Cara Melakukan Strategi Rekrutmen Kampus yang Efektif

Pernahkah Anda mengetahui mengenai proses tahapan rekrutment kampus? Banyak sekali perusahaan yang mencari tenaga ahli yang berkompeten pada bidang yang di inginkan perusahaan dengan mencarinya dengan lulusan terbaik di kampus-kampus.

Hal ini di lakukan agar perusahaan mendapatkan orang yang tepat untuk memajukan perusahaan melalui berbagai pemikiran yang di butuhkan perusahaan.

Maka dari itu perekrutan yang di lakukan juga tidaklah sembarangan. Ada beberapa tahapan yyang biasanya di lakukan dalam perekrutan karyawan tersebut. Apabila Anda ingin mengetahuinya ada baiknya jika mengikuti artikel ini hingga selesai.

Proses tahapan rekrutmen kampus yaitu :

1. Pemilihan melalui pihak kampus
Biasanya pemilihan mahasiswa berprestasi yang akan menjadi rekrutment kampus mengenai orang yang berpretasi di dalam kampus. Dengan begini maka perusahaan akan mendapatkan orang yang berprestasi yang akan di cari untuk mengisi berbagai posisi strategis yang ada di perusahaan mereka. Pemilihan di lakukan di dalam kampus dengan meminta rekomendasi dosen atau pihak kampus selaku orang yang menilai setiap mahasiswanya.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

2. Seleksi calon karyawan
Pihak kampus akan menyeleksi pihak mahasiswa yang di rekomendasikan oleh pihak kampus.

Tes yang di lakukan pun bertahap mulai dari tes psikologi hingga tes wawancara. Dari semua tes yang di ikuti maka perusahaan akan menjadi semakin yakin mengenai seleksi calon karyawan yang akan di terima di dalam perusahaannya. Pemilihan ini pun tidak dapat di lakukan secara sembarangan karena perlu di lakukan secara detail dan juga teliti.

3. Pemilihan kandidat
Setelah semua berjalan dengan lancar dan di dapatkan beberapa kandidat yang tentunya telah berkompeten.

Ada baiknya pemilihan posisi menurut kemampuan yang terdapat di dalam setiap mahasiswa. Yang di butuhkan oleh perusahaan adalah seseorang yang memiliki daya juang dan juga kemandirian untuk dapat berproses ke arah yang lebih baik. Semua di lakukan agar menjadi lancar dan juga semakin baik jalannya perusahaan.

4. Negosiasi gaji
Biasanya mahasiswa yang telah di terima akan mendapatkan pilihan mengenai negosiasi gaji yang di butuhkan. Negosiasi ini terletak pada gaji yang akan di terima sesuai dengan jabatan yang di pegang. Dengan begitu maka semua akan menjadi lebih transparan dan juga membuat mahasiswa tersebut lebih giat dalam melakukan pekerjaan yang di inginkan.

Setelah Anda mengetahui semua yang di jadikan sebagai tahapan mengenai proses tahapan rekruitmen kampus ada baiknya kita melangkah ke hal yang selanjutnya. Ada beberapa faktor yang mendasari pencarian pekerja atau karyawan melalui cara seperti ini.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Adapun faktor yang mendasari pencarian karyawan yang di lakukan oleh perusahaan yaitu :

• Tersedianya pencari kerja yang melinmpah di bandingkan dengan lapangan pekerjaan itu sendiri membuat perusahaan lebih menetapkan standar yang tinggi. Hal ini dapat di lihat dengan lebih selektif dan juga lebih mudahnya perusahaan mencari seseorang yang lebih berprestasi dan muda agar lebih mudah di arahkan untuk memajukan perusahaan.

• Dengan kredibilitas yang di miliki sebuah perusahaan tentulah akan sangat mudah sebuah perusahaan mencari lapangan pekerjaan yang di inginkan. Hal ini karena semua orang yang mengetahui adanya pembukaan lowongan di perusahaan yang di anggap bonafit tentunya sangat menginginkannya.

• Kurangnya tenaga ahli yang di butuhkan perusahaan untuk memajukan perusahaannya. Dengan merekrut langsung ke kampus-kampus maka perusahaan akan mendapatkan angin segar baru yang dapat melakukan pembaharuan di bidang-bidang yang di anggap penting oleh perusahaan.

• Dengan lulusan yang memiliki kualitas yang bagus maka akan sangat sayang rasanya apabila tenaga dan pikirannya tidak di jalurkan ke arah pengembangan kualitas perusahaan.

Gaji yang di berikan untuk tenaga yang baru saja lulus juga sangatlah murah di bandingkan orang yang sudah berpengalaman dalam bidangnya bertahun-tahun lamanya.

Dengan cara ini pula maka perusahaan juga dapat di katakan sebagai penghematan anggaran namun tetap mendapatkan tenaga ahli. Untuk mengasah keahlian tidaklah di butuhkan waktu yang lama. Dengan begitu perusahaan akan mendapatkan untung yang maksimal dalam bidang perekrutan karyawan yang ahli dalam bidang yang akan di gelutinya.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!