Sampel Pertanyaan Wawancara Kerja dan Sampel Jawabannya

Apakah Anda tahu mengenai pertanyaan apa yang di tanyakan saat wawancara kerja? Pada saat wawancara kerja memang menjadi saat yang paling menegangkan bagi semua orang. Tak jarang ada juga yang mengalami hal yang tak wajar saat pertama kali wawancara eperti beser, keringat dingin hingga jantung yang selalu berdebar membuat tangan menjadi dingin sekali.

Hal ini adalah hal yang wajar dan juga lumrah terjadi pada setiap orang. Biasanya hal ini terjadi karena seseorang berada di dalam situasi yang tak seperti biasanya dan sangat menginginkan pekerjaan tersebut di dapatkan.

Apabila terjadi hal yang demikian maka ada beberapa cara untuk mengatasinya. Untuk itu berikut ini akan di berikan beberapa tips pengetahuan wawancara kerja dan jawaban yang dapat membantu Anda mengenai gambaran ketika ingin menjalani wawancara kerja.

Tips mengetahui dan menjawab pertanyaan kerja yaitu
1. Data diri
Biasanya pertanyaan pertama kali atua pertanyaan pembuka ketika melakukan wawancara kerja adalah mengungkapkan data diri. Apabila Anda mendapatkan pertanyaan semacam ini maka jawab dengan singkat dan juga pasti mengenai data diri. Tak perlu panjang lebar melainkan singkat, padat dan jelas.

Adapun data diri yang bisa Anda ungkapkan misalnya saja nama, latar belakang atau lulusan apa, kegiatan yang di lakukan beberapa tahun terakhir atau pengalaman kerja.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

2. Sejarah perusahaan yang di lamar
Apabila Anda ingin melamar ke sebuah perusahaan ada baiknya harus mengetahui beberapa hal yang penting. Hal yang penting yang seharusnya di ketahui misalnya saja mengenai sejarah perusahaan, pandangan masyarakat mengenai perusahaan, posisi yang ingin di tempati, gols yang ingin di capai ketika di berikan suatu masalah untuk menangani perusahaan dan lain sebagainya.

3. Pretasi atau kompetensi diri pada perusahaan
Biasanya pihak perusahaan akan bertanya mengenai prestasi yang telah di capai sebelumnya atau pengalaman di bidang tersebut.

Berikan sejenis gagasan untuk membuat perusahaan menjadi lebih maju dan berkembang dengan memberikan point-point gagasan untuk mencapai target yang di tuju.

4. Hal menarik dan tak menarik dari perusahaan
Point ini sangat penting karena kecenderungan orang akan melihat apakah tipe yang akan bekerja dengan perusahaan merupakan orang yang tangguh atau yang suka mengeluh.

Untuk itu apabila Anda tak suka di sebut sebagai orang yang suka mengeluh sebutkan empat point yang di sukai dan sedikit yang tidak di sukai. Point yang tidak di sukai hanya satu atau dua saja dan sebutkan mengenai penganan jika mengetahui hal ini.

5. Perasaan meninggalkan pekerjaan sebelumnya
Pertanyaan ini bisa berupa pertanyaan jebakan misalkan Anda kerja di tempat yang sebelumnya terdapat masalah. Namun apabila Anda keluar dengan baik-baik maka hal ini tak masalah maka dari itu ada baiknya jika keluar di suatu pekerjaan harus dengan cara yang baik.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Hal ini karena Anda keluar juga dengan cara yang baik. Anda dapat ceritakan mengenai pekerjaan yang dahulu jika menyukainya lebih baik ceritakan mengenai pengalaman, kerja keras dan juga target yang di capai serta telah di capai sebelumnya.

6. Posisi yang di inginkan
Ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai posisi yang ingin di tempati. Posisi ini sangat penting dan juga jangan lupa juga mengenai tugas serta tanggung jawab yang akan di emban nantinya. Jangan sampai Anda tidak tahu menahu dan terlihat kosong ketika di ajukan pertanyaan. Pelajari dahulu sebelumnya agar tingkat kepercayaan diri meningkat sehingga akan lebih mantap ketika menjawab soal yang di berikan.

7. Gaji yang di inginkan
Untuk menjawab mengenai gaji yang di inginkan ada baiknya jika Anda mengajukan dengan jumlah kisaran angka. Jangan sekali-kali menyatakan bahwa Anda mengungkapkan kalimat terserah pada perusahaan. Tipe orang seperti ini akan di anggap sebagai pemalas apabila tidak cocok dengan gajinya yang cenderung rendah maka akan selalu bermalas-malasan.

Untuk menjawab hal ini maka perlu menanyakan mengenai target yang akan di berikan kepada Anda dan analisis terlebih dahulu. Berpikir sejenak mengenai tanggung jawab tersebut dan sebutkan nominal yang di inginkan sesuai dengan perbandingan pekerjaan Anda sebelumnya.

Slide BSM Horizontal

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!