Peran Strategis Departemen HRD Bagi Kinerja Bisnis Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki divisi HRD. Divisi HRD adalah suatu bagian yang tidak bisa dipisahkan dari perusahaan. Berdirinya sebuah perusahaan selalu diikuti dengan divisi HRD yang memiliki fungsi menaungi sistem hubungan kerja antara pekerja dan juga perusahaan.

Kerja HRD selalu berkaitan dengan kesejahteraan karyawan baik yang sifatnya pendidikan maupun honor karyawan, perekrutan karyawan dan juga segala kebijakan yang berhubungan langsung dengan karyawan.

Kebijakan yang berkaitan dengan karyawan ini bisa berupa tunjangan kesehatan, kompensasi, pesangon, pelatihan kerja karyawan dan juga sistem komunikasi yang dijadikan landasan kerjasama antara karyawan dan perusahaan.

Mengingat begitu pentingnya keberadaan bagian HRD dalam sebuah perusahaan, maka orang-orang yang ada didalam bagian/ divisi HRD biasanya bukanlah orang biasa yang tidak memiliki kemampuan manajerial.

Biasanya orang-orang yang mengisi posisi HRD adalah orang pilihan dengan latar belakang pendidikan yang sudah ditentukan berdasarkan standar pendidikan minimal karyawan perusahaan.

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Selain itu orang-orang yang berada dalam bagian HRD harus memiliki kemampuan mumpuni dalam berinteraksi dengan sesama karyawan dan dalam menjalankan kebijakan terkait dengan aturan yang diterapkan perusahaan yang berhubungan langsung dengan karyawan.

Tanggung Jawab HRD
jika disebutkan tentang HRD maka yang terbayang dalam benak kita adalah sebuah bagian yang mengatur kontrak kerja antara karyawan dengan perusahaan. Karena itu tanggung jawab HRD sangat besar dalam sebuah perusahaan karena terkait dengan komunikasi yang berjalan antara karyawan dengan perusahaan.

Jika HRD sedikit saja melakukan kesalahan dalam menyampaikan maksud salah satu pihak, bisa dipastikan bahwa hubungan kerja tidak akan berjalan baik.
Peluang terjadinya ketidak puasan dan juga mogok kerja bahkan pemecatan secara sepihak semakin terbuka lebar jika hubungan antara karyawan dengan pihak perusahaan memburuk.

Untuk itu sangat penting memilih tim HRD yang cerdas dan komunikatif. Adapun tanggung jawab bagian HRD dalam sebuah perusahaan adalah membentuk/ membuat desain organisasi perusahaan, melakukan penilaian kinerja karyawan, mengatur karyawan, merencanakan tata cara penghargaan dan kompensasi serta pengembangan organisasi karyawan.

Uraian Tugas HRD
Tugas HRD sangat banyak mengingat tanggung jawab yang dipikulnya juga tidak ringan. Hal-hal yang menjadi tugas HRD adalah perluasan dari tanggung jawab yang diberikan kepada HRD. Dalam hal membentuk/ membuat desain organisasi perusahaan, tugas yang harus dilakukan oleh HRD adalah melakukan identifikasi fungsi pekerjaan, kompetensi karyawan dan juga keterampilan individu karyawan.

Selain itu HRD juga harus melakukan tinjauan segala permasalahan yang terjadi pada perusahaan, memberikan sebuah rekomendasi untuk perbaikan masalah dan jika diperlukan harus melakukan perubahan desain organisasi perusahaan.

Kumpulan SOP Lengkap Bagian HRD dan Contoh Soal Asesmen Kompetensi Kayawan. Download Sekarang.

Tanggung jawab pemetaan sumber daya yang melekat pada bagian HRD meliputi tugas-tugas yang antara lain adalah menganalisis kebutuhan karyawan dan juga staf, merekrut karyawan dan pengembangan yang dilakukan untuk kompetensi karyawan. Pemetaan sumber daya ini terkait langsung dengan tanggung jawab HRD yang berkaitan dengan manajemen kinerja karyawan.

Pemetaan yang dilakukan HRD haruslah sesuai berdasarkan kebutuhan perusahaan tanpa meninggalkan kompetensi yang dimiliki karyawan. Sehingga dengan pemetaan yang benar akan diperoleh sebuah analisis kinerja karyawan yang tepat. Penilaian kinerja yang adil dilakukan pada karyawan yang telah dipetakan sesuai dengan kemampuan dan latar belakang pendidikan yang dipenuhi oleh karyawan tersebut.

Dengan demikian kinerja karyawan dapat dinilai dengan bagus. Jikalau sampai ada karyawan yang kinerjanya tidak bagus, maka HRD hanya perlu melakukan peringatan/ sanksi indisiplin tanpa harus melakukan perombakan pada pemetaan sumber daya.

Tanggung jawab penghargaan yang dilekatkan pada HRD meliputi tugas-tugas yang berkaitan dengan upah atau honor karyawan.

Sebagai sebuah bagian terpenting dari perusahaan yang berhubungan langsung dengan karyawan, bagian HRD juga harus jeli dalam menjalankan kebijakan upah yang diterapkan perusahaan. Jika ternyata ada salah satu pihak yang dirugikan, tugas HRD untuk melakukan perbaikan yang harus disosialisasikan langsung kepada kedua belah pihak. Sehingga hubungan kerja yang terjadi berlangsung baik.

Catatan penting terkait dengan tugas dan tanggung jawab HRD adalah memastikan bahwa hubungan yang terjadi antara karyawan dan perusahaan berlangsung dengan baik dan mendatangkan banyak manfaat, tidak hanya manfaat untuk satu pihak melainkan untuk semua pihak. Sehingga keberlangsungan produksi perusahaan terjamin dengan baik begitu pula dengan kualitas hidup karyawan juga terjamin dengan baik.