Manajemen Keselamatan Kerja dan Pembinaan SDM di PERTAMINA

Pengelolaan SDM di Pertamina selalu mengedepankan kesehatan, keselamatan, keamanan dan lingkungan dimana para pekerjanya melakukan yang terbaik untuk memberikan karya yang terbaik untuk negeri.

Perusahaan ini sudah lama sekali berdiri dan melayani kebutuhan bahan bakar bagi masyarakat Indonesia dengan memaksimalkan sumber daya yang dimiliki namun dengan cara kerja yang tetap ramah lingkungan sehingga tidak akan mencemari alam Indonesia di sekitar perusahaan.

Oleh karena itulah Pertamina bisa bertahan hingga sekarang. Meskipun memberikan pelayanan kebutuhan bahan bakar tetapi bagaimana caranya Pertamina selalu berusaha untuk menghemat energi, karena saat ini minyak bumi jumlahnya makin lama makin sedikit sehingga tidak lagi mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara maksimal, sementara dari hari ke hari kebutuhan bahan bakar itu terus meningkat.

Maka tak heran jika di tempat pengisian bahan bakar sering terjadi antrian panjang yang membuktikan kebutuhan masyarakat akan bahan bakar termasuk besar. Di luar Indonesia, bahkan bahan bakar dijual dengan harga yang lebih mahal, karena memang persediaan minyak bumi yang semakin terbatas.

Tetapi Pertamina selalu berusaha untuk bekerja dengan maksimal agar kebutuhan masyarakat Indonesia dapat terpenuhi. Kenaikan harga bahan bakar minyak selalu berpengaruh kepada harga barang-barang lain, karena produksi bahan pangan, sandang, papan, semunya membutuhkan bahan bakar dalam prosesnya. Maka dari itu kenaikan bahan bakar akan mengakibatkan kenaikan bahan-bahan lainnya.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Kenaikan bahan bakar selalu menjadi kontroversi karena hal tersebut akan membuat biaya hidup makin tinggi seiring dengan naiknya harga berbagai macam barang kebutuhan.

Berbicara mengenai harga yang harus dibayar untuk memperoleh bahan bakar minyak, Pertamina sebagai suatu perusahaan yang sukses, dalam bekerja tidak hanya memikirkan keuntungan, melainkan juga kesejahteraan para pekerjanya. Oleh karena itu, pengelolaan SDM di Pertamina menjadi suatu topik penting bagi perusahaan tersebut.

Kesehatan
Bagi semua orang kesehatan adalah suatu asset yang penting dan teramat mahal harganya. Saat kita sedang sehat maka kita dapat beraktivitas dengan maksimal sehingga apapun yang kita lakukan dapat berjalan sesuai dengan keinginan kita. Begitu jugalah yang dipikirkan oleh Pertamina sehingga dalam mengelola SDMnya perihal kesehatan ini menjadi yang nomor satu perlu diperhatikan.

Demi menjaga kesehatan para pekerjanya, maka Pertamina akan selalu memperhatikan bagaimana caranya agar para pekerjanya tidak cedera maupun sakit. Oleh karena itu disediakan berbagai program yang dapat menunjang kesehatan para pekerjanya.

Cara pertamina untuk menjaga kesehatan para pekerjanya tersebut dengan cara menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan mendukung pekerjanya secara maksimal. Untuk menjamin kesehatan pekerjanya, pastinya pekerja diberikan jaminan-jaminan kesehatan yang bisa digunakan sewaktu-waktu dengan begitu semua pekerja dapat bekerja dengan semangat karena tidak lagi khawatir masalah ketentraman kesehatan kerja.

Keselamatan
Masih berhubungan dengan masalah kesehatan, untuk mengelola SDM dengan sebaik-baiknya Pertamina ini juga berusaha untuk menjaga keselamatan para pekerjanya. Tidak hanya saat bekerja di dalam perusahaan tetapi juga saat berada di luar perusahaan.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Keselamatan ini sangat berarti karena hasil yang dicapai oleh perusahaan hanya akan terbuang sia-sia jika keselamatan pekerja tidak terjamin.

Oleh karena itu dalam setiap operasi kerjanya Pertamina selalu berusaha untuk meminimalkan adanya kecelakaan kerja yang beresiko menimbulkan kerugian bagi pekerjanya. Saat pekerja tidak selamat dalam bekerja, maka kredibilitas Pertamina tentu akan dipertanyakan dan satu per satu Pertamina bisa kehilangan para pekerja terbaiknya.

Oleh karena itu dalam bekerja, Pertamina selalu berusaha agar tidak terjadi kecelakaan apapun terjadi dan selalu berusaha menghilangkan hal-hal yang beresiko.

Karena bekerja mengolah minyak itu tidak gampang, para pekerja yang bekerja di lapangan menghadapi berbagai tantangan karena medan yang dilalui untuk mengambil minyak bumi tentunya tidak mudah. Bahkan ada tempat pengeboran minyaknya yang berada di tengah laut, untuk sampai ke sana saja sudah sangat berbahaya, belum lagi jika ada badai dan macam hal, keselamatan adalah yang nomor satu yang menjadi fokus kesejahteraan kerja di Pertamina. Itulah bagaimana salah satu proses pengelolaan SDM di Pertamina.

Keamanan
Peralatan kerja yang dimiliki oleh Pertamina pastinya merupakan barang yang paling penting maka dari itu jika alat-alat tersebut rusak atau hilang maka akan menjadi masalah bagi Pertamina, karena Pertamina tidak akan beroperasi dengan maksimal jika terdapat gangguan yang berasal dari peralatan kerja tersebut. Oleh karena itu dengan mendapatkan bantuan dari Kepolisian RI maka Pertamina selalu berusaha agar keamanan perusahaan selalu menjadi prioritas untuk mengelola SDMnya.

Tidak hanya peralatan kerja yang perlu dijaga, tetapi juga hasil kerja dari para pekerja berupa bahan bakar minyak yang bisa saja dimanfaatkan oleh orang-orang tidak bertanggungjawab untuk kepentingan pribadi.

Selain itu, penting juga untuk Pertamina untuk menjaga keamanan para pekerja saat sedang bekerja di lapangan maupun dalam perusahaan. Karena proses pengambilan minyak bumi dari kilang minyak sampai pengolahan hingga menjadi bahan bakar yang bisa digunakan membutuhkan banyak proses dan waktu serta hal tersebut bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan oleh para pekerja, banyak hal yang harus dilewati untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Lingkungan
Oleh karena Pertamina bekerja langsung hasil bumi, maka dari itu Pertamina dalam bekerja selalu mengedepankan agar tidak terjadi emisi atau radiasi yang dapat merusak lingkungan, Pertamina selalu berusaha bekerja dengan sistem yang ramah lingkungan dan tidak sampai mencemari lingkunganya sehingga tidak akan merugikan bagi kelangsungan lingkungan dan sekitarnya tempat operasi pengambilan minyak dan pengolahan terjadi.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!