Contoh Isi Materi Pelatihan tentang Customer Service atau Pelayanan Pelanggan

Sebagai seorang customer service yang baik, tentunya harus dapat memberikan pelayanan yang baik, untuk para customernya, maka dari itu untuk menjadi seorang customer service yang baik, perlu mengikuti pelatihan customer servise untuk mendapatkan materi pelatihan customer service yang lebih baik. Sehingga pelayanan yang diberikan akan menjadi lebih prima.

Pentingnya pelatihan customer service
Pelatihan customer service ini memang penting untuk dilakukan, dan pemberian materi pelatihan customer service seperti ini penting untuk diberikan, agar para customer service dapat lebih memahami tugas yang dijalani.

Seperti kita ketahui seorang customer service adalah ujung tomba sebuah perusahaan, dimana sebagai seorang customer service harus dapat menjebatani antara perusahaan dan juga para klien dengan baik. Mereka harus dapat berkomunikasi dengan baik, untuk dapat mempromosikan produk, memberikan pelayanan yang baik, dll. Jika seorang customer service dapat memberikan kepuasan pada para pelanggan tentunya itu akan menjadi kesuksesan juga bagi perusahaan tersebut.

Agar dapat menciptakan keberhasilan tersebut tentunya seorang customer service harus diberikan pelatihan customer service untuk mendapatkan materi pelatihan customer service yang baik. Dengan demikian maka para customer service dapat lebih memahami tugasnya seperti memberikan pelayanan yang baik, dapat memberikan penjelasan dengan baik, luwes, dll.

Seiring dengan perkembangan zaman yang ada, maka tantangan yang diberikan juga lebih berat. Jika para customer service berhasil mendapatkan materi pelatihan ini dengan baik, tentunya hal itu dapat memberikan peningkatan kualitas diri para customer service dan juga dapat memberikan citra yang baik untuk perusahaan.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Materi pelatihan customer service
Ketika para customer service mengikuti pelatihan seperti ini, ada beberapa materi yang akan diberikan. Materi pelatihan customer serviceyang diberikan tentunya akan sangat diperlukan oleh para customer service untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik.

Materi yang diberikan juga dapat mengembangkan kemampuan tersendiri bagi para customer service terutama untuk dapat lebih mengembangkan kemampuan mereka. Berikut ini adalah beberapa materi yang akan diberikan dan tentunya diperlukan bagi para customer service.

1. Memahami dengan baik konsep dasar pelayanan
Ini adalah pelajaran dasar, karena seorang customer service harus benar-benar memahami dengan baik tugasnya sebagai customer servise.

2. Memahami berbagai macam aturan dalam memberikan pelayanan
Seorang customer servise harus dapat memahami dengan baik berbagai macam aturan dalam memberikan pelayanan untuk para customer.

3. Mengerti dengan baik teknik komunikasi dan juga etika berkomunikasi
Penting bagi para customer servise untuk dapat mengerti cara berkomunikasi dengan baik dan juga mengerti etika berkomunikasi yang baik pada para pelanggan.

4. Mengerti dengan baik teknik memberikan pelayanan dengan baik
Sorang customer service tentunya harus mengerti bagaimana cara memberikan pelayanan yang baik bagi para customer.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

5. Mengerti dengan baik teknik mengenal dan memahami para pelanggan
Tentunya ketika para customer service mengerti dan memahami para pelanggan dengan baik, maka mereka dapat memberikan pelayanan dan pemahaman bagi para pelanggan dengan sangat baik.

6. Dapat memahami harapan-harapan dan juga emosi para pelanggan
Para customer service harus dapat memahami apa yang diinginkan oleh para pelanggan, harapan-harapan dan juga emosi yang dikeluarkan pelanggan ketika melakukan komunikasi dengan kita.

7. Mengerti dan memahami komplain dan juga dampak kegagalan dalam menangani komplain
Penting juga bagi para customer servise untuk dapat memahami setiap komplain dari para pelanggan dengan baik. Para customer servise juga harus dapat memahami bagaimana dampaknya jika gagal menangani komplain yang diberikan para pelanggan terhadap perusahaan atau terhadap dirinya.

8. Mengerti teknik menghadapi komplain para pelanggan
Sebagai seorang customer service tentunya harus dapat memahami berbagai macam komplain yang diberikan oleh para pelanggan dan juga mengerti bagaimana teknik untuk menghadapi para pelanggan tersebut.

9. Dapat menganalisa komplain dan menjadikan komplain tersebut sebagai proses untuk pengembangan pelayanan
Setiap komplain yang masuk, sebaiknya dijadikan sebagai sebuah pelajaran yang harus dipahami oleh setiap customer sevice, dan disana para customer sevise dapat lebih mengembangkan pelayanan untuk menghadapi para pelanggan.

10. Dapat membangun sistem penanganan terhadap keluhan pelanggan
Sebagai seorang customer servise yang baik, tentunya harus dapat menghadapi para pelanggan dengan baik, dan dapat mengatasi berbagai keluhan dari para pelanggan.

11. Dapat meningkatkan komunikasi dan juga interpersonal skill dalam menghadapi komplain

Dengan mengikuti pelatihan seperti ini tentunya para customer service, dapat lebih meningkatkan kemampuan dalam melayani para pelanggan dengan baik.

Tujuan pemberian materi pelatihan customer service
Pemberian materi pelatihan customer service ini tentunya sangat baik, dengan begitu maka para customer servise akan dapat lebih meningkatkan kemampuan agar dapat melayani para pelanggan dengan lebih baik lagi.

Dengan perkembangan teknologi yang ada saat ini, maka berbagai permasalahan juga bermunculan. Dengan adanya pelatihan seperti ini maka kemampuan dan juga keahlian para customer service juga akan bertambah. Disini juga kemampuan para customer service akan sangat digembleng agar dapat lebih memuaskan para pelanggan.

Seperti yang disebutkan di atas bahwa seorang customer service adalah ujung tombak dari sebuah perusahaan. Maka dari itu kemampuan seorang customer service juga harus lebih ditingkatkan.

Ketika kemampuan seorang customer service meningkat maka sedikit banyak itu akan mempengaruhi perusahaan tepatnya bekerja. Perusahaan juga tentunya akan lebih diuntungkan de