Strategi Pengembangan SDM Bank Mandiri

Tentunya kita semua sudah memahami bahwa Bank Mandiri adalah salah satu bank swasta terbesar di Indonesia, di mana struktur organisasi sudah tertata dengan baik dan masing-masing individu yang bekerja di dalamnya sudah tahu bentuk dan jenis tanggung jawab yang mesti diemban.

Tentunya Bank Mandiri tidak akan bisa menjadi salah satu bank terbesar jikalau tidak didukung oleh pengembangan Sumber Daya Manusia yang mumpuni.

Di titik ini, artikel ini tidak akan berbicara tentang profil dan sejarah Bank Mandiri. Yang lebih penting dari itu adalah soal proses pengembangan SDM di Bank Mandiri yang menopang bangunan struktur perusahaan secara keseluruhan.

Dengan kata lain, orang harus bertanya strategi pengembangan SDM macam apa yang digalakkan oleh Bank Mandiri sehingga bank tersebut bisa menjadi salah satu bank swasta terbesar di Indonesia.

Dengan kapasitas perusahaan yang sangat besar, orang pada intinya bisa melihat keseriusan Bank Mandiri dalam mengembangkan jejaring dan struktur organisasinya melalui penyampaian misi organisasi. Dan pada dasarnya, misi Bank Mandiri bisa diringkas melalui lima poin berikut:

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

 Perawatan yang bertujuan untuk kepentingan lingkungan dan masyarakat

 Misi yang disusun digunakan untuk mengelola pelaksanaan program

 Bank Mandiri memiliki misi untuk memberikan manfaat yang maksimum bagi para pemangku kepentingan terkait

 Bank Mandiri mengusung misi untuk mengembangkan sumber daya manusia yang profesional

 Segala macam produk Bank Mandiri diarahkan guna memenuhi berbagai macam kebutuhan pasar

Berdasarkan banyak cerita, Bank Mandiri selalu menyisihkan anggaran yang sangat besar untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Di tahun 2013, misalnya, bank tersebut mengeluarkan dana sebanyak 400 miliar rupiah guna melatih tenaga kerja baru. Dana sebesar itu juga dipakai untuk mengirimkan para karyawan terbaik untuk belajar di luar dan di dalam negeri.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Sampai di sini, orang bisa melihat bahwa dana yang besar menjadi sangat penting bagi pengembangan SDM, oleh karena ia bisa dipakai untuk mendidik karyawan hingga menjadi individu-individu dengan kualitas seperti yang diinginkan oleh perusahaan.

Kendati demikian, gelontoran dana besar hanyalah satu usaha dari sekian banyak strategi pengembangan SDM yang dilakukan Bank Mandiri.

Yang paling penting dari pengembangan SDM internal adalah pembekalan di bidang/wilayah tertentu, di mana Bank Mandiri pernah mendatangkan seorang pakar internasional bernama Marshal Goldsmith untuk berbicara mengenai kepemimpinan.

Saran dari seorang pakar internasional menjadi penting, terutama supaya para karyawan/pimpinan tahu apa yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan supaya ia bisa maju. Pelatihan dan pembekalan menjadi sebuah metode penting yang bisa dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk meningkatkan kualitas karyawannya.

Bila dirinci lebih jauh lagi, keberhasilan Bank Mandiri dalam mendidik karyawannya, sehingga tercipta SDM yang unggul dan berkualitas, bukan hanya pada soal pemberian pelatihan dan pembekalan, melainkan bisa ditelisik melalui beberapa hal, yakni:

1. Metode perekrutan karyawan. Dikatakan bahwa saat ini Bank Mandiri berfokus pada soal pengembangan tenaga kerja dengan menyasar fresh graduate dari univesitas tertentu. Para fresh graduate disasar untuk kemudian dididik menjadi tenaga ahli yang diperbantukan di cabang daerah.

Berkaitan dengan cara ini, Bank Mandiri mengembangkan program Regional Office Development, di mana rekrutan diutamakan pada orang-orang/calon karyawan yang merupakan putra-putri asli dari daerah tertentu. Ini dilakukan demi mengurangi adanya pembajakan tenaga kerja.

2. Dalam upaya membangun sumber daya manusia yang berkualitas, Bank Mandiri selalu berkiblat pada pemb