Cara Menyusun Sistem dan Kebijakan Remunerasi yang Tepat

Ada beberapa komponen yang harus diperhatikan sebelum sebuah perusahaan melakukan kebijakan remunerasi. Hal ini jelasdikarenakan kebijakan tersebut terkadang akan membuat banyak orang merasa keberatan apabila tak sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Maka dari itu, dengan memahami beberapa poin yang ada dibawah ini maka keberlangsungan dari kebijakan remunerasitersebut akan diterima oleh semua kalangan dan ini tentunya akan mencegah konflik seperti demo di kemudian hari.

Langkah awal dalam menyusun kebijakan remunerasi adalah dengan melihat apakah karyawan tersebut memang perlu untuk mendapatkan benefit atau gaji tambahan dari apa yang telah dilakukannya.

Hal ini bisa dilihat dari seberapa besar kontrbusi yang telah dilakukannya kepada perusahaan. Apabila mereka mampu untuk melakukannya dengan baik dan benar dan perusahaan mendapatkan omset besar maka sudah pasti dengan adanya kebijakan remunerasi ini mereka memang layak untuk mendapatkannya.

Justru jika tak ada kebijakan remunerasi yang dilakukan maka hal ini akan menimbulkan keresahan kepada karyawan. Mereka akan merasa bahwa sudah melakukan yang terbaik kepada perusahaan akan tetapi pada kenyataanya penghargaan yang mereka terima ternyata tidak sepadan dengan usaha yang telah mereka lakukan tersebut.

Jika hal ini terus terjadi akan membuat performa dari karyawan semakin menurun dan perusahaan akan diambang collapse karena pada kenyataanya sebuah perusahaan akan dianggap bisa melakukan yang terbaik apabila mereka mampu untuk membuat karyawannya sejahtera dengan adanya kebijakan remunerasi yang adil.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Kedua, langkah lanjutan untuk semakin mempermudah keberlangsungan dari kebijakan remunerasi yang sinergis adalah dengan melihat seberapa besar perfoma yang dimiliki oleh karyawan tersebut.

Ada kalanya mereka mungkin akan memiliki performa yang kurang bagus dibandingkan dengan yang lainnya. Apabila mereka memiliki performa yang bagus maka perusahaan memiliki hak untuk memberikan penghargaan kepada karyawan tersebut. Dalam hal ini reward akan mampu untuk membuat karyawan merasa puas dan pada akhirnya mereka akan berjuang lebih lagi untuk berkompetensi dengan karyawan lainnya supaya nantinya bisa mendapatkan reward lagi.

Sudah pasti adanya kebijakan remunerasi ini juga akan mampu untuk membuat perusahaan tersebut terkenal karena sudah memberikan yang terbaik bagi karyawannya. Pada kenyataanya memang sangat penting bagi karyawan untuk memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Hal tersebut tentunya akan mampu untuk membuat mereka mudah untuk melakukan semuanya dengan semangat.

Ketiga, kebijakan remunerasi juga bisa dilakukan dengan rapat terlebih dahulu. Tentunya ada beberapa poin yang harus diketahui sebelum membuat kebijakan yang satu ini .Salah satunya adalah apakah nantinya perusahaan akan tidak mengalami pengurangan keuangan usai memberikan reward kepada banyak karyawan.

Semua harus dihitung dan dipertimbangkan ulang sehingga nantinya bisa ketemu berapa reward yang seharusnya didapatkan oleh karyawan tersebut. Misalnya ada seorang karyawan yang rajin untuk lembur setiap harinya dan dari lemburnya tersebut memang dia memiliki performa yang baik dan mampu menambahkan nilai bagi perusahaan.

Inilah yang membuat kebijakan remunerasi sangat penting untuk diberikan kepada karyawan tersebut. Selanjutnya, perusahaan juga harus menghitung berapa jumlah uang yang harus diberikan kepada para karyawan yang performanya bagus tersebut. Semua itu tentunya juga harus dikalikan dengan berapa jumlah seluruh karyawan yang ada di perusahaan itu.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Keempat, tentunya kebijakan remunerasi sama saja dengan sistem balas jasa yang mana artinya adalah hal tersebut memang harus dilakukan oleh perusahaan dan ini tak menunjukan bahwa mereka ingin mengambil keuntungan untuk diri mereka sendiri.

Perusahaan yang demikian itu akan mampu membuat nama mereka semakin terkenal dan ini justru bukannya membuat perusahaan tersebut semaki melorot reputasinya namun semakin meningkat reputasinya karena banyak orang yang akan membicarakan bahwa perusahaan tersebut memilikikebijakan remunerasi yang baik dimana kesejahteraan dan juga kebahagiaan dari para karyawan yang bekerja amat sangat diperhatikan.

Hal tersebut tentunya juga akan mampu membuat perusahaan tersebut mampu untuk berkembang dengan baik dan pesat. Selain itu, peru adanya komunikasi dengan para petinggi perusahaan agar kebijakan remunerasi tidak sampai membuat perusahaan merugi dan mengalami pengurangan pemasukan secara signifikan.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!