Bagaimana Cara Menyusun Manpower Planning secara Optimal?

Tahukah Anda bagaimana cara menyusun manpower plaining atau perencanaan tenaga kerja? Jika anda ingin membangun perusahaan maka yang terpenting adalah menentukan bagaimana cara menyusun perencanaan tenaga kerja.

Ada banyak sekali tahapan yang harus Anda ketahui dan juga harus diurusi dan semua harus sudah beres sebelum perusahaan tersebut didirikan. Dengan begitu maka perencanaan akan lebih matang sehingga perkembangan perusahaan juga menjadi lebih lancar.

Untuk mengetahui mengenai cara menyusun manpower plaining akan dijelaskan secara rinci seperti berikut ini.

Cara menyusun manpower plainning yaitu:

1. Kualitas pegawai
Salah satu cara menyusun manpower planning adalah dengan cara mengetahui kualitas pegawai. Apabila Anda ingin mengetahui mengenai kualitas pegawai maka yang dapat dilakukan dengan cara melakukan tes bik tertulis atau wawancara ketika pendaftaran dibuka. Kemudian langkah selanjutnya yang tak kalah penting adalah dengan melakukan training bagi karyawan baru.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Training ini dapat diawali dengan pengenalan lingkungan kerja, pekerjaan yang akan dikerjakan dan juga gols yang akan diraih. Jangan lupa pada bagian marketing gunakan tahap wajib militer agar ketahanan dan mental terbentuk dengan baik.

2. Menentukan posisi setiap pegawai
Anda dapat menentukan posisi pegawai setiap posisi jabatan. Pastikan bahwa jabatan yang diemban dipegang oleh orang yang berkompeten dibidangnya. Adapun tujuan memilih karyawan yang berkompeten dibindangnya adalah agar jalannya perusahaan bertambah maju dan lancar kedepannya.

3. Koordinasi pekerjaan
Setiap pekerja haruslah diberikan kesempatan untuk menanyakan hal apa saja yang belum diketahui. Selain itu ada baiknya jika seorang pimpinan mengkoordinasikan setiap pekerjaan yang ada agar semua pekerjanya berjalan dengan lancar.

4. Menilai kinerja karyawan
Jika Anda sebagai atasan buatlah pakem atau aturan yang berlaku untuk setiap penilaian kepada karyawannya. Dengan dinilai dengan baik maka akan lebih mudah untuk mengetahui karyawan yang potensial.

Karyawan potensial ini akan diperlukan saat ada kenaikan jabatan. Saat itu Anda sebagai atasanya dapat merekomendasikan karyawan tersebut untuk menduduki jabatan yang kosong.

5. Pedoman tenaga kerja
Dengan menyusunnya telebih dahulu maka pedoman tenaga kerja akan makin mudah dilakukan. Hal ini akan mendorong untuk dapat menjadi pedoman tenaga kerja selain menjadi lebih mudah untuk menetapkan kebijakan dan juga dapat dengan mudah dijadikan pedoman kepada semua karyawan.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Setelah Anda mengetahui cara menyusun manpower plaining maka selanjutnya lakukan langkah berikutnya untuk lebih memajukan perusahaan yang dikelola. Adapun cara memajukan perusahaan yaitu dengan merencanakan tenaga kerja. Berikut ini cara merencanakan tenaga kerja yaang harus Anda ketahui yaitu:

• Pengolahan data
Langkah pertama adalah dengan melakukan pengolahan data yang tepat saat memulai bekerja. Pengolahan data tersebut meliputi berbagai pekerjaan seperti penaatan dalam data, menelaah data dan juga menghitung data dan juga menghitung data.

• Kepegawaian
Ada baiknya jika Anda mengurus juga mengenai kepegawaian. Adapun kepentingan mengenai kepegawaian yaitu mengani dana untuk pensiun, dana yang diberikan mengenai dana ketika karyawan sedang resain dan juga asuransi yang harusnya diberikan kepada para pegawai. Hal ini harus diperhatikan karena semua yang dilakukan harus sesuai dengan peraturan yang ada mengenai perlindungan pegawai.

• Kebutuhan pegawai
Anda juga harus mengetahui mengenai kebutuhan yang diinginkan pegawai. Kebutuhan itu biasanya meliputi urusan gaji karyawan dan beberapa tunjuangan yang harus diberikan misalnya keselamatan kerja. Gaji karyawan ini diberikan sesuai dengan beban kerja yang diberikan dan harus dikerjakan disetiap karyawannya.

• Susunan kepegawaian
Untuk menjaga keharmonisan dan menghindari adanya nepotisme maka sebaiknya dilakukan susunan pegawai. Susunan pegawai yang dimaksud yaitu seleksi masuk dan menghindari membawa orang melalui orang dalam.

Semuanya harus disusun secara rapi mulai dair perekrutan, tes seleksi, training, penempatan posisi, pensiun dan masih banyak lagi lainnya.

Setelah cara menyusun manpower planning diketahui ada baiknya lakukan dengan baik dan penuh perhitungan agar perusahaan yang dikelola dapat berjalan dengan baik. Perusahaan yang dikelola dengan baik akan mendatangkan keuntungan yang besar untuk memakmurkan seluruh anggota perusahaan dan pemiliknya. Perusahaan pun dapat bertahan hingga waktu yang lama untuk mendapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!