Kiat Menjadi Manajer HRD atau Manajer SDM yang Andal dan Hebat

Dalam setiap perusahaan pasti ada bagian yang namanya adalah bagian ketenagakerjaan. Bagian ini biasa disebut juga sebagai HRD atau human resources development yang bertugas mengurus semua keperluan karyawan seluruh bagian dan lapisan dari yang paling rendah sampai ke bagian yang paling tinggi.

HRD bisa dikatakan berada pada posisi tengah yang mana akan menjadi jembatan antara karyawan atau bawahan dengan atasan seperti direksi, pemegang saham, dll.

Untuk itu, HRD harus bisa bersikap netral tanpa memihak mana pun tetapi harus mampu memberi kan solusi atas setiap permasalahan yang ada.

Bisa dikatakan HRD adalah bagian atau bidang kerja yang independen di suatu perusahaan yang harus mengurus dan berhubungan dengan banyak pihak luar seperti dinas ketenagakerjaan, pihak asuransi, jamsostek, dll sebagai perlengkapan untuk pemberian fasilitas bagi semua karyawan yang berada di perusahaan tersebut. Karena itulah HRD yang independen ini juga membutuhkan seorang pemimpin yang biasa disebut HRD manager.

Sering kali permasalahan yang timbul adalah orang-orang HRD yang dikenal tidak ramah, judes atau kaku. Padahal banyak sekali keperluan yang harus melewati HRD seperti klaim perjalanan dinas, klaim biaya kesehatan, klaim kendaraan dinas, dll.

Download Now >> 17 Materi Pelatihan SDM yang Cetar Membahana dan Top Markotop....

Nah, citra seperti ini lah yang seharusnya mulai dihilangkan oleh orang-orang super yang bekerja sebagai HR di suatu perusahaan.

Termasuk pimpinanya yang juga harus tahu benar bagaimana cara menjadi seorang manager HRD tanpa harus menjadi seorang yang arogan, kasar atau subjektif terhadap karyawan dan bawahannya. Disini ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda pelajari jika Anda berminat menjadi seorang HRD manager di suatu perusahaan apa pun itu karena pada dasarnnya prinsip dan garis besarnya adalah sama.

• Seorang HRD manager harus lah memiliki jiwa kepemimpinan yang cukup baik. Baik disini berarti Anda harus mampu menjadi kepala yang bisa mengayomi bawahan Anda dengan baik dan memastikan bahwa seluruh anggota team HRD di kantor Anda berjalan dengan pemikiran yang sama, kompak dan terarah.

HRD manager haruslah seseorang yang mengerti betul mengenai prosedur dalam proses rekruitment tenaga kerja, seleksi dan hiring people. Banyak yang mengatakan bahwa mereka yang bekerja pada posisi HRD adalah yang harus lulus dari jurusan psikologi sebuah universitas. Ini tidak sepenuhnya benar karena kemampuan apapun bisa Anda pelajari dan merekrut karyawan adalah sebuah kemampuan yang wajib dimiliki oleh manager sehingga bisa benar memilih mana calon karyawan yang berkualitas dan tidak tetapi tidak hanya mengacu pada IPK saja.

• Selanjutnya, mereka yang berminat menjadi seorang HRD manager adalah orang yang gemar dengan pergaulan yang luas dan mengenal banyak orang. HRD berarti harus terbuka terhadap segala sesuatu yang baru apapun itu sehingga tidak membatasi diri dan menjadi pribadi yang introvert. Dengan memiliki pergaulan yang luas maka Anda juga akan bertambah pintar dalam komunikasi serta juga secara tidak langsung bisa mencuri berbagai macam ilmu yang berbeda dari teman Anda.

• HRD manager juga harus pandai dan mahir dalam mengoperasikan program di computer seperti exel, Microsoft office, dan berbagai macam aplikasi khusus HRD lainnya sehingga pekerjaan Anda juga bisa berjalan lancar. Jika sekiranya Anda merasa kurang paham atas beberapa program maka Anda sebaiknya mengasah diri dengan mengikuti training-training tertentu yang berhubungan dengan program HRD.

Katalog 300 KPI (Key Performance Indicators) Super Lengkap untuk Semua Fungsi dalam Perusahaan. Download Sekarang.

• Jadilah manager HRD yang tidak angkuh dan menilai seseorang hanya dari luarnya saja atau mungkin seperti penilaian yang subjektif. Ingatlah HRD berhubungan dengan banyak orang yang artinya setiap orang memiliki proses untuk berkembang dan berubah menjadi lebih baik seiring perjalanan waktu,

Selain hal-hal diatas, jika Anda ingin menjadi seorang manager HRD yang terbaik maka ada beberapa kemampuan lain yang juga harus Anda kuasai diantara nya adalah :

• Anda harus mampu dan memiliki kemampuan multitasking. Ini karena sebagai seorang HRD yang pasti akan berhadapan dengan banyak masalah, banyak persoalan dan juga harus berkutat dengan banyak hal di waktu bersamaan, jika Anda tidak memiliki kemampuan multitasking yang baik maka pekerjaan Anda akan terbengkalai dengan sia-sia.

• Manager HRD juga harus memiliki kemampuan organisir yang baik seperti pengolahan data, pengelompokan sumber, mengatur dan mengolah waktu kerja dengan baik sehingga antara urusan dengan team HRD dan kepentingan lain seperti berurusan dengan direksi bisa berjalan dengan baik.

• HRD manager harus mampu untuk fokus pada beberapa hal karena Anda ada di posisi tengah antara perusahaan dan juga antara karyawan dan Anda harus mampu melihat hak dan kewajiban apa saja yang harus didapatkan dan dipenuhi oleh keduanya.

• Bersikap adil dan mampu mendengar, menerima semua keluhan atau apresiasi dari banyak pihak dengan tatacara yang baik adalah sangat penting untuk dimiliki oleh HRD manager. Jangan sampai Anda dianggap tidak adil karena hanya mementingkan satu pihak, satu karyawan atau satu lapisan saja.

• Berorientasi pada team yang seharusnya mampu bekerja sama dengan baik tanpa membeda-bedakan sekalipun semua punya kesibukan sendiri-sendiri.

Menjadi seorang manager HRD memang bukan suatu pekerjaan yang bisa dikatakan mudah apalagi jika Anda bekerja pada sebuah perusahaan yang sudah dalam skala yang besar. Semakin banyak karyawan, posisi dan jabatan pasti akan semakin banyak permasalahan yang akan Anda dapati disana. Namun disinilah fungsi utama HRD yang adalah sebagai penengah dan juga sebagai penyelesaian masalah tanpa harus merugikan dan menguntungkan pihak manapun.

GRATIS - Template Tabel Performance Appraisal Berbasis KPI dan Panduan Balanced Scorecard. Download Sekarang.

<