Pelajarilah Pengelolaan SDM yang Baik Melalui Buku manajemen SDM yang Tepat!

Mempelajari ilmu manajerial SDM kini tidak lagi menjadi suatu hal yang sulit dengan hadirnya deretan buku manajemen SDM  berkualitas yang dapat menjadi acuan dalam pengelolaan SDM bagi pebisnis khususnya bagi pebisnis yang baru memulai merintis usahanya.

Bagi pebisnis pemula yang masih sangat awam akan dunia manajerial tentu suatu kesulitan tersendiri saat harus dihadapkan pada tuntutan memimpin dan mengelola SDM yang dimiliki. Tentunya menjadi sebuah tanda tanya besar tentang bagaimana tahapan awal, bagaimana mengelola SDM yang baik sesuai dengan prosedur dan bagaimana memaksimalkan kinerja SDM dan menciptakan tim yang solid yang memiliki satu kesatuan dalam prinsip membangun perusahaan.

Bagi sebagian pebisnis, mempelajari bisnis mereka lakukan dengan bergantung pada prinsip bisnis yaitu learning by doing ataupun trial and error di mana pada prinsip ini pebisnis dituntut untuk terjun langsung dalam mengelola bisnis mereka. Menggunakan insting dalam melangkah dan mengambil keputusan sekalipun kegagalan bisa jadi ada di depan mata. Mencoba dan terus mencoba. Melakukan evaluasi dan menelaah kesalahan yang dilakukan pada percobaan sebelumnya, memperbaiki dan mencoba kembali.

Hal inilah  yang nantinya akan membangun karakter pantang menyerah di dalam diri seorang pebisnis dan dengan semua proses tersebut akan ditemukan kunci dari kesuksesan sebuah perusahaan. Semua ini sejalan seperti apa yang kerap diungkapkan para pebisnis ulung yang telah malang melintang dan makan asam garam dalam membangun bisnis mereka. Tidak ada sesuatu yang instan, tidak ada jalan yang selalu mudah, rintangan dan kegagalan sering kali tak dapat untuk dihindari, namun ketika kita tetap fokus dan teguh pada tujuan kita untuk membangun perusahaan yang sukses. Semua proses itu akan menjadi penempaan bagi jiwa bisnis kita dan karenanya kita akan menjadi pebisnis yang tangguh. Salah satu hal yang membuat kita kagum dari para pebisnis ulung tersebut selain mental baja dan pemikiran brilian mereka adalah bagaimana mereka bisa memiliki tim yang sangat solid. Keberhasilan mereka dalam menjalin relasi dan mengelola SDM dengan sangat baik sehingga terciptanya SDM yang kompeten yang mampu memajukan perusahaan.

Pun demikian, bagi para pemula dalam dunia bisnis, Anda tidak perlu berkecil hati dan merasa sangat mustahil untuk dapat menjadi seperti mereka, para pebisnis sukses dunia. Kini apa pun dapat dipelajari termasuk ilmu untuk membangun bisnis kita. Agar tidak terlalu sembrono dalam melangkah kita dapat memperkaya diri dengan ilmu terlebih dahulu. Salah satu caranya dengan belajar melalui buku-buku bisnis.

Salah satu buku yang wajib Anda pelajari adalah buku manajemen SDM. Mengapa demikian? Karena kita membangun usaha kita dengan bantuan SDM tentunya. Merekalah bala tentara kita dalam membangun usaha yang sedang kita rintis. Bagaimana jadinya jika kita tidak apik dalam memilih dan mengelola SDM yang kita miliki? Nasib perusahaan kita akan menjadi taruhannya.

Mengelola SDM memang telah menjadi problematika tersendiri bagi para pelaku bisnis. Pasalnya, SDM Memiliki latar belakang dan karakter serta pola pikir yang berbeda-beda. Di sini kita di tuntut untuk mendidik mereka semua agar dapat sepemikiran dalam membangun bisnis kita. Dan tentunya tugas mendidik SDM haruslah dibekali dengan ilmu yang mumpuni. Untuk itu proses belajar perlu kita lakukan. Lalu, bagaimana cara memilih buku manajemen SDM yang tepat? Dan buku manajemen SDM seperti apa yang dapat kita jadikan sebagai acuan dalam mengelola SDM yang kita miliki?

Hal pertama yang dapat kita cermati dalam sebuah buku adalah penulis dan latar belakang yang mereka miliki. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh pada isi dari buku tersebut. Terlebih untuk buku yang berkaitan dengan pengembangan bisnis. Buku yang tersedia di pasaran banyak sekali jumlahnya, namun kita tahu hanya beberapa yang berkualitas.

Ada kalanya buku Manajemen SDM hanya disusun dari teori-teori yang di sadur sana sini dari berbagai sumber. Memang  hal ini bukan suatu kesalahan juga apabila memang sumber yang diambil adalah sumber yang kompeten dan ini akan menjadi buku yang berkualitas ketika disusun secara sistematis dengan intuisi yang baik dari penulis tersebut. Dan di sini kita juga harus jeli mencari buku mana yang bagus dan berkualitas.

Namun untuk hal ini Anda tidak perlu kehilangan arah. Karena saat ini banyak sekali buku manajemen SDM yang ditulis atau disusun oleh pebisnis ulung yang ingin membagikan ilmunya pada pebisnis yang lain. Banyak buku yang kita temui di pasaran yang ditulis oleh pebisnis ulung dunia dan rata-rata buku-buku ini menjadi best seller.

Bukan hanya nama besar mereka yang menjadi faktor larisnya buku yang mereka tulis. Melainkan Ilmu-ilmu yang mereka ruangan dalam buku tersebut lah yang menjadikan buku mereka menjadi buku yang sangat direkomendasikan untuk dipelajari oleh pebisnis lainnya. Tentu dalam buku-buku seperti ini ilmu-ilmu yang tertulis bukan hanya bersifat teoritis karena telah di praktekkan langsung dan teruji oleh narasumber atau penulis.

Slide1

Dalam buku manajemen SDM khususnya, mereka bukan hanya membagi tahapan-tahapan yang strategis dan tepat dalam  proses  terciptanya manajemen SDM yang baik. Melainkan, biasanya mereka akan membagi kesalahan-kesalahan langkah yang pernah mereka ambil dan Anda dapat menjadikan ini sebagai pelajaran tersendiri agar tidak sampai Anda terapkan pada perusahaan Anda.

Langkah selanjutnya dalam memilih buku manajemen SDM yang baik adalah buku yang memaparkan tahapan-tahapan manajerial SDM secara sistematis, dimulai dari proses perencanaan, proses penyeleksian SDM, pelatihan atau mengelola SDM yang telah ada, dan proses supervisi dan pengendalian kualitas SDM dan dilengkapi dengan metode-metode kepemimpinan yang baik agar dapat memimpin dan mengelola SDM dengan baik. Jika poin-poin tersebut terdapat pada buku manajemen SDM maka buku tersebut bisa dijadikan acuan dan bekal untuk Anda pelajari secara mendalam lalu terapkan secara step by step. Jangan terburu-buru untuk menghabiskan halaman demi halaman. Yang harus Anda lakukan adalah pelajari perlahan lalu mulailah praktek dari halaman satu ke halaman lainnya. Dengan ini akan mencapai penguasaan ilmu teori dan praktek secara runut sistematis dan terstruktur  dan tentunya akan sangat berpengaruh pada pengembangan dan pengelolaan SDM yang sedang Anda lakukan.

Dari semua hal yang telah dijabarkan di atas, ada satu poin penting yang perlu Anda tanamkan dalam hati dan pikiran Anda. Rasa optimis dan selalu haus akan belajar perlu tertanam di sana. Jangan pernah berkecil hati dan takut untuk memiliki mimpi yang besar. Karena pengusaha-pengusaha sukses dunia berangkat dari pribadi yang bukan siapa-siapa namun memiliki semangat dan mimpi besar serta kemauan untuk maju dan belajar yang tinggi sehingga karenanya perlahan mimpi tersebut mendekat dan dapat mereka raih. Terus genggam mimpi besar Anda, belajar dan teruslah berusaha salah satunya dengan mempelajari buku manajemen SDM yang tepat dan jadilah salah satu dari mereka. Salam sukses!

Slide1

Slide1