Strategi Talent Management di Bank Mandiri

Talent Management di Bank Mandiri harus di jalankan agar Bank Mandiri menjadi Bank terbaik di Indonesia.

Talent Management adalah sebuah pengolahan peningkatan kemampuan sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan.

Pengembangan kemampuan karyawan tentu diharapkan oleh sebuah perusahaan. Bank Mandiri yang merupakan salah satu bank ternama di Indonesia tentu akan selalu memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen. Untuk memenuhi hal tersebut dibutuhkan sumber daya manusia yang mampu bekerja dengan baik dan berkualitas.

Sebuah bank tanpa adanya talent management tentu akan selalu berada di level yang sama, tidak dapat berkembang dan bahkan bisa menurun kualitas bank tersebut. Persaingan pasar merupakan alasan utama mengapa suatu perusahaan harus selalu berkembang. Tugas untuk peningkatan kemampuan karyawan ini adalah tanggung jawab dari departemen SDM atau sering disebut dengan HR departemen.

Cara pengembangan karyawan diperusahaan
Talent Management di bank Mandiri sendiri mempunyai dua keuntungan bagi para pekerja, kemampuan atau skillnya akan bertambah. Sedangkan bagi perusahaan sendiri tentu kualitas pekerjaan di dalam perusahaan akan bertambah.

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Bank Mandiri merupakan bank program pemerintah berdiri pada tanggal 2 Oktober 1998. Banyak sekali program pemerintah yang mempunyai keterkaitan dengan bank Mandiri, contohnya seperti pembayaran BPJS dan berbagai program pemerintah lainnya. Dengan banyak program tersebut tentu karyawan bank Mandiri harus selalu siap berhadapan dengan nasabah. Dalam proses talent Management ini, bagian HR departemen harus mempunyai rencana yang matang.

Berikut adalah beberapa cara HR Departemen untuk mengembangkan talent Management di perusahaan :

1. Memulai dengan yang berpengalaman
HR departemen di suatu perusahaan baru dapat memulai sumber daya manusia yang sudah berpengalaman. Dengan karyawan yang berpengalaman perusahaan akan dapat segera bergerak dengan cepat.

Namun biasanya diperlukan anggaran yang lebih besar orang yang mempunyai pengalaman tertentu akan memasang patokan gaji yang cukup tinggi. Sebetulnya dengan strategi memasukan orang yang sudah berpengalaman ini cukup baik, tapi harus melihat faktor finansial perusahaan juga.

Apakah keputusan tersebut segera mendapatkan keuntungan atau tidak. HR departemen harus mengetes kemampuan orang berpengalaman tersebut sebelum bekerja. Saat ini banyak sekali penipuan orang sudah mengaku bekerja lama tapi nyatanya adalah seorang pengangguran.

2. Mengembangkan SDM yang sudah ada
Berbeda dengan cara pertama di mana HRD tidak begitu membimbing orang yang sudah berpengalaman tersebut, HRD cukup mengawasi dan menjaga kinerjanya tetap bagus sudah cukup. Cara talent Management berikutnya adalah mengembang skill para pekerja yang sudah ada di dalam perusahaan.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Dengan cara ini HRD harus bekerja lebih keras, HRD harus menyiapkan semua sesuatunya untuk dapat meningkatkan keterampilan karyawan tersebut.

Cara untuk meningkatkan skill karyawan tersebut banyak sekali contohnya memberikan pelatihan-pelatihan, dan memberikan sedikit tekanan berupa pekerjaan di atas tingkatannya pekerjaannya selama ini kepada karyawan.

Dapat pula memberikan iming-iming gaji dapat naik bila mampu mengerjakan tugas yang akan diberikan. Dengan gaji yang dapat naik tersebut karyawan berupaya untuk menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh, HRD harus memberikan tugas yang dapat menaikkan kemampuannya.

3. Menambah SDM
Perusahaan yang makin berkembang tentu akan membutuhkan penambahan karyawan lagi di Bank Mandiri hal ini bisa terjadi. Solusi HRD yang tepat adalah mengajukan izin penambahan jumlah karyawan untuk memaksimalkan pekerjaan kepada pemimpin unit ataupun direksi bank Mandiri. Perekrutan karyawan baru ini harus tepat sasaran.

Manfaat talent Management bagi perusahaan
Seperti yang sudah dijelaskan talenta manajemen memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Selain mutu kinerja di perusahaan menjadi meningkat, ada beberapa keuntungan lainnya. Keuntungan apa saja yang didapatkan,berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh perusahaan :

1. Penghematan finansial perusahaan
HRD bank mandiri tidak perlu merekrut karyawan baru dengan pengalaman jika tidak sangat membutuhkan. Merekrut karyawan baru tentu lebih memperkecil pengeluaran perusahaan karena karyawan baru tanpa pengalaman tersebut tentu mau dibayar dengan gaji rata-rata perusahaan.

Sedangkan karyawan yang mempunyai pengalaman selalu meminta gaji yang tinggi. Karyawan baru ini tentu dapat di kembangkan menjadi karyawan yang berpengalaman dengan cara memberikan program pelatihan yang dapat diikuti.

2. Perampingan karyawan
Dengan program talent management yang dilakukan HRD tersebut tentu akan membuat karyawan mempunyai kemauan yang hebat, hal tersebut dapat disimpulkan tidak perlu menambah karyawan. Dikarenakan dengan program talenta management di bank Mandiri tersebut membuat satu karyawan memiliki kemampuan lebih dari satu orang.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!