dapat memberikan berbagai penilaian yang baik terhadap para karyawan.

Penilaian seperti ini dilakukan agar kita dapat menilai kinerja seseorang, dan juga performa kerja seseorang. Baik atau buruk kinerja seseorang tentunya sedikit banyak akan mempengaruhi performa perusahaan. Jika kualitas para karyawan yang berada dalam perusahaan tersebut baik atau bahkan bagus, tentu saja kualitas kinerja perusahaan juga akan tampak semakin baik, begitu juga sebaliknya.

Proses penilaian kinerja seseorang ini tentu harus dapat dilakukan dengan baik, agar benar-benar terlihat dengan baik bagaimana kualitas kinerja seseorang tersebut. Jika salah menganalisa tentunya akan membuat hasil penilaian tersebut tidak falid.

Kondisi seperti ini tentu saja tidak akan baik bagi karyawan tersebut. Maka dari itu dengan mengikuti pelatihan seperti ini, setidaknya berbagai macam pengetahuan tentang cara penilaian para karyawan atau performance appraisan akan dapat dilakukan dengan lebih baik lagi.

Dengan diadakannya pelatihan dan pemberian materi pelatihan performance appraisal seperti ini, diharapkan para peserta dapat lebih memberikan penilaianyang lebih baik tentang kinerja para karyawan dengan lebih baik, dan lebih bijak.

Hal ini perlu dilakukan agar para karyawan dapat lebih meningkatkan performa kerja. Ketika kinerja para karyawan diperhatikan, dan terjadi reward yang menarik, tentunya hal tersebut sedikit banyak akan dapat menarik perhatian para karyawan agar dapat lebih meningkatkan performa atau kinerja karyawan tersebut. Hal seperti ini tentu saja ada dalam materi pelatihan performance appraisal ini.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!