Tahapan dan Cara Menjadi Motivator SDM dan Bisnis yang Sukses

Siapa yang tidak mengenal nama Mario Teguh, yang merupakan salah seorang motivator terkenal yang ada di Indonesia. Banyak lagi nama-nama lain yang sudah cukup populer baik di dalam negeri hingga mereka yang dikenal secara di dunia internasional sebagai seorang motivator.

Seorang motivator adalah orang yang mampu memotivasi orang lain untuk bisa tetap semangat dalam menjalani hidup untuk bisa menjadi seseorang yang jauh lebih baik atau memotivasi seseorang untuk tetap bersemangat dalam mengejar cita-cita mereka.

Banyak orang yang kemudian memimpikan untuk bisa menjadi seorang motivator yang terkenal. Ada banyak alasan untuk hal ini.

Pendapatan yang cukup besar serta kesempatan untuk bisa berkeliling berbagai kota di tanah air ataupun berkunjung ke negara lain tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun hanyalah salah satu diantaranya. Ada juga yang mengejar kepuasan batin karena keberhasilan mereka untuk bisa memotivasi orang lain merupakan sebuah hal yang akan membawa kebahagiaan tersendiri bagi diri mereka.

Menjadi seorang motivator handal seperti ini bukanlah proses yang dapat terjadi hanya dalam waktu semalam saja. Usaha, kerja keras dan doa adalah kunci utama agar seseorang bisa sukses menjadi seorang motivator.

Download 37 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Mereka yang benar-benar ingin untuk bisa sukses menjadi seorang motivator perlu terus belajar untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam memotivasi orang lain, yang tidak bisa dikatakan sebagai sebuah hal yang mudah.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh orang-orang yang ingin mejadi seorang motivator yang lebih baik dan terkenal yaitu :

1. Menyiapkan goal atau tujuan yang jelas dalam setiap pelatihan motivasi yang diberikan
Setiap orang atau setiap pendengar tentunya ingin mendapatkan kejelasan mengenai apa yang akan mereka dapatkan dalam sebuah pelatihan motivasi.

Sang motivator hendaknya memahami dengan jelas mengenai hal ini dan menyiapkannya sejak dini. Hal yang perlu dilakukan adalah menyiapkan judul pelatihan yang menarik, yang akan memberi gambaran pada semua orang yang melihatnya. Selain itu, rancanglah materi dalam point-point yang jelas, yang nantinya akan disampaikan.

2. Menjadi seorang motivator yang orisinil
Seorang motivator yang terkenal biasanya memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan mereka dengan motivator lainnya. Orisinalitas inilah yang biasanya akan mengangkat nama seseorang jauh lebih cepat daripada mereka yang tidak orisinil.

Ada berbagai cara yang bisa ditempuh untuk bisa menjadi seorang yang orisinil dan hal ini bisa muncul dalam berbagai aspek misalnya saja aspek berpakaian, cara penyampaian materi yang berbeda dengan yang lain (dengan menggunakan alat bantu atau permainan khusus), atau bisa juga dengan menciptakan quote-quote yang segar, yang belum pernah ada sebelumnya.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

3. Kembangkan sifat interaktif
Sifat interaktif atau mengajak para penonton atau mereka yang menghadiri pelatihan untuk turut serta diatas panggung akan bisa membuat orang-orang merasa lebih dekat dengan sang motivator. Doronglah mereka untuk aktif dan berbicara dalam pelatihan tersebut.

Ingatlah bahwa seorang motivator akan jauh lebih sukses bila mereka tidak hanya terus menerus berbicara, namun juga membagi waktu mereka untuk mendengarkan apa yang hendak disampaikan oleh orang lain.

4. Memiliki kemampuan untuk memotivasi diri sendiri
Seorang motivator adalah seorang manusia biasa yang juga bisa merasa sedih dan terpuruk. Jangan biarkan hal ini sampai mempengaruhi performa penampilan mereka sebagai motivator. Mereka harus mampu memotivasi diri sendiri agar bisa tetap tampil lebih baik. Mereka juga bisa menjadikan momen ini sebagai salah satu bahan yang bisa dipergunakan untuk memotivasi orang lain.

Menjadi motivator terkenal adalah cita-cita yang bisa dicapai seiring dengan berjalannya waktu. Mulailah dari lingkup yang kecil dan dengan peningkatan kualitas, maka seorang motivator akan masuk ke dalam lingkup yang lebih besar yang akan membawa nama mereka menjadi jauh lebih populer.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!