Fungsi Utama dalam Manajemen SDM yang Perlu Anda Kuasai untuk Menjadi Manajer SDM Andal

Manajemen SDM penting bagi sebuah perusahaan, SDM merupakan sumber daya manusia yang dimiliki oleh perusahaan. Perusahaan akan dapat berkembang pesat jika memiliki sumber daya manusia yang berkualitas dan unggul.

Oleh sebab itulah perusahaan berhak melakukan manajemen terhadap sumber daya manusia yang dimilikinya agar kualitas SDM tidak menurun dan Dapat berkualitas dengan baik.

Sudah mutlak menjaid tugas manajemen SDM untuk mengelola kemampuan manusia seefektif mungkin, agar keefektifan itu diperoleh satuan SDM yang akan merasa puas dan bisa memuaskan pihak lain. Pihak lain tersebut bisa orang lain, atasan maupun pihak perusahaan. Manajemen sumber daya manusia memiliki fungsi dan tugas tertentu. Fungsi itulah yang akan mengatur SDM yang ada di sebuah perusahaan.

Manajemen SDM memiliki berbagai fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Fungsi Manajerial
Fungsi ini terdapat empat macam fungsi. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

a) Perencanaan, fungsi ini akan mengajarkan kepada setiap orang bahwa perencanaan merupakan bagian terpenting sebab tahap perencanaan ini menyita banyak waktu dalam proses manajemen.

Untuk manajer SDM, perencanaan membuatnya harus menentukan program bagi karyawannya yang merupakan suember dari SDM nya dimana karyawan memiliki fungsi sebagai sarana untuk mencapai sasaran dan tujuan dari perusahaan. Manajer juga akan mengatur orang-orang yang dapat menyelesaikan tugas dan kewajiban yang harus dibebankan kepada karyawan itu. Dalam setiap perusahaan karyawan memiliki tugas dan fungsinya masing-masing.

b) Pengorganisasian, ketika semua rencana sudah disusun, maka untuk melaksanakan semua hal yang telah direncanakan harus diorganisasikan atau dibicarakan.

Pengorganisasian merupakan alat untuk dapat mencapai sasaran secara efektif oleh karena itu diharapkan dapat membagi tugas dan tangung jawab terhadap setiap karyawan yang bisa melakukan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing.

c) Pengarahan, untuk dapat melakukan kegiatan yang telah direncanakan supaya dapat berjalan secara efektif maka diperlukan arahan dari manajer. Untuk perusahaan dan organisasi yang besar biasanya pengarahan bisa dilakukan oleh manajer itu sendiri, namun pengarahan itu dapat didelegasikan kepada orang lain yang memiliki wewenang untuk hal itu.

d) Pengendalian, fungsi pengendalian berguna dalam mengatur kegiatan agar semua kegiatan di dalam perusahaan dan organisasi bisa berjalan sesuai dengan rencana. Selain itu pengendalian juga dimaksudkan agar bisa mencari jalan keluar atau pemecahan ketika terjadi hambatan pelaksanaan kegiatan.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

2. Fungsi Operasional
Fungsi ini terdapat enam macam fungsi, fungsi tersebut adalah sebagai berikut :

a) Pengadaan tenaga kerja dan Pengadaan SDM, seorang manajer memiliki tujuan untuk dapat memperoleh jenis dan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dan memenuhi syarat. Karyawan yang direkrut pun harus sesuai dengan keahlian dan sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh perusahaan itu jangan sampai salah rekrut.

b) Pengembangan , dengan tersedianya SDM yang memnuhi syarat maka perusahaan perlu melakukan pengembangan tenaga sampai pada taraf-taraf tertentu sesuai dengan perkembangan perusahaan itu.

c) Kompensasi adalah fungsi manajemen yang sama pentingnya dengan perencanaan. Melalui fungsi ini perusahaan akan memberikan berupa balas jasa yang memadai dan sesuai dengan kesepakatan kepada karyawan.

d) Pengintegrasian, integrasi merupakan kegiatan manajemen bertujuan rekonsiliasi kepentingan-kepentingan karyawan dalam satu perusahaan.
e) Pemeliharaan adalah kemampuan atau berupa keahlian dari SDM yang bisa dimiliki oleh perusahaan.

f) PHK atau pemutusan hubungan kerja adalah fungsi perusahaan yang berhak untuk melakukan pe,mutusan hubungan kerja.

Manfaat Manajemen SDM
Manejemen yang dilakukan tentu memiliki manfaat bagi SDM itu sendiri.

Manfaatnya tidak terlepas dari fungsi-frungsi SDM itu sendiri. Manfaat dari manajemen sumber daya manusia adalah selain bisa merencanakan apa yang sebenarnya ingin dicapai oleh perusahaan, perusahaan juga bisa melakukan pengorganisasian terhadap SDM yang mereka miliki.

Selain itu perusahaan bisa melakukan poengarahan kepada para karyawan yang menjadi sumber daya manusia yang ada di perusahaan itu agar lebih produktif dan lebih berkualitas dalam bekerja. Begitu pentingnya melakukan manajemen karyawan bagi seb uah perusahaan, jika ada perusahaan yang tidak berkembang dan tidak maju maka penting bagi perusahaan tersebut untuk segera melakukan manajemen SDM.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!