Pelatihan SDM : Bermanfaat atau Buang-buang Uang Saja

Pelatihan dan Pengembangan SDM termasuk dalam hal yang paling utama dan juga sangat penting keberadaannya dalam sebuah menejemen dari pelatihan SDM.

Manajemen pelatihan SDM itu sendiri pada dasarnya akan mengacu pada serangkaian berbagai jenis kegiatan yang tentunya memberikan peluang bagi setiap pekerja/ karyawannya agar mereka bisa meningkatkan kinerja yang mereka miliki, baik dari segi kemampuannya serta keterampilan yang tentunya berkaitan dengan tingkat pekerjaan yang mereka miliki.

Program pelatihan yang diberlakukan bagi SDM ini umumnya diberikan pada pekerja atau karyawan baru. Akan tetapi pekerja atau bahkan karyawan lama pun juga seringkali mengikuti jenis pelatihan yang satu ini.

Hal ini dikarenakan tujuan dari pelatihan itu sendiri, yaitu untuk membeuat mereka mampu menghadapi berbagai macam masalah serta situasi-situasi yang pada dasarnya selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu lainnya.

Sementara itu, pengembangan SDM juga turut memegang peranan yang penting pula, karena pengembangan itu sendiri memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan serta keterampilan dari para pekerja dan juga karyawan yang memang akan berguna bagi pekerjaannya di masa yang akan datang. Pengembangan SDM biasanya diketahui sebagai bentuk dari proses pendidikan yang dilakukan dalam jangka waktu yang lama atau panjang.

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Proses pendidikan ini sendiri, dilakukan secara sistematis dan juga terorganisir, yang mana setiap pekerja/ karyawannya m empelajari berbagai macam pengetahuan baru yang terkonseptual dan juga teoritis, sehingga tujuan umum yang ingin dicapai pun dapat tercapai dengan dengan maksimal.

Pendidikan yang diberikan pada pekerja / karyaan tersebut biasanya berkaitan dengan pendidikan umum yang berguna bagi para calon yang hendak dipersiapkan bagi suatu organisasi tertentu.

Dalam bentuk pelatihan dari SDM itu sendiri, biasanya justru lebih barkaitan dengan peningkatan dari kemampuan serta keterampilan yang dimiliki oleh pekerja/ karyawan yang memang sudah menduduki suatu posisi dari jabatan tertentu dengan tugasnya masing-masing. Sementara untuk pengembangan, biasanya lebih pada pengembangan dari kemampuan yang dimiliki oleh dirinya masing-masing.

Baik itu kemampuan dalam bidang intelektual, atau bahkan kepribadian. Oleh sebab itulah, Program Pelatihan dan Pengembangan SDM sangat dianjurkan keberadaanya dalam mendidik para pekerja dan juga karyawan.

Langkah awal dalam melakukan Pelatihan dan Pengembangan SDM ini adalah dengan dilakukannya analis terhadap tingkat kebutuhan yang sangat penting dan juga diperlukan.

Dari analisis kebutuhan tersebut, pada akhirnya Anda dapat mengetahui aspek apa saja yang diperlukan dalam prosesnya nanti. Aspek tersebut biasanya terdiri dari tiga bagian aspek, yang diantaranya adalah analisis organisasi, kemudian analisis pekerja, dan juga ada analisis pribadi.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Setelah melakukan ketiga jenis analisis tersebut, pada akhirnya Anda pun dapat menyimpulkan bahwa pelatihan dan juga pengembangan SDM yang dilakukan tersebut, berguna untuk meningkatkan kapasitas dari SDM agar menjadi sumber daya yang memiliki kualitas yang lebih baik lagi, memiliki tingkat pengetahuan yang lebih luas, keterampilan kerja bertambah, serta profesionalisme yang meningkat, dan mengakibatkan tercapainya tujuan dari bidang usaha dengan cara yang lebih maksimal.

Tujuan dari Pelatihan dan Pengembangan SDM
Pelatihan dan Pengembangan SDM ini tidak dilakukan hanya semata-mata sesuai dengan prosedur yang berlaku saja, melainkan harus sesuai pula dengan tujuan utama yang dimilikinya. Tujuan tersebut diantaranya adalah :

1. Untuk memutakhirkan dari keahlian yang dimiliki oleh seseorang atau individu tertentu yang sejalan dengan berbagai macam perubahan dari sisi teknologi yang semakin modern. Melalui pelatihan SDM ini, pekerja/ karyawan tersebut juga dapat dipastikan secara mutlak oleh trainer, bahwa dirinya kemudian dapat bekerja dengan lebih efektif, baik itu dengan menggunakan teknologi yang lama atau bahkan teknologi yang baru.

2. Meminimalisir waktu belajar seorang pekerja / karyawan baru untuk menjadi pribadi yang lebih baik serta kompeten dalam bidang pekerjaannya.
3. Bertujuan untuk membantu memecahkan berbagai masalah yang berkaitan dengan sistem operasional.

4. Dapat mengorientasikan setiap individu di dalamnya terhadap berbagai macam bidang organisasi.

5. Memberikan jenis keterampilan serta kemampuan yang nantinya akan berubah menjadi bentuk kemampuan yang tinggi untuk melaksanakan setiap tugas dari pekerjaannya.

6. Lebih meningkatkan loyalitas, serta profesionalitas dari setiap para karyawannya tersebut.

Sementara itu masih ada pula, tujuan pelatihan seperti yang dikemukakan oleh Procton dan Tomton. Kedua orang tersebut menyatakan bahwa trujuan dari pelatihan adalah sebagai berikut :

1. Untuk menyesuaikan diri dengan tuntutan bisnis yang diberikan oleh perusahaan terhadapnya, serta bagian-bagian operasional-operasional industri yang sudah dimulai pada hari pertama kerja.

2. Dapat diperolehnya kemajuan sebagai bentuk dari kekuatan yang lebih produktif dalam suatu perusahaan tertentu, serta terkembangnya pula tingkat keterampilan, kebutuhan akan pengetahuan, serta bentuk sikap dari para pekerja/ karyawannya.

Manfaat dari Program Pelatihan dan Pengembangan SDM
Selain memiliki beberapa bentuk tujuan yang berbeda antara satu dengan lainnya, Pelatihan dan Pengembangan SDM juga memiliki manfaat nyata dalam pelaksanaan programnya. Manfaat tersebut diantaranya adalah :

1. Meningkatkan berbagi macam produktivitas, baik dari segi kuantitas, serta kualitas yang terdapat di dalamnya.

2. Meminimalkan waktu pembelajaran yang diperlukan oleh para pekerja/ karyawan untuk mencapai standar kerja yang baik dan dapat diterima dalam perusahaan tersebut.

3. Membentuk sikap dari tingkat loyalitas serta kerjasama yang semakin baik dengan pekerja/ karyawan lainnya, yang juga turut menguntungkan perusahaan tersebut.
4. Terpenuhinya kebutuhan dari perencanaan terhadap sumber daya manusia yang ada.

5. Frekuensi dan biaya kecelakaan kerja yang jauh terminimalisir

6. Membantu para pekerja dan juga karyawan dalam peningkatan dari segi pelatihan dan juga pengembangan akan dirinya sendiri, atau pribadi.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!