Kiat Sukses Menjadi Manajer SDM yang Andal

Apa saja Kiat Menjadi Manajer SDM yang Sukses? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika Anda mengenali apa itu manajer SDM terlebih dahulu. Dengan demikian, penjelasan mengenai kiat sukses, strategi dan lainnya pun dapat Anda pahami dengan lebih baik.

Mengenal sosok manajer SDM

Dalam dunia usaha atau bisnis, mereka yang disebut sebagai manajer SDM umumnya lebih dikenal dengan sebutan HRD atau Human Resources Department. Sebagai salah satu pihak yang memiliki jabatan penting, tentu peranan yang dimilikinya pun memiliki pengaruh besar.

Hal ini berkaitan dengan fungsinya yang harus mengurus berbagai macam keperluan para karyawan. Bahkan kegiatan tersebut dimulai dari proses rekrutmen, training, evaluasi, penggajian, konsultasi untuk masalah administrasi hingga proses PHK sekali pun.

Kehadiran Manajer SDM sebagai penunjang dari program kerja perusahaan. Tentu membuatnya terlibat dengan berbagai macam bentuk persoalan dari bagian internal perusahaan. Namun hal tersebut hanya berkaitan dengan bagian karyawan saja atau dapat dikatakan dari level terbawah hingga bagian manajerial saja.

Jika dilihat dari tugas yang dimilikinya, manajer SDM tentunya memiliki banyak jenis pekerjaan yang harus diselesaikan dari perusahaan tersebut. Akan tetapi bukan hanya beberapa tugas pokok saja. Pasalnya ia juga harus memberikan perlindungan atau bahkan jaminan keamanan bagi setiap pegawai yang ada di dalamnya.

Bentuk perlindungan dan kebijakan keamanan tersebut dapat berupa penetapan gaji yang sesuai standar. Kemudian terpenuhinya setiap hak yang menjadi bagian dari kebutuhan karyawan hingga menghindari terjadinya permasalahan yang berkaitan dengan masalah ketenagakerjaan dan lainnya.

Lantas bagaimana kiranya Kiat Menjadi Manajer SDM yang Sukses? Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan dengan mudah untuk mewujudkan hal tersebut. Berikut diantaranya :

Manajer SDM harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik

Maksud dari kepemimpinan yang baik adalah Anda sebagai manajer tentunya harus dapat mengayomi para bawahan. Seperti halnya memastikan bahwa team SDM yang Anda miliki hadir dengan pemikiran yang sama, selalu kompak dan juga lebih terarah.

Manajer SDM harus mengerti dengan pasti mengenai prosedur rekrutmen

Slide1

Karena berkaitan dengan proses rekrutmen, banyak orang yang beranggapan bahwa seorang manajer SDM haruslah berasal dari jurusan psikologi. Hal tersebut tidaklah benar, karena untuk prosedur rekrutmen itu sendiri dikenal sebagai kemampuan yang dapat dipelajari.

Dengan kemampuan tersebut, tentunya manajer SDM dapat menentukan dengan pasti. Mana kiranya orang-orang atau calon karyawan yang tepat dan begitupun sebaliknya.

  1. Memiliki minat tinggi terhadap pergaulan dan memiliki relasi yang luas

Kiat selanjutnya berkaitan dengan cara bergaul serta relasi yang dimilikinya. Seorang manajer SDM yang baik tentunya memiliki pergaulan yang luas, ia dapat mengenal banyak orang dengan mudah. Karena itulah ia pun harus memiliki sifat terbuka, utamanya untuk sesuatu hal yang baru.

Mereka yang memiliki relasi luas, tentunya tidak membatasi diri. Bahkan umumnya mereka juga bukan termasuk dalam pribadi introvert.

  1. Pandai dalam mengoperasikan program komputer

Sebagai manajer SDM penting pula bagi Anda untuk menguasai berbagai macam program komputer. Utamanya untuk program MS. Office, karena program tersebut digunakan dalam berbagai macam kegiatan. Termasuk dalam proses pengurusan SDM dan berbagai macam kegiatan lainnya.

Apabila Anda tidak memiliki kemampuan tersebut. Ada baiknya jika Anda mulai mengasah kemampuan tersebut. Seperti dengan mengikuti training atau bentuk pelatihan secara khusus.

  1. Tidak angkuh, serta tidak menilai orang lain dari bagian luarnya saja

Manajer SDM tentunya akan menjalin hubungan dengan banyak pihak. Sedangkan setiap orang itu sendirim memiliki proses dan perkembangan yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Merujuk pada hal tersebut, tentunya Anda yang berperan sebagai manajer pun tidak boleh menilai seseorang hanya dari bagian luarnya saja. Pasalnya seseorang dapat berubah seiring dengan berjalannya waktu.

Karena itulah, manajer SDM yang baik bukan bersikap angkuh, ia justru dapat memberikan pengarahan dan contoh. Dengan demikian, para karyawannya pun dapat berubah menjadi pribadi yang lebih baik

  1. Memiliki kemampuan multitasking yang baik

Selain beberapa hal di bagian atas tadi. Manajer SDM juga sebaiknya memiliki kemampuan multitasking. Hal ini berkaitan dengan banyaknya masalah dan juga persoalan yang harus diperhatikan oleh manajer SDM. Bahkan terkadang permasalahan yang dihadapi tersebut hadir secara bersamaan.

Apabila Anda tidak memiliki kemampuan multitasking. Tentunya pekerjaan Anda pun akan menumpuk. Bahkan dalam beberapa kasus pekerjaan tersebut akan terabaikan dan tidak mampu Anda penuhi.

  1. Memiliki kemampuan organisir

Kemampuan lain yang juga sebaiknya dimiliki oleh seorang manajer SDM adalah kemampuan dalam melakukan organisir dengan baik. Seperti halnya proses organisir pada pengolahan data, pengelompokan sumber-sumber kebutuhan yang diperlukan. Kemudian pengaturan waktu kerja dan lainnya.

Dengan kemampuan organisir yang baik. Hubungan manajer SDM dengan para karyawan atau bahkan jajaran direksi pun akan berjalan dengan baik.

  1. Dapat fokus terhadap beberapa hal secara sekaligus

Manajer SDM memiliki posisi di area tengah dari setiap pekerja perusahaan. Dengan kata lain, keberadaannya berfungsi sebagai penghubung di antara perusahaan dengan para karyawannya.

Karena itulah Anda harus mengetahui dengan pasti hak serta kewajiban yang ada. Dengan mengetahui hal tersebut, tentunya apa saja yang harus didapatkan juga dipenuhi oleh kedua belah pihak dapat Anda pastikan dengan baik.

  1. Mampu mendengar dengan baik dan bersikap adil

Karena Anda menjabat sebagai seorang manajer SDM tentunya penting bagi Anda untuk memiliki kemampuan mendengarkan. Karena dengan menjadi pendengar yang baik, Anda dapat mengetahui keluhan serta saran apa saja yang diberikan para karyawan lainnya.

Namun selain kemampuan mendengar, pastikan pula bahwa Anda dapat mengapresiasi setiap kelebihan atau prestasi dari para karyawan. Usahakan untuk melakukan hal tersebut pada semua pihak. Jangan sampai ada anggapan bahwa Anda hanya memihak beberapa orang tertentu saja.

  1. Berorientasi pada team

Bagian paling akhir yang juga harus Anda lakukan sebagai manajer SDM adalah berorientasi pada team. Usahakan agar team yang Anda miliki dapat bekerjasama dengan baik. Selain itu, hindari membeda-bedakan orang yang satu dengan lainnya meskipun setiap orang tersebut memiliki kepentingan yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Dengan mengetahui beberapa Kiat Menjadi Manajer SDM yang Sukses di bagian atas tadi. Tentunya Anda pun dapat menjadi sosok manajer SDM terbaik dan kesuksesan pun sudah pasti ditangan Anda.

Materi Presentasi yang bagus dan aplikatif tentang Manajemen SDM x Balanced Scorecard. Gratis. Download Sekarang.

Slide1