Strategi Rekrutmen Karyawan Level Manajer secara Optimal

Dalam merekrut manajer, tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan. Merekrut seorang manajer harus dilakukan dengan tepat supaya nantinya tak menimbulkan masalah yang signifikan. Inilah beberapa langkah yang harus dilakukan dalam rangka merekrut manajer baru tersebut.

Strategi pertama adalah dengan memberikan pengarahan kepada SDM manajer baru tersebut. Pengarahan awal bisa berupa bagaimana mengenai stuktur dan juga cara kerja perusahaan tersebut.

Hal ini nantinya akan memberikan pengalaman dan pengetahuan yang signifikan bagi manajer tersebut supaya nantinya mereka bisa mendapatkan sesuatu yang diinginkannya. Ditambah lagi, SDM yang diberikan pengetahuan basic mengenai perusahaan nantinya akan lebih mudah dalam mengembangkan ilmu yang dimilkinya tersebut saat dia benar-benar bekerja di lapangan.

Dengan adanya materi yang khusus untuk manajer pemula tersebut maka hal ini akan bisa membuat kinerja yang mereka miliki menjadi makin meningkat dan tentu saja memberikan manfaat yang sangat luar biasa bagi perusahaan terkait nantinya. Dalam memilih manajer tersebut tentunya harus dilihat seberapa cepat mereka dalam menangkap pengetahuan mengenai ilmu yang basic tersebut.

Dari sini nantinya akan bisa diketahui apakah pengetahuan yang mereka miliki tersebut akan mampu untuk memberikan banyak hal yang luar biasa bagi mereka atau tidak. Selain itu, hal ini nantinya juga akan membuat perusahaan tersebut mampu untuk menjalankan aktivitasnya dengan lebih baik lagi.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Lalu, strategi kedua adalah dengan memberikan pembelajaran kepada SDM tersebut mengenai aktivitas perusahaan tersebut secara menyeluruh. Secara tidak langsung ini akan membuat sang manajer menyadari bahwa dia adalah tulang punggung yang utama bagi perusahaan karena dialah yang harus mengatur bagaimana kinerja karyawan tersebut nantinya.

Dengan mengetahui bagaimana kinerja dari karyawan tersebut, tentu saja hal tersebut akan bisa membuat SDM semakin maksimal dan bisa diandalkan. Banyak sekali prestasi yang mungkin dimiliki oleh calon manajer tersebut akan tetapi jika dia tak mampu untuk memiliki penanganan manajemen yang baik saat bekerja di lapangan maka itu artinya sama saja.

Dia akan tidak mampu untuk menjalankan tugasnya dengan baik. Maka dari itu, dengan adanya pembelajaran mengenai hal ini maka sang SDM manajer juga akan tau bagaimana tata kelola perusahaan itu sendiri. Dia setidaknya juga harus tau bagaimana gambaran yang rinci mengenai hal tersebut sehingga nantinya tak menimbulkan masalah dalam perusahaan.

Ketiga, sangat penting bagi SDM manajer yang baru ini untuk dilatih dengan training. Jadi selain dilatih dengan teori, sang manajer tersebut juga harus dibimbing dengan latihan.

Sebagai manajer personalia anda bisa mencoba untuk memberikan kesempatan pada calon manajer tersebut untuk menunjukan kemampuannya dalam melakukan manajemen.

Apabila hal tersebut ternyata bisa dilakukannya dengan baik maka sudah pasti dia adalah kandidat yang potensial bagi perusahaan.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Apabila tak mampu untuk melakukannya maka sebaiknya sang manajer personalia berpikir dua kali untuk menggunakan jasa dari mereka tersebut. Tentu saja hal ini juga tidaklah mudah bagi sang SDM manajer yang baru tersebut, apalagi jika mereka sebelumnya tak pernah memiliki pengalaman.

Tapi dari sini nantinya mereka akan dilatih untuk menghadapi tantangan karena bagiamanapun juga tantangan dalam sebuah perusahaan itu sangat perlu agar sang manajer juga bisa menjadi pribadi yang tegar dan siap dalam mengambil keputusan.

Strategi yang keempat adalah mencoba untuk melakukan penilaian terhadap SDM manajer tersebut.

Manajer Personalia bisa mencoba untuk memberikan tes kepada sang manajer ini mengenai seberapa cepat dia bisa menyerap pengetahuan yang telah didapatkannya. Dengan demikian, mereka pun nantinya akan bisa mendapatkan kemudahan dalam melakukan aktivitas mereka tanpa harus bingung lagi dengan teori.

Mengenai wawasan yang luas mengenai perusahaan adalah hal utama yang harus dimiliki oleh sang manajer dan tentu saja hal tersebut akan mampu untuk membuat manajer itu sendir mampu untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan.

Dengan mengetahui strategi pelatihan bagi para manajer dengan baik dan benar maka hal ini akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi sebuah perusahaan tersebut nantinya. Alhasil, perusahaan pun juga tak akan merasa dirugikan karenanya.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!