Rahasia Dibalik Strategi Pengembangan SDM di Perusahaan TELKOM

Pengelolaan SDM di Telkom menjadi hal yang tidak akan bisa lepas dari manajemen Telkom secara keseluruhan. Pengelolaan SDM di Telkom yang baik akan membantu dalam mengembangkan profesionalitas dari tenaga tenaga SDM atau sumber daya manusia yang dibantu dengan adanya program program pelatian serta sertfikasi dan juga global talent program.

Cara ini merupakan cara yang diambil oleh Telkom agar dapat menghadapi adanya ASEAN Economic Community atau AEC. SDM juga memiliki posisi dan peran yang sangat strategis dalam memilih karyawan karyawan yang berbakat sehingga dapat mendukung visi perusahaan agar memiliki standar internasional.

Pengelolaan SDM di Telkom
Agar dapat mengoptimalkan adanya potensi dari pegawai yang menjadi bagian dari Telkom, maka SDM telah merencanakan adanya rencana Human Capital Master yang dibuat agar dapat mengoptimalkan segala potensi dari karyawan yang ada di Telkom. Desain dari rencana Human Capital Master dipadukan dengan cara merujuk pada adanya perencanaan perusahaan dalam jangka panjang dan juga rencana tahunan yang didukung dengan strategi bisnis dari perusahaan perusahaan yang berada dalam Telkom Group.

Perencanaan Human Capital Master juga mendasarkan pada berbagai analisis dari penawaran dan permintaan secara akurat yang dapat diukur dengan baik antara lain adalah dengan memakai referensi dari data acuan dengan spesialisasi rasio dalam produkti