Contoh Isi Materi Pelatihan tentang Kepemimpinan atau Leadership Skills

Untuk mendidik seorang calon pemimpin tentunya harus mempunyai materi pelatihan kepemimpinan yang baik. Materi pelatihan ini diberikan agar para calon pemimpin ini mengerti benar bagaimana harusmemimpin dan bagaimana harus bersikap sebagai seorang pemimpin.

Materi seperti ini penting untuk diberikan agar para calon pemimpin mengerti benar apa yang harus dilakukan. Karena seperti kita ketahui sebagai seorang pemimpin yang baik, dia harus dapat memberikan contoh, efek, dan pengaruh yang baik bagi lingkungan sekitarnya. Berikut ini adalah beberapa materi kepemimpinan yang dapat diberikan pada para calon pemimpin.

Pemimpin sebagai pencipta visi

Dalam memberikan materi pelatihan kepemimpinan, agar dapat memjadi seorang pemimpin yang baik. Seorang pemimpin harus dapat :

1. Menciptakan visi

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

• Disini para pemimpin diajarkan untuk dapat menganalisa setiap peluang yang ada dan juga melihat berbagai macam ancaman yang mungkin datang dari luar.

• Seorang pemimpin juga harus dapat menganalisa kemampuan yang dimiliki setiap orang yang dipimpinnya dan mengembangkannya untuk kemajuan organisasi atau lembaga.

• Seorang pemimpin yang baik tentunya harus mengetahui bagaimana dan kemana organisasi atau lembaga ini akan dibawa, dna bagaimanan sistem kerjanya.

2. Menciptakan tujuan keberhasilan
• Seorang pemimpin harus dapat mengkorversi visi yang dibuat pada timnya. Juga dapat membuat sebuah target kinerja yang baik, agar hasilnya memuaskan.

• Pemimpin juga harus dapat menentukan target kinerja setiap orang yang diaturnya dan juga mengukur setiap pencapaian yang harus dicapai, agar lembaga atau organisasi yang dipimpinnya berkembang sesuai denga visi semula.

3. Dapat mengembangkan rencana yang dibuat
Terdapat beberapa goal atau keberhasilan yang dapat dibuat untuk kemajuan organisasi atau lembaga tersebut, seperti :

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

• Spesifikasi keberhasilan
Semakin spesifik kinerja tim yang akan dibuat akan membaut kinerja tim menjadi semakin baik, karena setiap orang akan mengerti dengan baik apa yang harus dilakukan untuk kemajuan bersama. Jika tidak ada sasaran atau spesifikasi pada setiap pekerjaan, maka kinerja setiap orang yang dipimpim menjadi sedikit rancu.

• Kesulitan dalam mencapai keberhasilan
Setiap usaha yang dibuat pasti mempunyai suatu kesulitan, dan setiap kesulitan akan membawa kita pada level yang lebih tinggi. Semakin sulit tujuan yang ingin dicapai, maka akan semakin besar pual tujuan yang dibuat. Kondisi seperti itu juga akan membuat kinerja tim atau bawahan akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

• Partisipasi dalam membuat keberhasilan
Ketika para bawahan atau orang-orang yang dipimpin berpartisipasi dalam proses yang dibuat, biasanya mereka akan dapat menciptakan sasaran yang lebih tinggi ketimbang ketika mereka menerima hanya menerima sasaran yang diinginkan.

• Feedback
Feedback ini perlu dilakukan agar setiap orang mengerti benar tugas yang harus mereka kerjakan dengan baik. Hal seperti ini juga harus dilakukan agar sasaran utama atau visi yang diinginkan dapat tercapai. Kondisi seperti ini juga akan membantu tim untuk dapat bekerja lebih keras lagi agar sasaran yang ingin dibuat tercapai.

4. Dapat memonitor rencana yang dibuat
Seorang pemimpin yang baik, tentunya harus dapat memonitor setiap rencana yang dibuat dengan baik, dan dapat memberikan saran atau bahkan koreksi jika rencana yang dibuatnya tidak sesuai dengan tujuan awal.

Pemimpin sebagai pembangun tim
Dalam materi pelatihan kepemimpinan ini para calon pemimpin sebagai orang yang dapat membangun tim, tentunya dia harus dapat menjaga 2 hal, yaitu :

1. Tugas
Seorang pemimpin yang baik, harus mengerti dengan baik ;
• Sasaran yang harus dituju harus jelas
• Alat ukur indikator kinerja setiap orang harus jelas
• Aturan kerja yang ada harus jelas

2. Orang
Sebagai seorang pemimpinyang baik harus dapat menjaga ;
• Identias dan juga semangat tim work
• Dapat menjaga kerjasama yang baik dan juga dapat membuat nyaman orang-orang yang dipimpinnya.
• Seorang pemimpin harus dapat berbicara degan baik, jujur dan terbuka.

Pemimpin sebagai pencetus motivasi
Dalam materi pelatihan kepemimpinan seorang pemimpin yang baik, tentunya harus dapat memberikan motivasi yang baik bagi para bawahannya atau orang yang dipimpinnya.

Pemberian motivasi ini penting untuk menunjang kinerja para bawahan atau orang yang dipimpin, agar hasil kerja semakin baik.

Pemimpin sebagai pembangun karakteri seorang pemimpin yang baik, harus mengerti benar, karakter setiap orang yang dipimpinya. Pada dasasrnya setiap orang yang dipimpinnya tentunya mempunyai karakter dan juga keahliannya masing-masing. Karakter dan keahlian seperti ini yang harus diketahui oleh setiap pemimpin. Keahlian tersebut tentunya diperlukan untuk dapat mengembangkan keahlian orang tersebut dan juga dapat mengembangkan organisasi atau lembaga tersebut.

Tentunya seorang pemimpin yang baik, tentunya harus dapat membuat nyaman orang-orang yang dipimpinnya. Ketika seseorang merasa nyaman, maka kinerja seseorang tersebut juga akan mengalami perbaikan.

Jika seorang pemimpin salah dalam menilai keahlian seseorang atau salah dalam mendelegasikan tugas, tentunya hasil yang diharapkan tidak akan sesuai dengan target awal.

Pemimpin sebagai pemberi tugas
Seorang pemimpin yang baik harus mengerti benar karakter setiap bawahan atau orang-orang yang dipimpinnya. maka dari itu seorang pemimpin harus :
• Dapat memperjelas tugas setiap orang
• Dapat menentukan tugas setiap bawahan atau orang yang dipimpinnya dengan baik
• Dapat membolehkan karyawannya untuk berpartisipasi dalam membuat sasaran
• Dapat memberi pengertian yang jelas mengenai tugas atau delegasi tugas dengan baik.
• Selalu memonotor dan dapat memonotor hasilnya dengan baik.
Pemberian materi pelatihan kepemimpinan seperti ini tentunya penting untuk disampaikan, agar para calon pemimpin, atau orang yang diberi materi pelatihan kepemimpinan tersebut mengerti tugasnya dengan baik, dan kelak dapat menjalankan materi tersebut dengan baik.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!