Rekrutment dan Cara Mendapatkan Pekerjaan melalui LinkedIN

Strategi rekrutmen melalui LinkedIn mungkin masih asing untuk Anda. Adapun sebenarnya strategi rekrutmen ini merupakan salah satu hasil perkembangan pada proses rekrutmen karyawan.

Mungkin proses rekrutmen dulu masih menggunakan cara konvensional seperti memasang iklan di sejumlah surat kabar dan sortir CV.

Sejumlah cara tersebut memang bisa digunakan, tetapi tentunya sudah kurang efektif digunakan di jaman yang sudah semakin modern seperti sekarang ini.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada kini proses rekrutmen bisa berlangsung semakin mudah menggunakan alternatif berupa portal online job.

Perkembangan strategi rekrutmen ini pun seolah mengimbangi kebiasaan sejumlah calon kandidat karyawan yang kini didapati mulai berubah. Betapa tidak. Dulu calon kandidat karyawan cukup mudah tertarik dengan iming-iming pendapatan bulanan yang menjanjikan.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Akan tetapi, saat ini sepertinya calon kandidat karyawan juga sudah mulai mempertimbangkan ketenaran brand perusahaan dalam peranannya menarik calon kandidat.

Adanya perubahan kebiasaan sejumlah calon kandidat ini terlihat dari respon yang diberikan. Umumnya calon kandidat kini langsung mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya menenai profil perusahaan setelah mendapat panggilan dari pihak rekrutmen perusahaan. Dewasa ini tidak dipungkiri calon kandidat memang lebih senang didekati secara personal.

Hal ini karena para calon kandidat sudah memikirkan mengenai tawaran yang mungkin dijanjikan pihak perusahaan, alasan mengapa tawaran tersebut harus diterima, dan mengapa calon kandidat harus memilih perusahaan tersebut.

Dengan demikian, tim perekrut dari perusahaan sudah tidak boleh pasif menunggu bola. Tim perekrut karyawan perusahaan kini sudah harus semakin aktif menjemput bola supaya mendapat calon kandidat dengan kualifikasi yang baik.

Berkaitan dengan hal tersebut, tim perkerut harus mau dan mumpuni mencoba cara baru untuk merekrut karyawan. Adapun kini sudah tersedia platform yang menjanjikan kemudahan merekrut calon kandidat handal dan berkompeten. Plaffotm yang dimaksud tidak lain dan tidak bukan adalah LinkedIn. Platform ini mendukung untuk mencari calon kandidat handal dari 2,5 juta pengguna yang tersebar di seluruh penjuru tanah air.

Pihak perusahaan dapat menuliskan profil perusahaan, peluang pengembangan karir, testimoni karyawan, dan beberapa info penting yang dapat mendukung pembentukan branding perusahaan sehingga menarik calon kandidat. Oleh karena itu, tentu tidak ada salahnya mencoba strategi rekrutmen melalui LinkedIn.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Keunggulan Sistem LinkedIn
Mengapa strategi rekrutmen melalui LinkedIn harus dicoba? Hal ini karena ada sejumlah keunggulan yang dimiliki sistem LinkedIn. Sistem LinkedIn diketahui memiliki aplikasi tracking system.

Aplikasi tersebut dapat memungkinkan pihak perusahaan melakukan pantauan atau monitoring secara lansung mengenai perkembangan status calon kandidat dalam proses rekrutmennya. Aplikasi tersebut juga memungkinkan perusahaan melakukan search guna mengetahui posisi dengan memberi jangka waktu yang sudah ditentukan sebelumnya.

Sebagai contoh, perusahaan Anda tengah membutuhkan calon kandidat untuk mengisi posisi sales direktor dalam jangka waktu 2 bulan. Maka jika selama jangka waktu yang sudah ditetapkan terdapat ada calon kandidat dengan kualifikasi mumpuni akan masuk dalam run search yang tengah berlangsung.

Selain itu, tersedia juga template guna mengirim email secara personal kepada calon kandidat yang memiliki potensi tinggi untuk direktur.

Hebatnya lagi strategi rekrutmen melalui LinkedIn tidak hanya mendukung pencarian kandidat dari dalam negeri saja. Sistem LinkedIn juga mendukung pencarian calon kandidat dari beberapa negara lain. Hal in karena platform LinkedIn sudah didesain secara khusus guna memenuhi kebutuhan secara spesifik atau general dari perusaah yang membutuhkan rekrutmen karyawan baru.

Tidak heran bila akhirnya kini LinkedIn sudah menjadi salah satu jaringan yang profesional dan terbesar. LinkedIn pun kini dipercaya sebagai sumber berpotensial tinggi bagi sejumlah SDM yang menginginkan jenjang karir menjanjikan di dunia kerja.

Tidak kalah dengan sosial media, LinkedIn juga memiliki beberapa etika yang wajib diikuti. Beberapa etika tersebut meliputi penggunaan foto profil yang menunjukkan diri Anda, memposting info yang relevan dengan dunia bisnis, menuliskan nomor kontak asli yang bisa dihubungi, dan yang patut dihindari yaitu komentar-komentar negatif yang mungkin akan berpengaruh pada penilaian pribadi.

Hal ini tidak lain untuk memberi tampilan profil yang profesional dan bisa dipertanggungjawabkan. Cukup menarik bukan strategi rekrutmen melalui LinkedIn.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!