Bagaimana Cara Mendapatkan Konsultan Manajemen Sumber Daya Manusia Yang Handal?

Telah kita ketahui bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) sangatlah penting dalam sebuah perusahaan. Sumber Daya Manusia memiliki tanggung jawab yang besar guna terwujudnya tujuan-tujuan secara maksimal, serta mendukung kemajuan sebuah perusahaan. Oleh sebab itu, setiap perusahaan memerlukan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang baik untuk mengatur Sumber Daya Manusia (SDM) tersebut. Akan tetapi tidak semua manajeman perusahaan mampu untuk menangani masalah atau para pekerja itu sendiri.

Hal tersebut menjadi kendala yang cukup krusial bagi perusahaan yang belum mampu menangani masalah yang berkaitan dengan Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga konsultan sangat dibutuhkan guna membantu menyelesaikan masalah ini. Konsultan merupakan seorang ahli yang bertugas memberikan saran, petunjuk, serta nasihat dalam berbagai kegiatan. Konsultan tersebut merupakan pihak atau lembaga yang tidak termasuk lembaga internal perusahaan yang membantu perusahaan dalam pengelolaan tenaga kerja untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut.

Konsultan merupakan salah satu faktor penting dalam menangani para tenaga kerja agar mampu bekerja secara optimal. Jika dibandingkan dengan melakukan evaluasi serta pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) secara mandiri, maka akan dibutuhkan waktu yang relatif lebih lama jika dibandingkan dengan menggunakan jasa konsultan. Serta tidaklah mudah untuk bisa mengatur semua hal dalam sebuah perusahaan dan pengembangan SDM tanpa adanya bantuan konsultan manajemen sumber daya manusia.

Lalu bagaimanakah cara mendapatkan konsultan manajemen sumber daya manusia yang andal. Sehingga masalah-masalah tersebut di atas dapat terorganisir dan selesai dengan baik. Berikut beberapa cara yang telah kami rangkum.

1. Kompeten

Seorang konsultan harus selalu bersikap profesional. Namun, tak jarang mereka cukup sulit sulit dicari. Oleh karena itu harus pintar-pintar dalam memilih seorang konsultan. Tapi jangan khawatir, ada masalah pasti ada solusi. Jika Anda sedang mencari seorang tenaga konsultan yang profesional, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat cara kerjanya.

Seorang konsultan yang kompeten akan melakukan kerja secara terstruktur dan memberikan solusi yang tepat. Sementara kinerja seperti itu biasanya didapat dalam waktu yang tidak sebentar. Sehingga, para konsultan yang sudah memiliki jam terbang tinggi dianggap lebih berpengalaman dan profesional dalam menangani masalah-masalah dalam sebuah perusahaan.

2. Reputasi yang baik

Konsultan manajemen sumber daya manusia yang andal biasanya memiliki reputasi yang baik. Anda harus mencari yang memiliki reputasi yang baik. Biasanya mereka sudah sangat berpengalaman dalam menangani klien dari berbagai perusahaan. Mereka memiliki nama yang baik karena perusahaan-perusahaan yang cukup disegani pernah menyewa jasanya. Jadi, reputasi yang baik sangat penting dalam mencari konsultan yang kompeten.

3. Tarifnya terjangkau

Menyewa jasa konsultan manajemen sumber daya manusia yang profesional dan memiliki reputasi baik tidak selalu harus yang mahal. Karena jika seperti itu, hal tersebut malah akan membebani Anda. Tarif yang terjangkau merupakan hal yang penting, apalagi jika perusahaan atau lembaga yang Anda miliki baru berkembang atau termasuk dalam kelas menengah ke bawah. Sewalah jasa konsultan yang memiliki tarif terjangkau. Sehingga, dana untuk membayar konsultan tersebut tidak melebihi dana anggaran yang Anda miliki.

Slide1

Setelah cara-cara di atas telah Anda lakukan, maka Anda harus bisa menerapkan dengan baik pada perusahaan Anda. Sehingga persoalan yang terdapat dalam perusahaan Anda akan segera selesai dan berubah ke arah yang lebih baik.

Lalu bagaimana agar kita mendapatkan tenaga konsultan yang kompeten, reputasinya baik dan tarifnya terjangkau?

1. Anda harus bertanya pada orang yang pernah menyewa jasa konsultan manajemen sumber daya manusia. Mereka setidaknya tahu seluk-beluk dalam mendapatkan konsultan yang baik. Tentunya mereka juga harus paham tentang bidang ini. Anda bisa menjadikan informasi ini sebagai referensi yang bermanfaat, dengan begitu Anda akan memperoleh konsultan yang profesional.

2. Manfaatkan teknologi

Zaman sekarang semua sudah serba digitalisasi. Bahkan belanja pun sekarang orang lebih memilih online. Anda pun juga bisa memanfaatkan digitalisasi ini untuk mencari konsultan manajemen sumber daya manusia. Cari konsultan melalui internet dengan cara menggunakan search engine biasa kita menggunakan mesin pencarian seperti Google, Yahoo, dan sebagainya. Hal ini akan membantu Anda dalam mencari konsultan. Akan ada beberapa pilihan website yang bisa Anda kunjungi. Di sana Anda bisa menemukan konsultan manajemen sumber daya manusia yang cocok sesuai kriteria.

3. Mencaritahu dari perusahaan lain

Tak hanya melalui teman, kerabat atau mesin pencari. Anda pun bisa menemukan informasi dari perusahaan lain. Beberapa rekan bisnis Anda bisa saja memberitahu di mana harus mendapatkan konsultan yang bagus reputasinya. Anda bisa bertanya dengan mereka, jangan malu untuk bertanya demi mendapatkna konsultan manajemen sumber daya manusia yang berkualitas. Bisa jadi mereka sudah pernah menyewa jasa konsultan yang terpercaya. Sehingga perusahaan mereka kini kian berkembang dan maju berkat saran dari konsultan tersebut.

Di bawah ini beberapa macam konsultan manajemen sumber daya manusia yang dapat Anda gunakan sebagai referensi bagi perusahaan Anda.

1. Trimitra Konsultan Manajemen

a.Menyediakan jasa yang akan membantu dalam perumusan rancangan strategis guna pengembangan organisasi.

b. Bertugas memimpin satuan tugas pelaksana.

c. Membantu mengembangkan organisasi dan analisa jabatan.

d. Merancang sistem pendapatan perusahaan

e. Melakukan manajemen audit

f. Melakukan riset pasar, dan

g. Mengembangkan strategi pemasaran dan bertindak sebagai pelatih eksekutif probadi para direktur pengelola

2. Cognosenti Consulting Grup

a. Membantu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa konsultasi manajemen sumber daya manusia. Disebut juga sebagai HR Organizational Management.

b. Melakukan evaluasi dan peningkatan kinerja sumber daya manusia (SDM) dalam sebuah organisasi atau perusahaan, sehingga mampu mencapai tujuan yang diharapkan.

c. Menyediakan jasa konsultasi sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) dan menggunakan aplikasi otomatisasi bisnis.

d. Melakukan pengembangan sumber daya manusia dengan metode penerapan balanced scored application.

e. Melaksanakan pelatihan motivasi, kepemimpinan (leadership) supervisory management, komunikasi, dan pelatihan lainnya.

3. PMC (Pinnacle Management Consulting)

a. Memiliki program untuk pengembangan manajemen sumber daya manusia, seperti consulting, coaching, training dan recruitment.

b. Program unggulan seperti The Coaching Workshop yang telah mendapatkan persetujuan dari ICF. Program ini berfungsi untuk meningkatkan potensi dan kemampuan untuk memberdayakan serta pengembangan sumber daya alam (SDM) melalui pelatihan.

c. Program Team Effectiveness, merupakan program pembangunan tim kerja atau organisasi yang ada di perusahaan atau organisasi. Caranya dengan meningkatkan komunikasi, keterbukaan, kolaborasi, rasa kepemilikan dan komitmen terhadap perusahaan.

4. Ibiz Coach

a. Menyediakan jasa pengembangan SDM, in house training, motivasi usaha dan pelatihan sumber daya manusia (SDM) untuk perusahaan swasta maupun pemerintah.

b. Merupakan perusahaan yang berafiliasi dengan perusahaan jasa konsultasi besar dunia seperti Certified Coach Federation (CFC) dan International Coach Federation (ICF)

c. Bekerja secara praktis dengan empat prinsip kekuatan dasar SDM, yaitu kekuatan modal-spiritual, kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan kekuatan secara fisik.

d. Memiliki program, antara lain: 1 On 1 Business Coaching, Group Business Coaching, In House Training, Life Coaching, Excecutive Training, dan Custom.

Slide1

Slide1