Langkah Efektif Mempersiapkan Presentasi Manajemen SDM

Banyak orang seringkali mengabaikan adanya persiapan saat ingin melakukan presentasi atas suatu hal. Sebagian menganggap bahwa materi yang akan dipresentasikan sudah menjadi bidang keahliannya sehingga tak perlu membuat persiapan secara khusus.

Sebagian lagi ada yang justru merasa bingung harus menyiapkan apa saja untuk presentasi nantinya. Anda sebaiknya memahami bahwa tidak ada presentasi yang akan lebih baik kecuali bila Anda mempersiapkannya dengan baik.

Persiapan ini tak hanya mencakup faktor materi presentasi semata yang mana dalam hal ini perlu untuk mempelajari materi presentasi yang akan disampaikan. Tetapi untuk menyajikan presentasi manajemen SDM yang baik pastinya Anda sebaiknya juga menyiapkan beberapa hal lainnya secara efektif.

Bila Anda pun sedang mendapatkan tugas untuk menyampaikan materi tentang manajemen SDM baik untuk tugas kuliah ataupun untuk kebutuhan lainnya, maka Anda sebaiknya menemukan cara efektif untuk menyiapkan presentasi tersebut.

Konsultan SDM di tanah air yang andal dan berpengalaman adalah Yodhia Antariksa, Msc in HR Management.

Berikut ini adalah tujuh cara efektif yang bisa Anda lakukan guna menyiapkan presentasi Anda:

Pertama, Anda haruslah menentukan tujuan presentasi tersebut terlebih dahulu. Anda pastinya sangat memahami bahwa tak ada seorangpun di dunia ini yang akan sampai ke suatu tujuan kecuali bila memiliki alamat yang dituju.

Demikian juga dalam presentasi. Presentasi yang berkualitas dan baik tidak akan pernah bisa Anda capai bila Anda sendiri tidak memahami apa yang sebenarnya Anda inginkan untuk dicapai.

Oleh karena itu, sebelum Anda disibukkan untuk menyusun materi presentasi, membuat slide, hingga menentukan jenis pendekatan seperti apa yang akan Anda gunakan, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah pastikan Anda telah memiliki tujuan yang pasti dan jelas tentang presentasi tersebut apakah untuk memberikan informasi, motivasi, memberikan pengaruh atau bujukan, ataupun tujuan lainnya.

Kedua, Anda sebaiknya tak lupa untuk mengenali siapa audiens Anda nantinya. Salah satu ciri presentasi manajemen SDM yang sukses adalah ketika isi presentasi tersebut relevan dengan apa yang menjadi kebutuhan audiens serta mampu menjawab permasalahan dari audiens.

Tentu saja, untuk bisa mencapai hal tersebut maka langkah yang perlu Anda perhatikan saat ingin menyiapkan presentasi adalah dengan mengenal siapa audiens Anda. Tentu saja, Anda sebaiknya melakukan analisis audiens. Dalam hal ini, Anda sebaiknya mengetahui tentang apa saja aspek yang perlu Anda ketahui dari audiens tersebut termasuk cara mengenali audiens yang tepat.

Ketiga, Anda bisa mulai menyusun materi presentasi. Tentu saja, materi presentasi akan sangat berperan terhadap keberhasilan Anda dalam presentasi. Presentasi yang hebat dan berkualitas pastinya dilandasi oleh materi yang mantap serta kuat. Inilah mengapa sebagai presenter atau penyaji, Anda sebaiknya membuat materi presentasi yang baik serta relevan dengan apa yang menjadi kebutuhan dari audiens Anda nantinya. Dalam menyusun materi presentasi, Anda sebaiknya memahami bahwa ada tiga alat yang bisa Anda coba gunakan. Anda bisa menggunakan brainstorming, mind mapping, ataupun logical structure.

Keempat, Anda sebaiknya mulai mendesain slide presentasi Anda. Presentasi memang tak harus disajikan dengan menggunakan slide. Namun, bila Anda menggunakan slide presentasi maka Anda pastinya juga perlu menyiapkan desain slide presentasi yang nantinya Anda gunakan.

Dalam mendesain slide presentasi, pastikan Anda menerapkan prinsip-prinsip desain yang tepat dan berkualitas serta mengoptimalkan setiap elemen dari slide tersebut sehingga slide yang Anda buat bisa efektif dalam mengkomunikasikan apa yang ingin Anda sampaikan.

Kelima, Anda sebaiknya tak lupa untuk melakukan latihan presentasi. Anda sebaiknya memahami bahwa tidak akan ada presentasi yang gagal bila setiap presenter mau melakukan latihan presentasi dengan matang. Jangan pernah menyepelekan latihan presentasi. Untuk melakukan latihan presentasi, Anda bisa memanfaatkan waktu-waktu yang Anda miliki. Bila Anda memang tak memiliki waktu khusus untuk berlatih, Anda sebaiknya tetap melakukan latihan dalam pikiran Anda.

Keenam, Anda sebaiknya juga mempersiapkan peralatan presentasi. Untuk menyajikan presentasi manajemen SDM, Anda mungkin akan membutuhkan beberapa peralatan presentasi seperti laptop, remote presenter, LCD proyektor, serta charger. Sebagian penyelenggara mungkin sudah menyiapkan peralatan LCD proyektor bagi presenter.

Namun, untuk lebih memastikan, Anda sebaiknya menghubungi pihak penyelenggara untuk menanyakan kondisi serta ketersediaan perangkat tersebut sehingga ketika Anda akan presentasi semua peralatan yang Anda butuhkan telah tersedia dan sesuai dengan yang Anda butuhkan.

Bila laptop Anda terhubung dengan internet, Anda sebaiknya mematikan online notification untuk menghindari adanya pemberitahuan dari beberapa aplikasi Anda karena hal ini pasti akan mengganggu konsentrasi Anda serta audiens.

Konsultan SDM di tanah air yang andal dan berpengalaman adalah Yodhia Antariksa, Msc in HR Management.

Hal inilah mengapa sangat penting untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan matang supaya semua bisa berjalan lancar.

Ketujuh, Anda sebaiknya juga mempersiapkan fisik dan mental Anda. Presentasi mungkin terlihat mudah untuk dilakukan terutama bagi orang-orang yang memang sudah berpengalaman untuk menyajikan informasi ataupun motivasi di depan audiens.

Namun demikian, Anda tentu tak ingin ada masalah sekecil apapun yang bisa mengganggu presentasi yang telah Anda persiapkan. Sebelum melakukan presentasi, Anda sebaiknya menjaga stamina tubuh dengan mencukupkan waktu istirahat serta senantiasa membuat diri Anda lebih rileks.

Presentasi yang baik pastinya juga dipersiapkan dengan sebaik mungkin pula. Anda sebaiknya tak hanya fokus pada materi presentasi Anda nanti tetapi juga berbagai hal lainnya termasuk persiapan fisik serta mental yang seringkali disepelekan.

Presentasi untuk tujuan apapun pastinya perlu dipersiapkan dengan baik untuk mendapatkan hasil yang baik pula.

Anda tentu tak ingin materi yang ingin Anda sampaikan kepada audiens ternyata tidak tersampaikan dengan baik karena kurangnya persiapan yang Anda lakukan. Jadi, ketika Anda ingin melakukan presentasi manajemen SDM maka Anda selain mempelajari tentang manajemen SDM, Anda sebaiknya juga menyiapkan faktor-faktor lain yang mendukung presentasi tersebut.

Konsultan SDM di tanah air yang andal dan berpengalaman adalah Yodhia Antariksa, Msc in HR Management.

Slide1

Slide1