Peran dan Tugas Utama Manajer HRD atau Job Desc HRD Manager

Peran Manajer HRD dalam peningkatan bisnis. Berbicara masalah peningkatan bisnis dalam suatu perusahaan memang tidak bisa membebankan pada satu departemen saja. Sejatinya seluruh departemen juga sangat memiliki pengaruh dalam peningkatan bisnis.

Namun, pembahasan disini mengacu pada bagaimana kita memahami fungsi dan peran manajer HRD dalam peningkatan bisnisdikarenakan banyak orang yang menganggap bahwa peran utama HRD terutama manajer HRD hanyalah mengurusi perekrutan karyawan untuk persahaan tersebut.

Padahal, manajer HRD adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perusahaan sehingga sangat mempengaruhi peningkatan bisnis suatu perusahaan. Untuk mengetahui lebih jelas apa Peran Manajer HRD dalam peningkatan bisnis, kami akan membahas semuanya secara menyeluruh melalui artikel ini.

Tugas Manajer HRD. Yang harus pertama kita ketahui adalah apa tugas dari manajer HRD itu sendiri. Jika kita sudah mengetahuinya maka dengan mudah kita bisa menganalisa bagaimana pengaruh peran manajer HRD dalam peningkatan bisnis.

Tugas utama dari seorang manajer HRD adalah memastikan bahwa departemenya mampu memaksimalkan kemampuan SDM dibawah bimbingannya.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Jadi bukan hanya berkutat pada perencanaan dan prekrutan SDM, melainkan melingkupi seluruh kegiatan yang berhubungan dengan pemeliharaan SDM di sebuah perusahaan. Membimbing karyawanya untuk melakukan serangkaian perencanaan, implementasi dan penilaian akhir atau evaluasi terhadap kinerja SDM merupakan Peran Manajer HRD dalam peningkatan bisnis.

Penilaian akhir atau evaluasi karyawan adalah hal yang tidak boleh dilupakan oleh perusahaan. Karena sebagai karyawan perusahaan haruslah memiliki kemampuan dan rasa tanggung jawab terhadapa terhadap tugas masing-masing. Maka dari itu diperlukan pengasahan keterampilan dan pelatihan agar masing-masing karyawan benar-benar menguasai apa yang telah menjadi tugasnya dan kinerjanya sebagai karyawan perusahaan tetap dalam kategori baik.

Nah, disinilah peran HRD selanjutnya untuk peningkatan bisnis suatu perusahaan. Bayangkan tentang adanya sebuah perusahaan yang karyawanya hanya bekerja sepanjang hari tanpa adanya pembekalan ilmu dan keterampilan. Maka tidak akan ada perkembangan pada SDM di perusahaan tersebut dan tidak mungkin pula terjadi peningkatan bisnis yang spesifik.

Selain berfokus pada kemampuan karyawan untuk mempertahankan dan meningkatkan kinerjanya, tidak upa seorang manajer HRD juga berkewajiban memberikan perlindungan secara hukum terhadap para karyawan agar karyawan merasa nyaman dan tenang dalam menjalankan setiap tugasnya.

Nah, dengan begini tentu secara tidak langsung kita bisa memahami apa Peran Manajer HRD dalam peningkatan bisnis. Dimana peningkatan bisnis sebuah perusahaan selain bergantung pada sistem yang baik dan terarah juga sangat bergantung pada tingkat SDM yang menjalankan sistem tersebut.
Rincian Tugas Manajer HRD

Rincian tugas dari manajer HRD menjadi salah satu pengaruh peningkatan bisnis dari sebuah perusahaan. Mulai dari selalu mengupdate rincian tugas setiap jabatan, mengkaji dan mengukur tingkat kepuasan dari karyawan. Semakin puas karyawan bekerja akan semakin meningkatkan kinerja karyawan sehingga nilai bisnis juga akan semakin meningkat.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Peningkatan bisnis sebuah perusahaan bergantung dari bagaimana kinerja karyawanya.

Jika karyawan perusahaan tersebut bekerja dengan baik maka nilai bisnis juga akan semakin meningkat. Sedangkan karyawan bekerja dipengaruhi oleh suasan kerja yang nyaman ditambah dengan besarnya perhatian pihak perusahaan terhadap kesejahteraan karyawan. Itulah yang membuat peran manajemen HRD sangat berhubungan dengan peningkatan bisnis perusahaan. Tugas manajer HRD memang berkutat diantara para karyawan mulai dari perekrutan, evaluasi hingga perlindungan khusus pada karyawan.

Kedisiplinan juga merupakan kunci utama dari nilai bisnis sebuah perusahaan. Memiliki karyawan yang rajin dan disiplin menjadi harapan dan impian seti