3 Peran Strategis dari Divisi SDM atau Divisi HRD dalam Perusahaan

Wewenang Manajer SDM tidak akan bisa lepas dari susunan kepegawaian dalam perusahaan. Hal ini berkaitan dengan banyaknya sumber daya manusia atau pegawai yang dipekerjakan oleh sebuah perusahaan, sehingga untuk bisa mengontrol dan mengatur segala urusan yang berkaitan dengan kepegawaian dan sumber daya manusia, maka wewenang Manajer SDM sangat penting.

Dalam perusahaan, peran Manajer SDM antara lain adalah mengkoordinasikan, merencanakan serta mengarahkan segala administrasi dan tanggung jawab yang berkaitan dengan sumber daya manusia di dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Wewenang Manajer SDM akan sangat terlihat ketika proses perekrutan, wawancara dan ketika seorang pegawai baru ditetapkan menjadi bagian dari perusahaan atau organisasi.

Selain itu, manajer SDM juga memiliki tanggung jawab untuk berkonsultasi dengan pimpinan dari suatu organisasi sehingga dapat menghasilkan rencana yang strategis untuk mendukung kemajuan dari perusahaan. Selain itu, manajer SDM juga bertindak sebagai penghubung di antara karyawan dan juga manajemen dari perusahaan tersebut.

Mengetahui peran dan wewenang Manajer SDM
Agar lebih jelas lagi, maka wewenang dari seorang manajer SDM dapat dirangkumkan menjadi beberapa hal antara lain adalah, untuk merencanakan serta mengkoordinasi karyawan dan tenaga yang bekerja di perusahaan sehingga orang orang yang direkrut dalam perusahaan adalah orang orang yang memang memiliki bakat untuk membantu memajukan perusahaan.

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Manajer SDM juga bertugas untuk bisa menghubungkan antara orang orang yang bertindak dalam manajerial perusahaan dengan karyawan karyawan yang lain. Manajer SDM juga bertugas untuk dapat memberikan kebutuhan para karyawan dengan seksama.

Wewenang Manajer SDM yang lain adalah untuk memberikan masukan yang tepat kepada para manajer serta pimpinan yang berwenang untuk dapat menghasilkan kebijakan dari perusahaan, dan juga membela karyawan ketika terjadi hal hal yang merugikan karyawan seperti misalnya pelecehan seksual. Manajer SDM memiliki peran yang sangat penting dalam proses perekrutan karyawan dalam perusahaan, seleksi karyawan, wawancara untuk mendapatkan pekerjaan serta penempatan dari karyawan baru.

Manajer SDM juga biasanya merupakan orang yang akan bertugas dan berperan penting dalam mengatasi berbagai isu seputar dunia kerja dan karyawan speerti misalnya adalah ketika terjadi pertikaian dan ketika perlu diadakan peningkatkan kedisiplinan dalam perusahaan. Mengkoordinasi dan mengawasi kerja dari para pegawai dalam perusahaan juga menjadi wewenang Manajer SDM.
Mengapa peran manajer SDM sangat penting?

Peran wewenang Manajer SDM akan sangat terasa ketika adanya penempatan para karyawan baru di pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan potensi mereka. Hal ini akan sangat membantu perusahaan atau organisasi dalam memotivasi dan menjaga para karyawan agar selalu bisa berprestasi sesuai dengan kemampuan dan bidangnya.

Pekerjaan dari manajer SDM akan sangat dekat dengan mengawasi kinerja dari para karyawan, menjaga ketertiban peraturan dari perusahaan serta membantu layanan yang mendukung sumber daya manusia seperti misalnya pelatihan, penggajian serta pembagian keuntungan atau bonis. Manajer SDM akan selalu memastikan bahwa semua pekerjaan diselesaikan dengan sempurna dan tepat waktu.

Peran manajer SDM juga akan berkaitan dengan pekerjaan dari pimpinan perusahaan ketika membuat rencana strategis demi kemajuan dari perusahaan.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Ketika para pemimpin perusahaan sedang memikirkan mengenai rencana dari perusahaan yang strategis yang berhubungan dengan bagaimana cara untuk mengoptimalkan tenaga dan produktifitas dari para karyawan, maka manajer SDM akan memberikan masukan yang terbaik sehingga dapat memastikan cara karyawan agar bisa bekerja dengan seefisien mungkin untuk mencapai tingkat produktifitas yang memuaskan.

Cara ini bisa dilakukan dengan melakukan penilaian dari produktifitas para pekerja serta memberikan rekomendasi bagaimana agar bisa mengganti struktur perusahaan agar lebih efisien dan bisa menghemat biaya anggaran yang harus dikeluarkan.

Peran dari divisi sumber daya manusia
Secara umum, divisi sumber daya manusia yang bukan hanya manajernya saja memiliki peran dan tanggung jawab yang penting dalam sebuah perusahaan. Berikut ini adalah 3 peran penting dari divisi sumber daya manusia di dalam suatu perusahaan.

Peran penasehat.
Divisi sumber daya manusia akan memiliki peran yang penting sebagai konsultan dalam yang memiliki tugas untuk mengumpulkan informasi yang mungkin diperlukan, membantu dalam menentukan solusi yang tepat mengenai permasalahan yang berkaitan dengan sumber daya manusia dan juga untuk memberikan panduan yang tepat