Pengertian Talent Management dan Tahapan untuk Membangun Sistem Talent Management

Talent Management yang baik terbukti dapat menambah tingkat kepuasan karyawan. Sehingga semua perusahaan wajib mempunyai cara pendekatan yang tepat dalam mengelola para sumber daya manusianya. Sehingga setiap karyawan mencapai tingkat produktifitas yang tinggi dan memperoleh penghasilan yang diharapkannya. Dengan begitu aspek talent Management harus dikuasai setiap perusahaan.

Kenexa Research Institute atau KRI pernah mengembangkan sebuah riset guna pengujian pandangan pegawai mengenai dedikasi sebuah organisasi pada aspek talent management. Selain itu juga mengamati efek dari aspek tersebut atas employee engagement.

Penelitian ini tidak dikembangkan di sebuah wilayah saja, tapi juga dilakukan di Amerika Serikat, Inggris, India, Jerman, China dan juga Brasil.

Hasil dari penelitian ini seakan membuktikan kebenaran dari yang sering disampaikan oleh akademisi dan juga praktisi. Kebenaran tersebut berkaitan dengan beragam kebijakan yang sering diterapkan pada sebuah perusahaan, seperti berbagai program jenjang karir, lalu pengembangan dan dilanjutkan dengan pengawasan tujuan.

Selain itu umpan balik kinerja karyawan juga terbukti bisa memberikan motivasi kepada karyawan sekaligus meningkatkan produktifitas kerja.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Dari semua negara yang dijadikan target penelitian membuktikan kalau perusahaan yang sangat fokus pada aspek talent management akan mempunyai pegawai yang lebih rajin dengan menyibukkan diri dengan pekerjaannya dan sekaligus puas akan pekerjaan yang digelutinya. Dengan kondisi ini tentunya pegawai akan lebih mencintai pekerjaannya dan akan lebih memberikan hasil kerja yang lebih baik.

Sebuah perusahaan yang mempunyai kebiasaan talent management yang baik sangat berpengaruh pada rasa bangga karyawan pada perusahaan yang menaunginya. Bahkan mereka dengan sangat bangga dan percaya diri merekomendasikan orang lain untuk bekerja di perusahaan tempatnya bekerja. Karena baginya tempat bekerjanya saat ini adalah tempat yang sangat menyenangkan untuk menjalankan segala aktivitas pekerjaan.

Selain itu, penilaian yang baik dari pegawai atas segala tindakan dalam talent management di sebuah perusahaan, maka para karyawan akan lebih percaya diri akan masa depannya di perusahaan tersebut. Para karyawan akan menyadari kalau perusahaan yang menaunginya mempunyai beragam upaya talent management dengan pandangan yang positif pada para petinggi manajemen mereka.

Sehingga para pegawai sangat percaya, kalau para manajernya sangat efektif dalam pengelolaan beban dari pekerjaan. Selain itu, karyawan juga menganggap kalau perusahaan sangat merasa kalau kehadiran karyawan sangatlah penting.

Mayoritas perusahaan belum menerapkan talent management
Dari paparan di atas terlihat sangat penting atas pelaksanaan talent management pada setiap perusahaan.

Sayangnya dari hasil survei di sejumlah negara tersebut menunjukkan angka sangat memprihatinkan. Karena sebagian besar dari perusahaan yang menjadi objek penelitian di sejumlah negara ini, terbukti belum melakukan upaya guna memberikan motivasi yang baik bagi seluruh karyawanya.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Setidaknya hanya seperempat dari karyawan di sejumlah negara itu yang sangat percaya kalau perusahaan tempatnya bekerja memiliki tujuan yang jelas, memiliki feedback manajerial dan juga upaya pengembangan karir.

Jack Wiley selaku Direktur Eksekutif KRI menyatakan kalau setiap karyawan sangat berhak mengetahui ketentuan mendasar dalam sebuah perusahaan. Sehingga para pegawai mengetahui sistem kerja dan adakah kesempatan pengembangan karir demi masa depan yang lebih baik. Perusahaan yang profesional dan memiliki visi dan misi jelas, pastinya akan menerapkan talent management. Sehingga produktifitas meningkat, sehingga bisa bersaing dengan perusahaan lainnya terutama yang menjadi kompetitornya.

Tentunya penerapan talent management tidak semata-mata untuk lebih unggul dari para pesaing saja. Tapi juga mampu mengembangkan sumber daya manusia yang dimilikinya agar lebih baik dan loyal. Dengan begitu pengembangan kompetensi karyawan tidak hanya bersifat sementara atau jangka pendek saja, tapi juga berimbas besar dalam jangka panjang. Sehingga di setiap waktu produktifitas karyawan tetap terjaga.

Para perusahaan yang sangat memahami arti penting dari talent management, telah mengaplikasikannya dengan baik.

Sebenarnya dengan penerapan talent management secara benar menjadikan setiap perusahaan tidak akan mengeluh lagi mengenai kekurangan tenaga ahli yang berkompeten di bidangnya. Selain itu, perusahaan juga tidak akan membuang-buang anggaran besar hanya untuk menggelar rekrutmen atau penerimaan pekerja dan juga pelaksanaan pelatihan atau training.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!