Cara Mengurangi Jumlah Karyawan yang Resign atau Mengundurkan Diri

Apakah Anda ingin mengetahui mengenai cara mengurangi karyawan untuk resain dan pindah ke perusahaan lain? Dalam persaingan bisnis wajar saja jika ingin mendapatkan segalanya terbaik terutama dalam hal merekrut karyawan terbaik.

Mendapatkan karyawan yang loyal terhadap perusahan yang bekerja dengan sepenuh hati menjadi hal yang sangat sulit didapatkan dijaman sekarang ini. Untuk itu mempertahankan karyawan agar tak kabur dan tetap loyal pada perusahaan kita membutuhkan cara yang tepat dalam penanganannya.

Bagi Anda pemilik perusahaan atau pun pimpinan perusahaan harus memikirkan bagaimana mempertahankan karyawan berprestasi. Jangan hanya memikirkan mengenai keuntungan perusahaan saja. Untuk itu ada beberapa cara mengurangi karyawan untuk resain dan pindah ke perusahaan lain akan di bahas di dalam artikel di bawah ini.

Adapun cara mengurangi karyawan untuk resain dan pindah ke perusahaan lain yaitu:

1. Mengurangi tekanan
Ada baiknya jika bekerja yang memberikan pekerjaan kepada karyawan harus sesuai dengan kemampuan karyawan. Apabila karyawan tersebut tak dapat melakukan pekerjaan dengan baik sebagai pimpinan ada baiknya melakukan brefing atau rapat dengan menanyakan kesulitasn yang di hadapi.

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Kesulitan yang di hadapi pada setiap karyawan sangatlah berbeda tergantung dari pekerjaan yang di berikan. Dengan membantu karyawan tersebut memberikan solusi atau pun pemecahan maka akan mampu mengetahui dengan baik mengenai kesempatan yang dapat di kerjakan karyawan tersebut.

2. Gaji
Ada baiknya gaji yang di berikan sesuai dengan tekanan dan tanggung jawab yang di berikan. Apabila ada kenaikan UMR setiap tahunnya hendaknya perusahaan juga mengikuti kenaikan gaji yang di berikan kepada karyawan.

Berikan tunjangan yang layak apalagi sekarang bahan bakar bensin telah naik sebaiknya juga ikut di naikkan.

Berikan gaji pada tanggal yang sama misalnya setia tanggal satu di awal bulan. Jika pada tanggal tersebut bertepatan dengan hari libur sebaiknya pemberian gaji menjadi maju jangan sampai mundur. Hal ini akan sangat diperhatikan oleh para karyawan.

Dengan begitu maka karyawan akan enggan untuk resign dan pindah ke tempat kerja yang baru.

3. Persamaan perlakuan
Apabila Anda sebagai pemilik atau pun pimpinan perusahaan haruslah memberikan persamaan perlakuakn kepada seluruh karyawan. Misalnya saja salah satu diantaranya adalah anak Anda maka perlakuan pun tak boleh di bedakan. Anda harus adil dan merata terhadap seluruh karyawan. Jangan sampai ada yang merasa dianak tirikan karena menimbulkan suasan tidak sehat dan lingkungan kerja yang tidak nyaman. Ketidaknyamanan pekerjaan akan membuat karyawan bepikir mencari pekerjaan baru di tempat lainnya.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

4. Pindah tempat tinggal
Jika perusahaan Anda ada banyak cabang dan salah satu tenaga ahli atau karyawan yang loyal terhadap perusahaan pindah tempat tinggal. Sebaiknya ditawarkan untuk beralih cabang namun dalam perusahaan yang sama. Dengan begitu maka Anda akan mengurangi resiko kehilangan karyawan yang loyal terhadap perusahaan yang sedang dikelola.

5. Acara refresing kantor
Tak dapat dipungkiri pekerjaan yang sama setiap harinya membuat suasana bosan yang di rasakan para karyawannya. Namun sebagai pimpinan atau pemilik perusahaan ada baiknya jika memiliki inisiatif mengadakan acara refresing misalnya piknik untuk seluruh karyawan.

Dana untuk menyewa bis bisa di ambilkan dari sebagian keuntungan yang didapat perusahaan yang sangat besar. Selain dapat menyenangkan diri sendiri karena telah mempu berbagai juga menyenangkan para karyawan yang mau berbartisipasi didalam acara tersebut. Hubungan antara atasan dan bawahan pun akan semakin akrab namun tetap ada toleransi dan juga saling menghormati.

6. Jenjang karier
Didalam perusahaan sebaiknya diberikan jenjang karir untuk para karyawannya. Dengan adanya jenjang karir akan membantu karyawan yang telah lama mengabdi di perusahaan untuk mendapatkan penghormatan yang layak dalam perusahaan tersebut.

Tak hanya senang namun juga bujukan untuk pindah pekerjaan ketempat lain jauh dari bayangan karyawan tersebut. Apabila karyawan yang terlihat menonjol dan juga loyal sudah pasti menjadi incara bagi perusahaan lain untuk dapat bekerjasama dengannya. Bisa di katakan hal ini adalah cara mengurangi karyawan untuk resain dan pindah ke perusahaan lain.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!