Pelatihan Persiapan Pensiun Karyawan

Pensiun merupakan proses perubahan yang sangat wajar dalam kehidupan seseorang. Namun demikian, ternyata tak semua orang merasa siap untuk menghadapai masa-masa pensiun di mana mereka tidak lagi menjadi pegawai ataupun karyawan dari sebuah perusahaan ataupun instansi. Padahal, pensiun bukanlah akhir dari segala hal karena tahapan ini sepertinya mau tidak mau memang harus dihadapi dan dijalani bagi siapapun yang berkarir dalam suatu perusahaan ataupun instansi.

Pandangan setiap orang terhadap masa pensiun bisa saja berbeda antara satu dengan lainnya. sebagian orang ada yang memandang pensiun sebagai masa untuk bisa menikmati waktu dengan aktivitas yang baru, memulai usaha sesuai dengan bakat yang dimiliki, mengembangkan minat, menyalurkan hobi, serta kesempatan untuk bisa menikmati waktu untuk bisa berkumpul dengan keluarga.

Namun demikian, tak sedikit pula orang yang memang pensiun dengan pandangan yang negatif karena mereka akan kehilangan jabatan, fasilitas yang dimiliki menjadi berkurang, pendapatan menurun, ataupun pikiran-pikiran buruk lainnya yang membuat mereka menghadapi pensiun sudah menjadi hal yang sangat mengerikan.

Berbagai pandangan negatif tentang pensiun tersebut bisa muncul karena tidak adanya kesiapan karyawan menghadapi masa-masa pensiun itu sendiri. Inilah mengapa, karyawan perusahaan ataupun para pegawai instansi perlu mendapatkan pelatihan persiapan pensiun bagi mereka yang sebentar lagi akan memasuki masa pensiun. Melalui pelatihan tersebut, para karyawan dan pegawai akan lebih siap dalam menghadapi, menyikapi, serta mengisi masa pensiunnya kelak dengan hal-hal yang lebih positif. Kesiapan tersebut mencakup beberapa aspek mulai mental, spiritual, perencanaan keuangan, kesehatan, serta perencanaan aktivitas yang akan dijalani di masa pensiun kelak.

Sebagian orang terutama yang masih jauh dari masa-masa pensiun mungkin berpikiran untuk apa pelatihan persiapan pensiun toh masa tersebut masih lama. Namun, Anda sebaiknya juga memahami bahwa tidak semua orang akan siap menghadapi pensiun ketika tidak mempersiapkan segala sesuatunya sejak awal. Pelatihan persiapan pensiun bisa membantu memberikan wawasan yang lebih luas tentang bagaimana seharusnya mengisi pensiun tersebut dengan lebih aktif, lebih sukses, lebih sehat, dan pastinya juga harus bisa lebih bahagia.

Melalui pelatihan persiapan pensiun, para karyawan tersebut juga bisa mendapatkan wawasan tentang bagaimana melalui masa pensiun dengan aktivitas-aktivitas positif yang bahkan mungkin mampu membawa keuntungan secara finansial ataupun dari aspek lainnya. Pada saat seseorang pensiun, aktivitas ataupun kegiatan yang bisa dijalani tidak terbatas tentang bagaimana kembali bekerja tetapi juga bisa menyangkut berbagai aktivitas lainnya yang mungkin tidak memiliki profit secara finansial.

Manfaat Pelatihan Persiapan Pensiun
Pelatihan persiapan pensiun ternyata memiliki beberapa manfaat. Melalui pelatihan tersebut, para peserta yang mana para karyawan perusahaan ataupun instansi akan mendapatkan pembekalan dengan kesadaran serta sikap positif terhadap masa pensiun serta untuk menumbuhkan motivasi dalam mengubah diri dari konsep ketergantungan menjadi sikap yang lebih mandiri. Selain itu, adanya pelatihan persiapan pensiun tersebut juga bisa menjadi bentuk penghargaan serta kepedulian perusahaan ataupun instansi terhadap para pegawainya yang akan memasuki masa pensiun.

Pelatihan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan citra positif, kebanggaan, serta loyalitas para pegawai dan karyawan terhadap perusahaan serta instansi di mana ia bekerja.

Diharapkan dengan adanya pelatihan persiapan pensiun, para peserta yang merupakan karyawan serta pegawai perusahaan bisa memiliki kesiapan mental dan spiritual untuk menghadapi masa pensiun nantinya. Mereka juga bisa lebih memahami tentang pentingnya menjaga kesehatan jasmani serta rohani. Melalui pelatihan tersebut juga diharapkan bisa membantu menyiapkan para karyawan untuk memiliki ketrampilan dalam merencanakan dan mengelola keuangan secara baik di masa pensiun.

Tentu saja, untuk bisa mencapai beberapa tujuan tersebut, materi pelatihan yang diberikan biasanya juga akan mencakup gabungan dari beberapa pendekatan baik dari segi mental, spiritual, kesehatan, kewirausahaan, serta keuangan.

Meskipun masa pensiun merupakan fase yang memang harus siap dihadapi oleh siapapun yang berkarir ataupun bekerja di perusahaan ataupun instansi, namun demikian, tak sedikit pula karyawan tersebut yang merasa tidak siap ketika masa pensiun tersebut sudah ada di depan mata. Banyak kecemasan dan kekhawatiran yang dirasakan para karyawan tersebut sehingga sangat penting untuk mengikuti pelatihan persiapan pensiun sedini mungkin guna mempersiapkan segala sesuatunya lebih awal.

Namun demikian, tidak semua pelatihan persiapan pensiun yang mampu menjawab kebutuhan dari para karyawan dan pegawai tersebut karena kebanyakan pelatihan tersebut lebih banyak mengajak para karyawan untuk membuka usaha nantinya di saat masa pensiun tiba. Padahal, semua orang juga memahami bahwa untuk membuka usaha akan dibutuhkan modal serta kemampuan dan pengalaman. Membuka usaha bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan yang dilakukan saat pensiun namun ini bukanlah suatu keharusan bagi semua orang yang memasuki masa pensiun.

Bila permasalahan yang menjadi kecemasan Anda adalah masalah keuangan di saat sudah pensiun maka Anda sebaiknya bisa mempersiapkannya sedini mungkin bahkan sejauh mungkin dengan usia pensiun Anda. Anda bisa mulai berinvestasi tiap bulannya meski dalam jumlah yang tak besar.

Dengan melakukan investasi yang dimulai sejak awal maka Anda akan memiliki sejumlah dana untuk mencukup kebutuhan dana di masa pensiun tiba.

Namun demikian, bila Anda memang memiliki bakat ataupun minat terhadap sesuatu yang bisa dijadikan usaha, Anda sebaiknya juga mempersiapkannya sejak awal dan bukan setelah Anda sudah pensiun. Anda bisa membuka usaha dengan modal yang Anda dapatkan dari pendapatan Anda saat masih bekerja sebagai karyawan ataupun dengan mengambil pinjaman yang cicilannya bisa Anda bayar dari penghasilan Anda. Usaha yang dijalankan lebih awal maka kesempatan untuk mencapai kesuksesan saat Anda pensiun juga akan semakin memudahkan Anda dalam mengelolanya. Ini bisa menjadi alternatif pemasukan saat Anda sudah pensiun.

Perusahaan pun sebaiknya juga mampu melihat hal tersebut sebagai salah satu bentuk perhatian dan kepedulian terhadap pra karyawan dan pegawai yang berkarir di perusahaan. Menyelenggarakan pelatihan persiapan pensiun yang efektif dan berkualitas bisa menjadi salah satu cara untuk membantu para karyawan dan pegawai untuk bisa lebih mempersiapkan diri menghadapi masa-masa pensiun nantinya.

Penyelenggaraan pelatihan tersebut sebaiknya juga dilakukan bukan mendekati masa pensiun tetapi bisa dilakukan sejak lebih awal yang mana bisa dilanjutkan dengan pelatihan pada tahap yang lebih mendalam. Dengan memberikan pelatihan persiapan pensiun bagi karyawan, perusahaan sudah sedikit membantu memberikan bekal dan kesiapan bagi para karyawan ketika mereka menghadapi masa pensiun nantinya.

Pensiun memang suatu kondisi ataupun fase yang memang sudah sangat wajar terjadi bagi mereka yang berkarir di suatu perusahaan dan instansi. Namun, tak semua orang siap menghadapi masa pensiun dengan pandangan yang positif. Inilah mengapa sangat penting untuk merencanakan dan menyusun suatu pelatihan persiapan pensiun bagi karyawan yang akan membantu karyawan lebih mempersiapkan diri saat masa-masa pensiun tersebut tiba.




Your subscription could not be saved. Please try again.



Your subscription has been successful.

Ya saya mau materinya mas









Slide1

Slide1