Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia dan Definisi Manajemen SDM

Sebuah organisasi atau perusahaan pasti membutuhkan sumber daya manusia untuk membantu menjalankan kegiatan dalam bidang tertentu. Sumber daya manusia ini merupakan pelaksanaan visi-misi organisasi yang perlu diseleksi dengan baik. Hal inilah yang menjadikan manajemen SDM atau sumber daya manusia menjadi salah satu faktor terpenting dalam sebuah organisasi atau perusahaan.

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Umumnya manajemen SDM dipahami sebagai salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk dapat mengatur sumber daya manusianya yang nantinya akan diarahkan untuk dapat mencapai tujuan perusahaan. Manajemen sumber daya ini fokus pada rekrutmen sumber daya manusia, pengarahan, dan pengelolaan guna mencapai tujuan perusahaan yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Adapun salah satu bentuk penerapan manajemen sumber daya manusia adalah menghadirkan divisi Human Resource atau HR. Divisi ini nantinya akan memberikan pengetahuan tentang perusahaan, layanan administrasi, manajemen talenta, pembinaan, pelatihan, pengawasan, hingga saran hukum bagi sebuah perusahaan. Oleh karena itu, peran divisi HR sangat penting agar dapat mencapai tujuan organisasi.

Selain berbagai fungsi tersebut, divisi Human Resource juga mempunyai tanggung jawab yang besar dalam mengembangkan perusahaan dengan cara mengimplementasi kultur perusahaan ke seluruh sumber daya manusia yang ada di perusahaan tersebut. Kemudian divisi Human Resource juga bertanggung jawab untuk memastikan agar seluruh karyawan dapat bekerja secara maksimal selama di perusahaan dengan cara memberikan pemberdayaan karyawan.

Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia

Berdasarkan pengertian di atas, tentu dapat disimpulkan bahwa manajemen SDM memiliki peran yang krusial dan kontribusi besar untuk sebuah perusahaan. Melalui sumber daya manusia ini, maka pengelolaan terhadap semua kegiatan perusahaan yang melibatkan elemen sumber daya manusia akan berjalan dengan lebih mudah.

Tentu saja hal ini tidak terlepas dari fungsi manajemen SDM itu sendiri. Di bawah ini adalah penjelasan tentang berbagai fungsi manajemen sumber daya manusia yang perlu untuk diketahui.

  1. Staffing atau Employment

Fungsi pertama yang perlu diketahui dari manajemen sumber daya manusia adalah staffing atau yang biasa dikenal dengan pengelolaan terhadap tenaga kerja di sebuah organisasi. Dalam implementasinya, staffing ini dapat dilakukan dalam tiga tahap, yakni perencanaan, penarikan, dan juga seleksi. Staffing mempunyai peran yang cukup krusial karena dapat membantu perusahaan dalam merekrut sumber daya manusia yang berkualitas dan sesuai dengan visi misi perusahaan agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik.

  • Performance Evaluation

Fungsi lainnya adalah performance evaluation, dimana manajemen SDM bertanggung jawab terhadap proses pembinaan dan pengawasan tenaga kerja. Hal ini tentu akan memudahkan perusahaan ketika akan melakukan evaluasi karyawan maupun calon karyawan yang sudah terpilih. Proses evaluasi ini dilakukan berdasarkan dengan standar yang sudah ditetapkan oleh divisi sumber daya manusia.

  • Compensation

Compensation merupakan fungsi untuk mengatur gaji karyawan di perusahaan tersebut. Fungsi ini menjadi suatu bentuk penghargaan yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan atas kinerja mereka. Selain itu, pengelolaan gaji juga dapat memberi pengaruh yang sangat signifikan terhadap iklim kerja suatu organisasi.

Slide1
  • Training and Development

Fungsi selanjutnya dari divisi sumber daya manusia adalah mengadakan pusat pelatihan yang dilakukan oleh seluruh elemen sumber daya manusia di perusahaan tersebut. Tujuannya adalah untuk membuat karyawan dapat bekerja secara maksimal. Tidak hanya itu saja, sumber daya manusia juga bertanggung jawab untuk memberi solusi terhadap adanya kendala yang kerap dialami oleh karyawan supaya kinerja mereka dapat maksimal kembali.

  • Employee Relation

Fungsi manajemen SDM selanjutnya adalah berupaya untuk membangun relasi yang baik dengan pihak lainnya terkait dengan tenaga kerja. Contohnya seperti serikat pekerja. Hal ini bertujuan agar iklim kerja dapat tercipta secara kondusif sehingga karyawan bisa mengatasi permasalahan yang dialaminya dengan baik. Relasi juga memiliki tujuan untuk menghindari adanya kemungkinan karyawan melakukan demonstrasi terhadap perusahaan.

  • Personal Research

Sebagai divisi sumber daya manusia, tentu tugas utamanya adalah untuk mengatasi segala permasalahan yang dihadapi oleh karyawan selama berada di lingkungan perusahaan. Manajemen sumber daya manusia harus mampu melakukan analisis yang tepat terhadap segala permasalahan karyawan, seperti PHK dan juga memberi solusi yang tepat. Hal ini perlu dilakukan oleh divisi sumber daya manusia agar tidak mengganggu kinerja mereka di perusahaan.

  • Safety and Health

Iklim yang kondusif, aman, sehat, dan menyenangkan akan membuat karyawan memiliki kinerja yang maksimal sehingga hasil pekerjaannya pun menjadi lebih baik. Hal ini juga merupakan bagian dari tugas divisi sumber daya manusia dalam sebuah perusahaan, yakni memberi jaminan keselamatan kerja dan juga kesehatan bagi semua karyawan di dalam organisasi.

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Perusahaan yang tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas tentu akan membuat kinerja karyawannya menjadi berantakan. Oleh karena itulah, perusahaan harus memiliki target dan tujuan yang ingin dicapai. Manajemen SDM akan membantu perusahaan untuk bisa mencapai tujuan tersebut.

Adapun tujuan dari manajemen sumber daya manusia menurut Sunarto adalah sebagai berikut.

  • Merekrut sekaligus mempertahankan sumber daya manusia yang dianggap terampil, bermotivasi tinggi, dan juga dapat dipercaya dalam menjalankan tugas organisasi.
  • Melakukan peningkatan dan perbaikan terhadap mutu dan kualitas sumber daya manusia di sebuah organisasi dengan cara melakukan kegiatan operasional yang dapat mengembangkan kemampuan, kecakapan, dan kontribusi sumber daya manusia.
  • Mengembangkan sistem kerja perusahaan yang efektif melalui adanya prosedur perekrutan dan juga seleksi calon sumber daya manusia bagi sebuah organisasi.
  • Mewujudkan lingkungan kerja yang nyaman, harmonis, dan juga produktif bagi semua sumber daya manusia yang ada di dalam organisasi.
  • Menyeimbangkan keperluan sumber daya manusia yang ada di dalam organisasi.
  • Melakukan penghargaan kepada sumber daya manusia yang memiliki prestasi kerja dan pencapaian yang berhasil diraihnya.
  • Meningkatkan kesejahteraan sumber daya manusia di dalam perusahaan, baik secara jasmani maupun rohani.
  • Memberi kesempatan yang sama kepada setiap sumber daya manusia di perusahaan untuk dapat bekerja dengan maksimal.
  • Melakukan pendekatan humanis kepada sumber daya manusia dalam pengelolaan karyawan dengan menggunakan asas transparansi, keadilan, dan juga perhatian.
  • Pengelolaan terhadap sumber daya manusia dengan cara memperhatikan perbedaan kebutuhan terhadap setiap individu maupun kelompok ketika mengeluarkan pendapat.

Selain tujuan manajemen SDM yang dikemukakan oleh Sunarto, terdapat pula tujuan manajemen sumber daya manusia yang dikemukakan oleh Sedarmayanti yang terbagi menjadi beberapa bagian, yakni tujuan sosial, tujuan organisasional, tujuan fungsional dan juga tujuan pribadi atau tujuan individual.

Demikian penjelasan tentang pengertian, fungsi, dan tujuan manajemen SDM yang dapat Anda ketahui. Setelah menyimak penjelasan tersebut, tentunya Anda menjadi semakin paham akan pentingnya divisi sumber daya manusia dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Oleh karena itulah, tidak heran jika semua organisasi atau perusahaan pasti memiliki divisi sumber daya manusia untuk membantu mengembangkan perusahaan mereka.

Slide1

Slide1