Website Terbaik dalam Ilmu Manajemen SDM

Manajemen SDM atau disingkar juga dengan MSDM merupakan ilmu yang menerangkan cara mengatur peranan dan hubungan sumber daya atau tenaga kerja. Pengaturan ini dilakukan secara efektif dan efisien agar dapat digunakan dengan maksimal untuk mencapai tujuan bersama dari perusahaan. Manajemen SDM dalam kajiannya akan menggabungkan antara berbagai bidang ilmu, yaitu seperti sosiologi, psikologi, dan bidang ilmu lainnya yang sesuai.

Yang menjadi unsur utama dari manajemen SDM yaitu manusia. Ini karena SDM berhubungan erat dengan kinerja manusia. Manajemen SDM akan behubungan dengan implementasi dan desain dari sistem perencanaan. Penyusunan dan pengembangan karyawan, evaluasi kerja, pengelolaan karier, kompensasi karyawan, serta hubungan baik antara ketenagakerjaan.

Manajemen SDM akan melibatkan seluruh keputusan serta praktik manajemen. Tentunya ini akan mempengaruhi sumber daya manusia secara langsung. Oleh karena itu, perusahaan akan merasa beruntung jika menggaet manajerial yang cukup briliyan, yang akan melakukan manajemen dengan baik.

Manajemen SDM dilakukan dengan cara mencapai tujuan organisasi atau perusahaan lewat pengaturan orang lain. Setiap orang akan ditanamkan agar melakukan pekerjaan sesuai yang dibutuhkan. Manajemen ini juga dilakukan guna pendayagunaan manusia, dimana prosesnya dilakukan dengan fungsi perencanaan, seleksi dan rekrutmen, pengembangan SDM, perencanaan dan pengembangan karir, kesehatan dan keselamatan kerja, kesajahteraan dan pemberi kompensasi, dan hubungan industri.

Manajemen SDM menjadi penting dalam memanajemen tenaga kerja melalui proses pendayagunaan, pengaturan, pengurusan, pembinaan dan pengembangan unsur dari tenaga kerja. Manajemen dilakukan pada semua SDM, baik yang memiliki status buruh, karyawan, atau pegawai.

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Manajamen SDM berusaha mengatur agar segala kegiatan dapat dicapai sesuai hasil yang diharapkan oleh individu, perusahaan, badan usaha, lembaga ataupun instansi tertentu. Dengan begitu, manajemen SDM ini dapat meningkatkan daya guna sebesar-besarnya dengan tetap terkendali.

Pengelolaan individu atau kelompok kerja dalam proses manajemen SDM meyangkut pada evaluasi kerja. Manajemen ini berpijak pada proses pendayagunaan dari manusia agar potensi psikis dan fisik yang dimiliki manusia dapat berfungsi maksimal dalam tercapainya tujuan suatu perusahaan. SDM dengan potensi yang baik akan membantu perkembangan perusahaan, sehingga setiap kinerja sebaiknya dipertahankan dan ditingkatkan.

Fokus yang dipelajari dan digarap manajemen SDM adalah masalah yang berkaitan dengan manusia atau tenaga kerja manusia. Karena itu, manajemen SDM hadir hanya mengurusi bidang khusus yang berhubungan langsung dengan peranan tenaga kerja. Mengatur peran dan hubungan tenaga kerja diharapkan bisa mewujudkan tujuan perusahaan secara efisien dan efektif.

Manajemen SDM dekat hubungannya dengan analisis pekerjaan dan evaluasi pekerjaan. Bidang SDM ini dapat dilakukan dalam sudut pandang berbeda. Ada dua dari sudut pandang yang perlu diperhatikan, yaitu dari sudut pekerjaan, dan dari sudut pekerja.

Menganalisis dan mengevaluasi pekerjaan dalam manajemen SDM ini dapat dilihat dari pekerjaan itu sendiri. Sedangkan, dari sudut pekerja terdapat kegiatan pengadaan karyawan, pengembangan dan pelatihan, penilaian kinerja, promose, kompensasi atau pun berhubungan dengan pemutusan kerja, yang keseluruhan hal ini merupakan hal yang menjai perhatian utama dari sisi penilaian pekerja.

Manajemen SDM menjadi bagian integral dari organisasi besar dan perusahaan yang bisa diamati sehari-hari. Manajemen SDM ini biasanya lebuh merujuk pada departemen tertentu yang tugasnya menaungi sistem kerja yang menjaga hubungan antara para pekerja di suatu perusahaan. Tentunya departemen ini terlibat dalam hal-hal yang berhubungan dengan pendidikan dan kesejahteraan karyawan, perekrutan karyawan, dan analisis kebijakan perusahaan yang berhubungan dengan karyawan.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

Tanggung jawab yang dipikul bagian manajemen SDM terbagi dalam beberapa hal. Pertama, manajemen SDM bertanggung jawab dalam desain organisasi. Selanjutnya ia berperan dalam mengelola penilaian kinerja karyawan, pengaturan pekerja atau karyawan dalam analisis kerjanya, mengatur penghargaan untuk karyawan berdasarkan manfaat dan kepatuhan yang diberikan. Yang terpenting, manajemen SDM bertanggung jawab dalam mengembangkan karyawan dan organisasi.

Manajemen SDM intinya berfokus pada hal-hal yang berhubungan dengan karyawan. Bidang manajemen SDM ini akan terkait dengan pengorganisasian tugas, yang berhubungan dengan struktur dan desain organisasi. Ini harus dijalankan dengan mengindetifikasi fungsi dari pekerjaan, mengindetifikasi kompetensi dan keterampilan individu yang dibutuhkan. Selain itu, juga harus meninjau masalah organisasi dan merekomendasikan solusi atau perbaikan.

Fungsi manajemen SDM yang paling terlihat adalah dalam mengorganisasian sumber daya. Dalam fungsi ini manajemen SDM dituntut untuk dapat menganalisis kebutuhan karyawan. Fungsi ini juga mengisyaratkan agar manajemen SDM juga melakukan perekrutan karyawan jika memang dibutuhkan dalam rangka pengembangan dan pengoptimalan kerja di perusahaan.

Perekrutan yang dilakukan ini juga terkait pada peyebaran iklan yang berisi rekrutmen. Biasanya dalam rekrutmen ini akan diadakan wawancara yang bisa dikelola oleh manajeman SDM. Perannya tidak sampai disini saja, tetapi juga hingga pengaturan kontrak kerja. Disini manajemen SDM juga memiliki tanggung jawab mengatur pemberhentian karyawan, baik karena pengunduran diri atau pun berhubungan dengan masa pensiun.

Penilaian kinerja dari karyawan juga dapat dilakukan oleh manajemen SDM, yang akan memakai kriteria tertentu dalam penilaian. Manajemen SDM akan memonitor segala tindakan kerja selama ini, dan mengukur kinerja tersebut dengan mengevaluasiya. Monitoring ini biasanya dilengkapi dengan dokumentasi kerja yang berefek pada kemajuan atau kemunduran perusahaan.

Itulah berbagai peran yang melekat pada bidang manajemen SDM, sehingga bidang ini sangat krusial karena mencakup semua aspek yang berhubungan dengan tenaga kerja atau karyawan. Tugas manajemen SDM ini begitu penting dalam pengaturan. Tentunya pengaturan ini menjembatani hubungan karyawan dan perusahaan dapat terhubung dengan baik, kuat, dan kokoh untuk mendatangkan manfaat yang besar bagi setiap perusahaan.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan GRATIS 3 ebook bagus tentang Strategi Pengembangan SDM, Manajemen Karir, dan Success Mindset. GRATIS!!!