Cara Membangun Sistem Manajemen SDM yang Solid dan Efektif

Sumber Daya Manusia merupakan satu mata rantai paling penting dalam konsep manajemen bisnis.

Tanpa Sumber Daya yang mumpuni, perusahaan akan kehilangan gairahnya dan tidak bisa berkembang dengan baik. Tentu saja setiap perusahaan perlu menyediakan sumber daya manusia yang pas dan sesuai dengan kebutuhannya.

Kebutuhan yang dimaksud ini tentu berbeda-beda antara satu perusahaan dengan yang lain.

Ada kalanya lulusan SMP di sebuah perusahaan mampu memberikan kinerja terbaik, sementara lulusan sarjana tidak. Dengan demikian dibutuhkan kejelian dalam mencari sumber daya manusia yang pas.

Sampai di sini, sebuah perusahaan membutuhkan sumber daya manusia yang tepat dan membutuhkan pengelolaan manajemen SDM yang pas. Namun sebelum sampai kesana, apakah yang dimaksud sebagai manajemen SDM?

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Manajemen SDM umumnya berkaitan dengan sebuah mata rantai proses, dimana berbagai masalah yang muncul berkaitan dengan tenaga kerja, manajer, buruh, pegawai, maupun karyawan.

Nah, masalah yang muncul perlu ditangani supaya tenaga kerja bisa menunjang aktivitas perusahaan maupun organisasi tertentu. Ini supaya tujuan tertentu bisa dicapai.

Unit yang biasanya bertugas menangani sumber daya manusia adalah Human Resource Department, atau HRD. Dengan kata lain, manajemen SDM berkaitan dengan prosedur berkelanjutan, yang biasanya bertujuan untuk memasok orang-orang yang tepat ke dalam sebuah perusahaan, guna ditempatkan pada jabatan dan posisi yang tepat.

Meski terkesan kaku secara