Tren Digitalisasi HR dan HR Analytics

Di era perkembangan digital yang semakin massive ini semua proses bisnis dari hulu sampai hilir mulai mengalami proses digitalisasi. Hal ini bisa kita lihat mulai dari sales dan marketing, logistic, sampai HR dan finance juga mengalami proses digitalisasi. Apalagi di tahun 2019 ini, di mana Human Resource Management atau yang lebih kita kenal dengan sebutan HR semakin diramaikan dengan banyaknya keterlibatan pegawai (employee) bersama employer, pengguna teknologi real-time, serta perebutan SDM potensial untuk masa yang akan datang.

Keadaan inilah yang mendorong perusahaan untuk memanfaatkan teknologi digital terutama software HR untuk mengoptimalkan manajemen sumber daya manusia agar bisa lebih baik, efektif dan efisien. Hal ini terlihat dari tahun ke tahun penggunaan Software HR terus meningkat. Ini bukan tanpa sebab atau tanpa alasan, pasalnya Software HR dianggap sangat membantu dalam proses analisis data karyawan dan menghemat waktu dalam penyajian data.

Seperti telah kita ketahui bersama, divisi dalam setiap perusahaan memiliki peran masing-masing, termasuk juga dengan devisi HR (Human Resource). Devisi HR sangat penting bagi perusahaan karena devisi ini merupakan pendukung perusahaan dalam mencari talenta terbaik yang bisa berkontribusi untuk pencapaian dan kemajuan perusahaan.

Devisi HR memiliki banyak tugas yang harus diselesaikan dalam kesehariaanya, mulai dari proses perekrutan, pengembangan karyawan dan sebagainya. Tugas-tugas tersebut akan sangat memakan waktu jika dikerjakan dengan cara tradisional. Untuk itu banyak perusahaan yang mempertimbangkan untuk menggunakan HRIS (Human Resource Information System).

Aplikasi atau software HRIS diyakini sangat membantu para HRD dalam meningkatkan produktivitas kerja mereka. Ini mungkin salah satu manfaat yang bisa didapat ketika menggunakan aplikasi HRIS, masih banyak manfaat-manfaat yang bisa Anda peroleh, apa saja hal itu, simak ulasan berikut:

1. Meningkatkan Produktivitas Kerja HR
Sebagaimana telah disebutkan bahwa aplikasi atau software HRIS bisa meningkatkan produktivitas kerja HR secara keseluruhan. Hal ini karena HRIS dirancang untuk mempermudah serta mempercepat berbagai macam proses administrasi dan pekerjaan HR. sebagai contoh, HRIS bisa membantu menyederhanakan proses pengumpulan Curriculum Vitae (CV) atau resume serta berbagai informasi kandidat dalam proses perekrutan. Selain itu juga HRIS bisa membantu mempermudah manajemen keuangan dalam mengelola keuangan seperti payroll system. Secara keseluruhan HRIS dapat mempermudah serta mempersingkat waktu berbagai pekerjaan.

2. Meminimalisir kesalahan
Banyak pekerjaan HR yang terkait dengan regulasi pemerintah, sehingga kesalahan sekecil apapun akan berakibat fatal, terutama permasalahan hukum dan kerugian finansial perusahaan. Maka dari itu, untuk meminimalisir atau agar kesalahan-kesalahan itu tidak terjadi, HRIS bisa dijadikan sebagai pedoman untuk menghindari berbagai jenis masalah. Hal ini karena hampir semua administrasi HR bisa dilakukan oleh sistem HRIS.

3. Mengawasi Jalannya Perusahaan
Selain mempersingkat waktu dan memudahkan pekerjaan, HRIS juga bisa Anda rancang untuk mengawasi berbagai kegiatan perusahaan agar sesuai dengan aturan yang berlaku. HRIS akan memastikan bahwa perusahaan berada pada koridor hukum dan mematuhi Undang-undang yang berlaku. Di mana hal ini tentunya akan berimbas pada reputasi perusahaan.

4. Menganalisis Performa
Manfaat lain dari HRIS ini adalah kemampuannya dalam menganalisa performa dan metrik yang berhubungan dengan berbagai aspek pendukung dalam pengambilan keputusan. Contoh, HR memiliki tanggung jawab untuk meneliti biaya yang dikeluarkan perusahaan untuk proses perekrutan. Hasil perhitungan dari HRIS dapat dijadikan sebagai bahan untuk membuat keputusan bisnis yang penting serta pembuatan strategi untuk mencapai tujuan perusahaan.

Tren Teknologi HR Tahun 2020

Apa saja tren teknologi HR di tahun 2020 ini, simak ulasannya berikut ini:

Talent Management
Di tengah arus globalisasi saat ini, semakin banyak pelaku bisnis yang menyadari bahwa talent potensial tidak hanya berasal dari lingkup geografisnya, kadang juga berasal jauh dari lingkup geografisnya sendiri. Bahkan, di luar sana banyak talent-talent profesional yang bisa memberikan kontribusi besar bagi perusahaan Anda.

Rekrutmen Jarak Jauh
Saat ini rekrutmen karyawan bisa dilakukan di mana saja tanpa harus bertatap muka secara langsung. Mengingat banyak calon karyawan atau talent profesional yang bisa berkontribusi besar bagi perusahaan Anda berada jauh di luar sana, maka proses rekrutment karyawan bisa Anda lakukan secara online. Rekrutmen secara online bisa dilakukan lewat webcame atau video call. Hal ini tentunya bisa Anda lakukan di mana saja, di rumah, di café sambil menikmati secangkir kopi pun bisa Anda lakukan.

Serba Mobile
Kini teknologi sudah ada dalam genggaman. Hanya perlu beberapa sentuhan di layar gadget, berbagai macam informasi dan tugas atau pekerjaan bisa Anda jalankan. Kemudahan ini membuat calon karyawan, hingga pimpinan perusahaan dapat mengerjakan pekerjaan mereka dengan mudah, semudah memutar musik di gadget mereka. Berkaitan dengan hal itu, menggunakan aplikasi berbasis mobile sangat memudahkan HR untuk memonitoring dan payroll karyawan. Karyawan pun bisa dengan mudah mengajukan cuti, reimbursement, lembur, absensi pun menjadi lebih akurat dan real-time.

Cloud-Based dan AI
Dalam dunia HR, penggunaan perangkat lunak dan juga aplikasi mobile saat ini banyak dipengaruhi oleh banyaknya kemudahan dan manfaat teknologi layanan cloud-based, yang bisa dimonitoring serta digunakan secara real-time. Layanan ini juga memaksimalkan keterlibatan karyawan dalam HRIS, sehingga mempermudah kerja HR.

Selain itu, Artificial Intelligence (AI) saat ini juga banyak bekerjasama dengan cloud-based, sehingga layanan menjadi lebih mudah diperoleh. Ini karena AI mempunyai kemampuan belajar (machine learning), sehingga apabila semakin banyak data dan feedback (dari manusia) diperoleh, AI akan semakin pintar dan cepat dalam memproses data.

Platform Komunikasi
Media atau alat komunikasi yang mudah diakses, digunakan, serta bisa menghubungkan semua karyawan dalam perusahaan semakin banyak diminati akhir-akhir ini. Hal ini atas dasar pengalaman, terkadang karyawan atau pimpinan perusahaan harus mengomunikasikan berbagai hal secara profesional akan tetapi tidak bisa bertemu atau tatap muka secara langsung. Atas dasar itulah, hadir platform komunikasi antar karyawan dalam perusahaan yang fleksibel, mudah diakses dan digunakan.

Itulah beberapa manfaat yang diperoleh dari adanya digitalisasi HR. Dimana produktifitas kerja HR akan meningkat dengan cepat. Bisa Anda bayangkan, betapa mudahnya pekerjaan HRD jika bisa mengurus berbagai macam hal penting terutama soal administrasi perusahaan, seperti absensi, lembur, izin, cuti, shift, hingga payroll dengan hanya menggunakan satu aplikasi.

Kesimpulannya, HRIS akan meningkatkan produktivitas perusahaan, meminimalisir kesalahan akibat human error, memonitoring jalannya perusahaan dan membantu HRD melihat performa karyawan. Berita baiknya HRIS saat ini tidak hanya untuk korporasi, dengan banyaknya vendor penyedia aplikasi HRIS, Anda bisa dengan mudah mendapatkan aplikasi HRIS yang memiliki fitur lengkap dengan harga yang terjangkau dan tentunya sesuai dengan kebutuhan Anda.

Slide1

Slide1