Contoh Makalah Manajemen Sumber Daya Manusia yang Bagus

Membuat makalah manajemen sumber daya manusia yang bagus menuntut Anda menguasa ilmu manajemen SDM secara komprehensif. Dengan penguasaan ilmu manajemen SDM yang lengkap maka Anda akan mampu menyusun makalah manajemen sumber daya manusia yang bagus dan top markotop.

Makalah manajemen sumber daya manusia yang bagus harus memuat semua komponen kunci dalam ilmu manajemen SDM.

Komponen atau manajemen SDM yang pertama adalah proses rekrutmen. Rekrutmen adalah awal dari proses pengembangan SDM yang bagus. Kesalahan dalam merekrut SDM akan berakibat fatal bagi masa depan perusahaan dan dalam jangka panjang bisa membuat bisnis hancur.

Makalah manajemen sumber daya manusia yang bagus memuat semua aspek kunci dalam proses rekrutmen yang efektif. Misal aspek alat tes untuk seleksi, validitas setiap alat seleksi, atau juga aspek tes wawancara berbasis kompetensi.

Proses rekrutmen yang bagus juga dimulai dari iklan lowongan kerja yang menarik. Sekarang terjadi talent war atau banyak perusahaan yang ingin merekrut SDM terbaik. Tanpa promosi dan iklan lowongan kerja yang menarik, maka akan sedikit yang melamar. Akibatnya sumber untuk mendapatkan SDM terbaik juga berkurang.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Aspek kedua dalam ilmu manajemen SDM adalah aspek pelatihan dan pengembangan SDM. Aspek pelatihan dimulai dari proses analisa kebutuha pelatihan yang tepat. Kemudian disertai dengan penyusunan modul pelatihan yang bagus. Lalu kegiatan pelatihan dilakukan dengan efektif. Yang tak kalah penting adalah melakukan proses evaluasi efektivitas training.

Makalah manajemen sumber daya manusia yang bagus harus memuat semua komponen kunci untuk menjalankan proses pelatihan dan pengembangan SDM yang ekselen.

Aspek berikutnya dari ilmu manajemen SDM adalah tentang manajemen kinerha atau mengelola kinerja karyawan.

Penilaian kinerja karyawan harus melakukan evaluasi terhadap dua komponen kunci yakni komponen kompetensi karyawan dan komponen hasil kerja karyawan.

Aspek hasil kerja biasanya diukur melalui serangkaia indikator kinerja yang jelas atau disingkat KPI (key performance indicators).

Banyak perusahaan di Indonesia yang belum menggunakan aspek KPI dalam penilaian kerja karyawannya. Hal ini membuat proses penilaian menjadi kurang obyektif dan tidak terukur.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Makalah manajemen Sumber Daya Manusia yang bagus harus mampu menjelaskan beragam dimensi manajemen kinerja yang lengkap. Mulai dari penetapan target kerja yang terukur melalui KPI, lalu proses monitoringnya dan kemudian bagaimana cara mengukur pencapaian KPI.

Aspek ilmu manajemen SDM berikutnya adalah manajemen karir. Yakni tentang bagaimana pola karir dala perusahaan diterapkan. Perusahaan yang besar mesti mempunyai kebijakan dan panduan karir yang jelas sehingga mampu memotivasi karyawannya.

Manajemen karir yang efektif juga memuat panduan tentang bagaimana mengelola talent management. Bagaimana perusahaan melakukan pengembangan SDM yang unggul, melakukan suksesi untuk menggantikan senior leaders yang pensiun. Lalu bagaimana pula cara menentukan karyawan potensial yang akan dipromosikan.

Makalah manajemen sumber daya manusia yang bagus harus mampu menjelaskan proses pengembangan dan penerapan manajemen karir secara komprehensif.

Apsek berikutnya dari ilmu manajemen SDM adalah tentang manajemen remunerasi. Atau skala gaji yang diberikan kepada karyawannya.

Dalam hal ini perusahaan memiliki salary grading yang jelas, juga kebijakan mengenai besaran gaji, tunjangan, bonus dan insentif bagi karyawan yang memiliki prestasi bagus.

Panduan remunerasi juga memuat kaitan antara kinerja karyawan dengan bonus yang akan diterima. Juga ada panduan mengenai hubungan pencapaian KPI dengan kenaikan gaji yang akna diterima.

Makalah manajemen sumber daya manusia yang bagus harus memuat secara lengkap semua panduan mengenai manajemen remunerasi yang optimal.

Aspek lain dari ilmu manajemen SDM adalah tentang HRIS atau human resource information system. Aspek ini menjelaskan mengenai bagaimana perusahaan mengelola data-data karyawan, baik data demografi karyawan, data sejarah karir karyawan, data kinerja karyawan dan juga data sejarah pelatihan yang pernah diikuti oleh karyawan.

Semua data tersebut dikelola melalui aplikasi HRIS yang bagus dan otomatis.

Makalah manajemen SDM yang bagus harus mampu menjelaskan mengenai apa saja yang perlu disiapkan dalam membangun HRIS yang unggul.

Demikianlah sekilas informasi mengenai cara menyusuna makalah manajemen SDM yang bagus. Makalah manajemen sumber daya manusia yang lengkap harus mampu menjelaskan semua aspek dalam ilmu manajemen SDM secara komprehensif. Aspek itu adalah rekrutmen, pelatihan dan pengembangan, aspek manajemen kinerja, aspek manajemen karir, aspek remunerasi dan aspek HRIS.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!