Cara Menyusun Materi Pelatihan Manajemen dan Pelatihan Bisnis

Ada berbagai jenis pelatihan yang sebaiknya diikuti atau dilaksanakan oleh sebuah perusahaan atau organisasi. Jenis pelatihan yang berbeda menyasar hal yang berbeda pula, yang semuanya dimaksudkan untuk peningkatan kualitas dari orang-orang yang ada di dalam organisasi tersebut, demi kemajuan bersama.

Salah satu jenis pelatihan yang umum diikuti adalah pelatihan bisnis atau pelatihan yang menyangkut segala aspek mengenai menjalankan sebuah bisnis agar bisa berjalan semaksimal mungkin.

Ada berbagai metode yang bisa dipilih dalam memberikan pelatihan bisnis seperti ini dan masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri yang perlu dikaji lebih dulu untuk menentukan metode apa yang paling tepat untuk perusahaan tersebut.

Metode yang bisa dipilih meliputi:

Metode pengajaran dalam kelas
Metode ini mengharuskan peserta pelatihan untuk ikut berpartisipasi dalam sebuah kelas atau seminar dengan seorang pembicara yang ahli dibidangnya

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Metode web seminar training
Metode ini menggunakan software pengajaran khusus dimana para peserta pelatihan akan menjadi peserta pasif yang hanya mengikuti training tersebut tanpa ada kesempatan untuk berinteraksi dengan pengajarnya

• Metode off the job dan on the job training
Metode off the job memberikan kesempatan bagi para peserta untuk belajar di luar lingkungan kerja sementara on the job training mengharuskan para peserta untuk belajar dalam sebuah kondisi yang dibuat semirip mungkin dengan lingkungan kerja yang sebenarnya

Khusus untuk jenis pelatihan bisnis yang akan diikuti itu sendiri sangatlah bervariasi, tergantung dari topik atau area dari sebuah bisnis yang ingin ditekuni lebih dalam.

Menjalankan sebuah bisnis meliputi begitu banyak hal mulai dari produksi, pemasaran, promosi, penggunaan media untuk mempromosikan bisnis tersebut dan masih banyak lagi hal yang lainnya. Hal pertama yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik bisnis adalah menentukan area bisnis mana yang ingin mereka gali lebih dalam agar bisa memilih jenis pelatihan yang akan dilaksanakan atau akan diikuti.

Beberapa jenis pelatihan dalam lingkup bisnis yang sekarang sedang berkembang pesat adalah pelatihan yang memfokuskan pada upaya untuk mensukseskan upaya penjualan.

Pelatihan seperti ini juga meliputi banyak topik, misalnya saja pelatihan dalam memaksimalkan internet marketing, pelatihan untuk melakukan presentasi produk, pelatihan cara penggunaan sosial media untuk tujuan marketing dan ber bagai jenis pelatihan lainnya.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Ada juga jenis pelatihan bisnis yang berbicara mengenai aspek yang lain, dalam hal ini pelatihan yang ditujukan untuk para pemula atau untuk mereka yang baru saja memulai usaha mereka. Pelatihan-pelatihan seperti ini lebih banyak berbicara mengenai topik dasar dari memulai dan mengembangkan sebuah bisnis. Beberapa contoh materi yang umum ditemukan dalam pelatihan seperti ini adalah:

• Cara menemukan ide usaha yang tepat
• Cara mencari modal usaha
• Memahami dasar-dasar dari ilmu pemasaran

• Cara menyusun strategi praktis dalam setiap aspek bisnis mulai dari pembuatan produk, pengemasan, penetapan harga, cara distribusi serta cara promosi yang efektif

• Pelatihan pembuatan rencana bisnis yang sederhana
• Pelatihan motivasi untuk menjadi pengusaha yang pantang menyerah

Masih banyak lagi tema atau topik yang bisa diliput dalam sebuah pelatihan bisnis dan tema-tema diatas hanyalah sebagian kecil daripadanya. Hal yang perlu dipahami oleh setiap pebisnis ataupun calon pebisnis adalah inti dari semua pelatihan tersebut.

Pelatihan bisnis hendaknya mampu meningkatkan kapasitas dan kemampuan dari para pesertanya, sehingga bisa meningkatkan produktivitas kerja yang nantinya akan berdampak positif bagi bisnis tersebut.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!